Connect with us

Internet

8 Situs Penyedia Blog Gratis yang Cocok Jadi Media Menulis

Published

on

8 Situs Penyedia Blog Gratis yang Cocok Jadi Media Menulis
(foto: web3)

Blog yang berasal dari kata Web dan Log merupakan sebuah halaman web yang berisikan catatatan yang berisikan tulisan, gambar, hingga video dan disimpan secara online sehingga dapat diakses oleh pribadi maupun umum.

Blog pun juga digunakan untuk berbagai kepentingan sebagai media pribadi, berbisnis, media untuk berbagi informasi, hingga promosi untuk iklan. Saat kamu sedang memabaca artikel ini, itu berarti kamu juga sedang membaca sebuah tulisan dari sebuah blog.

Teknologi sebuah Blog semakin berkembang, beragam dan berbagai situs web juga telah banyak yang menyediakan platform website blog untuk kamu baik versi gratis maupun yang berbayar. Lantas apa saja platform penyedia blog yang dapat kamu manfaatkan? Silahkan simak artikel berikut ini.

1. Blogger

8 Situs Penyedia Blog Gratis yang Cocok Jadi Media Menulis

(foto: blogger)

Siapa yang belum mengenal platform blog yang satu ini? Yah, blogger merupakan platform blog yang sudah terkenal sejak dulu hingga sekarang. Platform Blog besutan Pyra Labs yang telah diakuisisi oleh Raksasa Teknologi asal Amerika Serikat, Google, pada tahun 2003. Nama domain yang tampil pada web blog kamu memiliki akhiran (.blogspot.com)

Meskipun tersedia gratis, Blogger menyediakan beragam template ataupun kamu bisa mendownload template custom yang gratis maupun berbayar dari internet untuk mempercantik tampilan blog. Selain itu kamu juga memperoleh kemudahan untuk mengatur tampilan widget pada template dari blogger karena desainnya yang sederhana.

Meskipun memiliki desain yang sederhana, Blogger memiliki fitur yang kaya. Kamu bisa membuat postingan berupa tulisan yang informatif dengan menyematkan gambar, audio, maupun video.

Keunggulan lain yang dimiliki oleh Blogger adalah platform blog ini tentunya ramah untuk dilakukan monetisasi terhadap iklan dari Goggle karena memang Blogger ini terafiliasi dengan Google melalui Google Adwords.

Bagi kamu yang baru mengenal blog, kami sarankan mencoba platform Blogger karena selain gratis Blogger juga menyajikan kemudahan untuk digunakan.

2. WordPress

8 Situs Penyedia Blog Gratis yang Cocok Jadi Media Menulis

(foto: wordpress)

WordPress menjadi platform penyedia blog yang sama terkenalnya dengan Blogger. Bagi pengembang atau pelaku bisnis online, platform WordPress sangat cocok untuk dipilih karena terdapat banyak sekali plugin yang bisa diinstal untuk bisa mempercantik tamplilan maupun menambah kemampuan blog.

Tidak perlu memerlukan kemampuan khusus untuk menginstal plugin tersebut karena kamu tinggal instal kemudian mengaktifkan plugin tersebut. Selain itu tesedia pula pilihan tema yang banyak baik versi gratis maupun berbayar yang juga mempercantik tampilan situs blog kamu.

Fitur lain yaitu Multiple Authors sangat berguna kamu yang mengelola sebuah blog yang memiliki kerja sama dengan beberapa penulis untuk mengisi artikel dalam situs web blog kamu.  Dengan fitur tersebut penulis lain dapat log in dengan username yang berbeda tanpa khawatir dengan keamanan situs blog kamu.

Untuk memantau traffic pengunjung dalam blog kamu, WordPress menyediakan plugin Google Analytics. Ada pula plugins yang bernama Who’s Online sehingga kamu bisa melihat siapa dan darimana saja pengunjung web kamu.

