Connect with us

Tips

Pengen Gak Boros, Coba Tips Menghemat Kuota dan Pulsa Internet

Published

on

Pengen Gak Boros, Coba Tips Menghemat Kuota dan Pulsa Internet
(foto: ting)

Saat ini, pemakaian smartphone tak lepas dari penggunaan kuota internet. Mulai dari download file serta aplikasi, browsing di internet, menonton video di youtube, berselancar di sosial media, hingga chatting dengan whatsapp ataupun line.

Namun, penggunaan internet yang tidak tepat bisa membuat kuota cepat habis dan pada akhirnya harus membeli kuota lagi. Berikut adalah beberapa tips yang bisa dicoba untuk menghemat kuota agar kantong tidak jebol. Apa saja tipsnya? Yuk, simak tips menghemat kuota dan pulsa internet berikut ini.

1. Batasi penggunaan kuota data dan aktifkan notifikasi peringatan

Pengen Gak Boros, Coba Tips Menghemat Kuota dan Pulsa Internet

(foto: android.gadgethacks)

Smartphone dilengkapi dengan berbagai pengaturan yang membantu pengguna mengatur penggunaan kuota data. Cara termudah untuk menghemat pamakaian kuota adalah dengan membatasi penggunaan data melalui pengaturan pada smartphone.

Pada bagian Setting, pilih Data Usage. Pada bagian data usage, pengguna dapat melihat seberapa besar data yang sudah digunakan dalam jangka waktu tertentu. Data usage juga akan memberikan daftar aplikasi yang menggunakan mobile data dan seberapa besar data yang digunakan oleh masing-masing aplikasi.

Pada bagian ini, atur data limit / nilai data maksimum GB yang ingin digunakan dalam sebulan. Dengan mengaktifkan pengaturan ini, smartphone akan memberikan peringatan atau bahkan men-disconnect internet secara otomatis ketika pemakaian kuota data sudah melebihi batas data limit.

2. Batasi penggunaan kuota data di background

Pengen Gak Boros, Coba Tips Menghemat Kuota dan Pulsa Internet

(foto: infoworld)

Pernah mengalami kuota internet habis tanpa disadari ataupun diketahui penyebabnya? Bisa jadi hal ini disebabkan oleh aplikasi yang bekerja di background / belakang layar.

Beberapa aplikasi di smartphone seperti facebook misalnya, tetap bekerja meskipun berada dalam kondisi aplikasi yang sedang tidak digunakan. Untuk mengatasi hal ini, dapat dilakukan pembatasan data yang berjalan di background.

Pertama, bukalah bagian Setting > Data Usage untuk mengetahui aplikasi mana saja yang menggunakan kuota internet saat digunakan. Kemudian, pilih aplikasi tersebut sehingga akan muncul informasi yang akan menunjukan seberapa besar data yang digunakan oleh aplikasi tersebut.

Akan terdapat dua data yang ditunjukan yaitu foreground data yang menunjukan jumlah data yang digunakan oleh aplikasi saat digunakan secara langsung, sedangkan background data akan menunjukan mobile data yang digunakan oleh aplikasi di belakang layar (tidak digunakan secara aktif).

Menonaktifkan pemakaian mobile data di background pada aplikasi tersebut dapat dilakukan dengan mencentang pilihan “Restrict background data” atau “Batasi data background”. Lakukan pengaturan ini pada aplikasi lainnya untuk mencegah pemakaian data background yang berlebihan.

3. Hemat data di Chrome dengan data saving

Pengen Gak Boros, Coba Tips Menghemat Kuota dan Pulsa Internet

(foto: infoworld)

Sering mencari informasi dan berselancar di internet? Jika iya, maka lakukan pengaturan ini untuk menghemat penggunaan mobile data saat berselancar di internet. Cara mengaturnya dengan mengklik tiga titik pada pojok kanan atas laman chrome.

Masuk ke bagian “Setting” atau “Setelan”, kemudian aktifkan data saving / penghemat data. Saat pengaturan ini diaktifkan, chrome akan mengompresi laman yang dibuka sebelum dikirim ke smartphone. Pengaturan ini juga akan menginformasikan persentase penghematan data dalam bentuk grafik.

Selain dapat menghemat pemakaian kuota internet, fitur ini juga dapat mempercepat loading laman dan memastikan pengguna berselancar di internet dengan aman karena dapat mendeteksi laman maupun unduhan berbahaya.

4. Hanya melakukan update aplikasi menggunakan wifi

Pengen Gak Boros, Coba Tips Menghemat Kuota dan Pulsa Internet

(foto: avast)

Aplikasi pada smartphone yang diinstall dari Google Play Store memiliki pembaruan / update yang muncul secara berkala. Kadang kala tanpa disadari, aplikasi akan mengupdate secara otomatis saat muncul pembaruan.

Hal ini akan menyedot kuota, terutama ketika kuota data yang kita miliki tinggal sedikit saja. Untuk memastikan aplikasi tidak ter-update secara otomatis, perlu dilakukan pengaturan pada Google Play Store.

Masuk ke menu “Setting” pada Google Play Store, kemudian pilih “Auto-update apps over wi-fi only” yang memungkinkan aplikasi hanya terupdate jika smartphone tersambung dengan jaringan wi-fi.

Baca juga:

5. Batasi aktivitas streaming

Pengen Gak Boros, Coba Tips Menghemat Kuota dan Pulsa Internet

(foto: thecellguide)

Streaming video memang praktis karena tidak perlu mendownload video dan juga tidak membuat memori smartphone menjadi penuh. Tetapi, menonton video secara online akan membuat kuota data internet menjadi cepat habis.

Untuk itu, jika ingin menonton video secara online, lakukanlah dengan memanfaatkan jaringan wi-fi. Jika benar-benar terpaksa streaming dengan mobile data internet, maka batasi streaming dengan pilihan kualitas atau resolusi terkecil agar kuota yang terpakai lebih sedikit.

Caranya dengan mengatur pada pengaturan Youtube “General”, aktifkan pilihan “Limit mobile data usage”. Selain itu, nonaktifkan pula fitur autoplay.

6. Lakukan pengaturan untuk sinkronkan data

Pengen Gak Boros, Coba Tips Menghemat Kuota dan Pulsa Internet

(foto: makeuseof)

Smartphone memiliki pengaturan untuk sinkronisasi data secara otomatis. Melalui penyingkronan ini, pengguna akan mendapat notifikasi dan mendapat informasi terbaru secara otomatis.

Namun, beberapa aplikasi seperti Facebook dan Google+ sering melakukan penyingkronan data file foto maupun video yang akan mengonsumsi banyak kuota data serta daya baterai.

Untuk mengatur penyingkronan data ini, dapat dilakukan dengan membuka Setting – account. Pilih aplikasi yang ingin diatur sinkronisasinya. Pada aplikasi yang tidak terlalu dibutuhkan notifikasi maupun sinkronisasinya, nonaktifkan pilihan sinkronisasi.

7. Manfaatkan fitur dual SIM

Pengen Gak Boros, Coba Tips Menghemat Kuota dan Pulsa Internet

(foto: digitalcitizen)

Jika menggunakan smartphone dengan fitur dual SIM, manfaatkan salah satu SIM untuk mobile data internet saja. Pilihlah provider jaringan yang menawarkan paket kuota internet yang termurah, kuota besar ataupun yang sesuai dengan pertimbangan untuk SIM kedua.

Dengan cara ini, biaya untuk kuota internet dapat diatur dengan biaya yang lebih murah dibandingkan dengan menggunakan paket kuota internet dari SIM pertama.

8. Gunakan fitur offline pada berbagai aplikasi

Pengen Gak Boros, Coba Tips Menghemat Kuota dan Pulsa Internet

(foto: infoworld)

Beberapa aplikasi menyediakan fitur offline yang dapat menghemat penggunaan mobile data. Google maps misalnya, untuk menghemat kuota gunakan fitur offline untuk menuju tempat tujuan.

Ketika tersambung dengan jaringan wi-fi, masukan posisi dan tempat tujuan. Kemudian klik pilihan untuk menyimpan arah secara offline. Saat offline pilih menu pada Google Maps, kemudian pilih “Offline Maps”. Pilih tujuan yang tadi telah didownload untuk melihat secara offline.

Jika hanya ingin mendownload peta saja untuk dilihat saat offline, pilih “Select your own maps” pada menu Google Maps, dan pilih area yang ingin disimpan / didownload, kemudian klik download.

9. Hanya online jika benar-benar perlu

Pengen Gak Boros, Coba Tips Menghemat Kuota dan Pulsa Internet

(foto: androidpolice)

Ada berbagai kebutuhan untuk online mulai dari chatting, mengecek email, membaca berita, mendownload file hingga hiburan dengan menonton secara streaming. Kebutuhan dan tingkat kepentingan penggunaan kuota internet tentunya akan berbeda pada masing-masing pengguna.

Oleh karena itu, untuk dapat menghemat kuota dengan maksimal, kembali lagi kepada masing-masing pengguna. Jika tidak menggunakan jaringan wi-fi, pikirkan kembali apakah benar-benar perlu untuk online, atau file yang akan didownload benar-benar penting dan tidak bisa ditunda. Lebih baik mematikan mobile data ketika tidak digunakan. Selain untuk menghemat kuota, juga dapat menghemat daya baterai.

Selain itu, hindari juga menggunakan fitur tethering mobile data dari smartphone untuk browsing di PC atau laptop jika tidak benar-benar terdesak. Hal ini dikarenakan saat menggunakan mobile data dari smartphone pada laptop, penggunaan mobile data internet akan jauh lebih besar dan kuota internet juga akan lebih cepat habis.