3. Kompasiana

8 Situs Penyedia Blog Gratis yang Cocok Jadi Media Menulis

(foto: kompasiana)

Kompasiana merupakan platform blog asli dari Indonesia yang diluncurkan oleh Grup Perusahaan Media Kompas Gramedia yaitu Kompas Cyber Media sejak 22 Oktober 2008.

Sejatinya Kompasiana pada mulanya adalah blog jurnalis dari Kompas yang kemudian berubah menjadi sebuah wadah media warga (citizen media) yang terbuka bagi siapa saja.

Kamu bisa dengan mudah dan gratis membuat sebuah akun blog pribadi kemudian memposting tulisan untuk dipublikasikan di Kompasiana. Menurut hasil survei masih banyak yang masih beranggapan bahwa Kompasiana ini adalah Portal Berita Media Online padahal sejatinya adalah sebiuh platform blog.

Bagi kamu yang baru berkecimpung di dunia blog, tidak ada salahnya untuk mencoba platform blog yang satu ini karena mudah untuk digunakan. Kamu bisa langsung menulis sebuah artikel setelah selesai mendaftar untuk membuat sebuah akun di Kompasiana.

Zaman sekarang membaca sebuah artikel yang berisi teks saja rasanya kurang menarik, nah di Kompasiana, postingan artikel kamu juga bisa ditambahkan dengan gambar maupun video Youtube untuk semakin memperkaya informasi yang ada di dalam konten artikelmu.

Kamu bebas menulis artikel dengan beragam tema seperti berita, politik, humaniora, ekonomi, hiburan, olahraga, gaya, wisata, fiksi, kesehatan hingga teknologi.

Hal menarik yang akan kamu dapatkan jika memilih Kompasiana sebagai platform blog artikel kamu adalah banyaknya event yang bisa kamu ikuti secara offline. Dengan jumlah akun penulis lebih dari 300.000 kamu bisa mendapatkan ilmu untuk menulis yang sering diadakan saat event kopdar sesama penulis Kompasiana.

Bagi kamu yang mempunyai kemampuan menulis tak salahnya mencoba untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah di platform blog Kompasiana. Setiap bulan Kompasiana yang bekerja sama dengan para sponsor secara rutin mengadakan lomba menulis berhadiah dengan tema-tema tertentu yang bisa kamu ikuti. Lumayan bukan?

Baca juga:

4. BlogDetik

8 Situs Penyedia Blog Gratis yang Cocok Jadi Media Menulis

(foto: blogdetik)

Sebuah platform blog asal Indonesia lainnya adalah BlogDetik. Platform besutan Detik.com ini memberikan kesempatan kepada semua orang yang ingin membagikan ide maupun gagasan melalui tulisan untuk dipublikasikan secara online di platform BlogDetik secara gratis.

BlogDetik memberikan kemudahan untuk mendesain tema pada fitur custom theme untuk kamu yang paham mengenai HTML dan CSS. Selain itu BlogDetik juga rajin mengadakan lomba menulis yang dapat kamu gunakan sebagai tolak ukur sekaligus mendapatkan pundi-pundi rupiah jika menang.

Selain itu BlogDetik juga memiliki komunitas para penulis yang rutin mengadakan kopdar untuk saling sharing dan berbagi pengalaman sesama penulis.

Setelah menemani para penulis Indonesia dengan menyajikan sebuah platform blog untuk menulis, sayangnya tepat pada bulan Januari 2018 lalu, BlogDetik resmi menutup layanan sebagai penyedia platform blog dan para penulis di BlogDetik diminta untuk mem-back up tulisan mereka untuk dipublish di platform blog lain.

5. Tumblr

8 Situs Penyedia Blog Gratis yang Cocok Jadi Media Menulis

(foto: tumblr)

Tumblr sebuah platform micro-blogging yang dibuat oleh David Karp pada Februari 2007 di Amerika Serikat. Disebut micro-blogging karena platform ini sedikit berbeda dengan platform blog gratis lainnya karena mirip dengan twitter namun dapat memposting artikel, follow blogger, share layaknya platform blog lainnya.

Kamu bisa memposting sekaligus membagikan tulisan penderk, quotes / kutipan, gambar, gambar gerak / GIF, hingga video. Desainnya sangat user friendly sehingga tidak perlu keterampilan khusus untuk membuat dan mengelolanya.

6. Medium

8 Situs Penyedia Blog Gratis yang Cocok Jadi Media Menulis

(foto: medium)

Sebuah Platform Blog asal Amerika Serikat yang berdiri sejak tahun 2012 ini semakin populer beberapa tahun terakhir. Medium merupakan sebuah platform blog secara gratis untuk menerbitkan cerita maupun artikel.

Kemudahan yang diberikan Medium kepada para penggunanya memungkinkan kamu dengan mudah mengelolanya meskipun tanpa memerlukan keahlian khusus sehingga tak heran banyak penulis profesional, jurnalis, maupun pemula telah mencobanya.

Kamu akan menjadi lebih fokus untuk menulis karena desainnya yang tampak clean tanpa embel-embel iklan.

7. Wix

8 Situs Penyedia Blog Gratis yang Cocok Jadi Media Menulis

(foto: wix)

Sebuah platform penyedia pembuatan blog atau website yang dikembangkan oleh perusahaan asal Israel. Wix sendiri menyediakan dua versi yang dapat kamu pilih yaitu versi free alias gratis dan versi berbayar.

Jika kamu memilih versi yang free, maka kamu hanya bisa menggunakan nama domain berakhiran wixsite.com contohnya http://blogteknologi.wixsite.com. Selain itu dalam blogmu akan dipasangi iklan oleh Wix, serta memiliki data storage yang terbatas.

Bagi kamu yang ingin memilih layanan lebih dari Wix untuk pengelolaan blog, kamu bisa mengupgrade-nya ke versi berbayar dimana akan tersedia fitur mengganti domain sendiri, menghapus iklan Wix, mengakses ke website builder, hingga mendapat tambahan kuota data storage.

8. Live Journal

8 Situs Penyedia Blog Gratis yang Cocok Jadi Media Menulis

(foto: Live Journal)

Live Journal mungkin terdengar asing bagi masyarakat Indonesia. Namun ketahuilah bahwa Live Journal sangat terkenal di negara-negara yang menggunakan Bahasa Inggris dan Rusia. Live Journal adalah platform blog yang memiliki konsep komunitas secara global untuk jurnal pribadi sebagai jaringan sosial.

Penggunanya berasal dari beragam kalangan dan kamu bisa menshare sebuah cerita, bertanya maupun beropini kepada seluruh pengguna di Live Journal.

Jika kamu tertarik menggunakan platform blog ini, kamu setidaknya harus menguasai Bahasa Ingggris karena sebagian besar pengguna di Live Journal menggunakan Bahasa Inggris sedangkan pengguna yang menggunakan Bahasa Indonesia masih sedikit.

Selain beberapa platform blog diatas kamu juga bisa berkreasi menulis dan mempublikasikan di portal menulis lain seperti Hipwee, IDNTimes, maupun Brilio.

Beragamnya pilihan platform blog dan media yang dapat kamu pilih sebagai tempat kamu menulis dan mempublikasikan seharusnya bisa kamu manfaatkan dengan sebaik-baiknya sekaligus meningkatkan kemampuan menulis kamu.

Selain itu, mengingat tulisan kamu dibaca oleh netizen secara umum sudah seharusnya kamu juga mematuhi kode etik penulisan dan tidak melanggar ketentuan-ketentuan yang telah dibuat sehingga harapannya tulisan kamu bisa bermanfaat bagi para pembaca.

Loading...

TERBARU

Cara Mengetahui Aplikasi Android yang Memperlambat Ponsel Cara Mengetahui Aplikasi Android yang Memperlambat Ponsel
Tips5 days ago

5 Tips Mengatasi Smartphone Lambat Karena Banyak Aplikasi

Masalah yang sering terjadi pada smartphone adalah kemampuan yang lambat saat membuka suatu aplikasi yang ada pada smartphone tersebut. Biasanya...