Nah, itulah beberapa tips menghemat kuota data internet yang bisa dicoba saat menggunakan smartphone. Selamat mencoba!

Loading...

TERBARU

Cara Mengetahui Aplikasi Android yang Memperlambat Ponsel Cara Mengetahui Aplikasi Android yang Memperlambat Ponsel
Tips5 days ago

5 Tips Mengatasi Smartphone Lambat Karena Banyak Aplikasi

Masalah yang sering terjadi pada smartphone adalah kemampuan yang lambat saat membuka suatu aplikasi yang ada pada smartphone tersebut. Biasanya...

Teknologi Google Assistant Dapat Anda Nikmati di Cermin Kamar Mandi Teknologi Google Assistant Dapat Anda Nikmati di Cermin Kamar Mandi
Gadget1 week ago

Teknologi Google Assistant Dapat Anda Nikmati di Cermin Kamar Mandi

Tampaknya asisten suara digital diciptakan di berbagai hal sekarang ini, dan salah satunya juga dapat hadir di kamar mandi anda....

Hati-Hati dengan WhatsApp Gold, Itu Virus! Hati-Hati dengan WhatsApp Gold, Itu Virus!
Aplikasi2 weeks ago

Hati-Hati dengan WhatsApp Gold, Itu Virus!

WhatsApp Gold hanya untuk pengguna premium? Itu hanyalah pesan tipuan untuk mengelabui pengguna agar mengunduh virus. Seorang kolega IT telah...

Inilah Harga dan Spesifikasi Redmi Note 7, Ponsel Anyar Brand Redmi Inilah Harga dan Spesifikasi Redmi Note 7, Ponsel Anyar Brand Redmi
Gadget2 weeks ago

Inilah Harga dan Spesifikasi Redmi Note 7, Ponsel Anyar Brand Redmi

Redmi telah resmi menjadi sub-merk Xiaomi. Produk-produk populer seperti Redmi Note 5 dan Redmi Note 6 Pro sekarang akan beroperasi...

4 Cara Mudah Dapat Uang dari Internet! 4 Cara Mudah Dapat Uang dari Internet!
Tips2 weeks ago

4 Cara Mudah Dapat Uang dari Internet!

Sekarang sudah banyak sekali pilihan yang bisa kamu pakai untuk dapat uang dari internet. Nah, pada artikel kali ini, kita...

Amankah Menyimpan Data di Cloud? Ini Penjelasannya Amankah Menyimpan Data di Cloud? Ini Penjelasannya
Internet2 weeks ago

Amankah Menyimpan Data di Cloud? Ini Penjelasannya

Penyimpanan di cloud menjadi hal yang umum, karena itu keamanan data menjadi perhatian yang semakin meningkat. Perusahaan-perusahaan dan sekolah-sekolah menggunakan...

Honor 8A Resmi Dirilis, Ini Spesifikasi dan Harga yang Ditawarkan Honor 8A Resmi Dirilis, Ini Spesifikasi dan Harga yang Ditawarkan
Gadget2 weeks ago

Honor 8A Resmi Dirilis, Ini Spesifikasi dan Harga yang Ditawarkan

Sebelumnya Honor telah mengkonfirmasi akan meluncurkan Honor 8A pada 8 Januari di Cina. Kini smartphone itupun resmi diluncurkan dengan desain...

Deretan Smartphone Terbaik & Populer 2018 hingga Awal 2019 Deretan Smartphone Terbaik & Populer 2018 hingga Awal 2019
Gadget3 weeks ago

Deretan Smartphone Terbaik & Populer 2018 hingga Awal 2019

Samsung Galaxy Note 9 masih berada di bagian atas selama beberapa bulan terakhir sebgai smartphone populer. Namun, ada beberapa ponsel...

Deretan Smartphone 5G yang Akan Dirilis Tahun 2019 Deretan Smartphone 5G yang Akan Dirilis Tahun 2019
Gadget3 weeks ago

Deretan Smartphone 5G yang Akan Dirilis Tahun 2019

Smartphone 5G akan mengambil alih di tahun 2019, dengan banyak nama perusahaan besar telah mengkonfirmasi siap meluncurkan smartphone 5G seperti...

Huawei Y7 Pro (2019) Meluncur, Ini Spesifikasi dan Harganya Huawei Y7 Pro (2019) Meluncur, Ini Spesifikasi dan Harganya
Gadget3 weeks ago

Huawei Y7 Pro (2019) Meluncur, Ini Spesifikasi dan Harganya

Hanya beberapa hari setelah peluncuran Huawei P Smart (2019) di pasar Eropa, saudara kandungnya bernama Huawei Y7 Pro (2019) muncul...