Teknologi Google Assistant Dapat Anda Nikmati di Cermin Kamar Mandi Teknologi Google Assistant Dapat Anda Nikmati di Cermin Kamar Mandi
Gadget1 week ago

Teknologi Google Assistant Dapat Anda Nikmati di Cermin Kamar Mandi

Tampaknya asisten suara digital diciptakan di berbagai hal sekarang ini, dan salah satunya juga dapat hadir di kamar mandi anda....

Hati-Hati dengan WhatsApp Gold, Itu Virus! Hati-Hati dengan WhatsApp Gold, Itu Virus!
Aplikasi2 weeks ago

Hati-Hati dengan WhatsApp Gold, Itu Virus!

WhatsApp Gold hanya untuk pengguna premium? Itu hanyalah pesan tipuan untuk mengelabui pengguna agar mengunduh virus. Seorang kolega IT telah...

Inilah Harga dan Spesifikasi Redmi Note 7, Ponsel Anyar Brand Redmi Inilah Harga dan Spesifikasi Redmi Note 7, Ponsel Anyar Brand Redmi
Gadget2 weeks ago

Inilah Harga dan Spesifikasi Redmi Note 7, Ponsel Anyar Brand Redmi

Redmi telah resmi menjadi sub-merk Xiaomi. Produk-produk populer seperti Redmi Note 5 dan Redmi Note 6 Pro sekarang akan beroperasi...

4 Cara Mudah Dapat Uang dari Internet! 4 Cara Mudah Dapat Uang dari Internet!
Tips2 weeks ago

4 Cara Mudah Dapat Uang dari Internet!

Sekarang sudah banyak sekali pilihan yang bisa kamu pakai untuk dapat uang dari internet. Nah, pada artikel kali ini, kita...

Amankah Menyimpan Data di Cloud? Ini Penjelasannya Amankah Menyimpan Data di Cloud? Ini Penjelasannya
Internet2 weeks ago

Amankah Menyimpan Data di Cloud? Ini Penjelasannya

Penyimpanan di cloud menjadi hal yang umum, karena itu keamanan data menjadi perhatian yang semakin meningkat. Perusahaan-perusahaan dan sekolah-sekolah menggunakan...

Honor 8A Resmi Dirilis, Ini Spesifikasi dan Harga yang Ditawarkan Honor 8A Resmi Dirilis, Ini Spesifikasi dan Harga yang Ditawarkan
Gadget2 weeks ago

Honor 8A Resmi Dirilis, Ini Spesifikasi dan Harga yang Ditawarkan

Sebelumnya Honor telah mengkonfirmasi akan meluncurkan Honor 8A pada 8 Januari di Cina. Kini smartphone itupun resmi diluncurkan dengan desain...

Deretan Smartphone Terbaik & Populer 2018 hingga Awal 2019 Deretan Smartphone Terbaik & Populer 2018 hingga Awal 2019
Gadget3 weeks ago

Deretan Smartphone Terbaik & Populer 2018 hingga Awal 2019

Samsung Galaxy Note 9 masih berada di bagian atas selama beberapa bulan terakhir sebgai smartphone populer. Namun, ada beberapa ponsel...

Deretan Smartphone 5G yang Akan Dirilis Tahun 2019 Deretan Smartphone 5G yang Akan Dirilis Tahun 2019
Gadget3 weeks ago

Deretan Smartphone 5G yang Akan Dirilis Tahun 2019

Smartphone 5G akan mengambil alih di tahun 2019, dengan banyak nama perusahaan besar telah mengkonfirmasi siap meluncurkan smartphone 5G seperti...

Huawei Y7 Pro (2019) Meluncur, Ini Spesifikasi dan Harganya Huawei Y7 Pro (2019) Meluncur, Ini Spesifikasi dan Harganya
Gadget3 weeks ago

Huawei Y7 Pro (2019) Meluncur, Ini Spesifikasi dan Harganya

Hanya beberapa hari setelah peluncuran Huawei P Smart (2019) di pasar Eropa, saudara kandungnya bernama Huawei Y7 Pro (2019) muncul...