Connect with us

Tips

Tips Memilih Earphone yang Bagus Agar Tidak Salah Beli

Published

on

Tips Memilih Earphone yang Bagus Agar Tidak Salah Beli

Ada banyak earphone (headset) yang bisa kamu temukan baik di toko online maupun offline. Jumlahnya mungkin ratusan model dan merk, atau bahkan ribuan. Hal ini membuat kita bingung memilih yang paling tepat sesuai kebutuhan dan juga tahan lama. Melalui ulasan ini, kamu bisa membaca tips memilih earphone yang bagus dan tepat.

1. Kenali kebutuhan kamu

Tips Memilih Earphone yang Bagus Agar Tidak Salah Beli

(foto: themasterswitchz)

Tips memilih earphon yang bagus, dimulai dari mengenali kebutuhan kamu akan earphone tersebut. Earphone jenis apa yang lebih cocok untuk kamu, tergantung dari beberapa faktor, seperti tingkat mobilitas dan kebiasan sehari-hari.

Kalau kamu ingin membeli earphone hanya untuk bermain game di rumah dengan khusyuk, sepertinya over-ear headphone dengan fitur noise-cancelation yang cocok kamu gunakan. Jika kamu menginginkan earphone yang bisa dipakai sambil berolahraga, earbuds wireless adalah pilihan yang bijaksana.

2. Cek fitur-fitur earphone

Tips Memilih Earphone yang Bagus Agar Tidak Salah Beli

(foto: thebroadcastbridge)

Beberapa fitur yang perlu kamu perhatikan ketika akan membeli sebuah earphone adalah teknologi wireless, accoustic system, dan noise-cancelation.

Teknologi wireless

Teknologi wireless yang dimiliki earphone ada bermacam-macam, diantaranya Bluetooth, Near-Field Communication (NFC), dan Radio Frequency (RF). Teknologi wireless yang paling populer adalah Bluetooth.

Teknologi ini bisa menghubungkan perangkat yang memiliki fitur Bluetooth yang satu dengan lainnya dalam radius hingga 10 meter. Namun, kualitas suara yang dihasilkanya tidak terlalu bagus.

Teknologi Bluetooth terbaru, yaitu Bluetooth 5.0 seperti yang terdapat pada iPhone X dan 8, memiliki jangkauan yang lebih luas dan lebih cepat dalam hal konektifitas.

Ketika membaca spesifikasi sebuah perangkat earphone, kamu mungkin akan melihat istilah “support NFC”. Dengan teknologi NFC ini, kamu bisa menghubungkan dua perangkat dengan mudah.

Kamu cukup mendekatkan earphone ke perangkat yang suport NFC, seperti iPhone 6 dan 7. Lalu, tap sekali saja, dan kedua perangkat tersebut akan terhubung dengan cepat.

Teknologi wireless yang selanjutnya adalah Radio Frequency (RF) yang bisa menghubungan dua perangkat dengan jangkauan radius yang lebih besar dari Bluetooth.

Begitu pula dengan kualitas suara yang dihasilkanya, lebih baik dari Bluetooth. Tapi transmisinya bisa juga terganggu oleh transmisi perangkat RF lain yang mempunyai frekuensi yang sama.

Baca juga:

Accoustic system

Spesifikasi ini berhubungan dengan desain dari earphone, lebih banyak terdapat pada jenis on-ear earphone. Ketika berbicara mengenai accoustic system, ada dua istilah yang berkaitan, yaitu: open back dan closed back headphones.

Pada jenis closed back, kebocoran suara bisa diminimalisir karena suara yang keluar tidak diteruskan keluar. Sehingga orang disekitar kamu bisa juga mendengarkan musik yang sedang kamu dengarkan melalui headphone tersebut.

Kebalikannya, desain pada jenis open back, memiliki sistem akustik yang terbuka dibagian belakang headphone tersebut. Sehingga, suara yang keluar dari headphone akan diteruskan keluar.

Noise-cancelation

Fitur noise-cancelation berbeda dengan accoustic system, walaupun keduanya berhubungan dengan “kebocoran suara” dari earphone. Fitur ini terdapat pada bagian dalam earphone.

Teknologi noise-cancelation ini menangkap suara yang bocor dari luar, kemudian memantulkannya kembali sehingga suara tersebut tidak jadi (cancel) masuk ke telinga kita. Headphone jenis ini bisa sangat efektif untuk suara dengan frekuensi rendah.

Sedangkan untuk frekuensi menengah hingga tinggi, hasilnya kurang efektif. Headphone dengan fitur noise-cancelation yang baik cocok digunakan oleh musisi agar fokus mendengarkan nada pad musik.

Atau, bagi pelajar yang ingin fokus belajar dari media audio. Namun, penggunaannya tidak disarankan bagi kamu yang sedang mengendarai kendaraan.

3. Test langsung

Tips Memilih Earphone yang Bagus Agar Tidak Salah Beli

(foto: visitperthcity)

Apabila memungkinkan, membeli langsung di toko offline lebih baik. Apalagi jika kamu bisa mencobanya langsung. Kamu bisa menilai kualitas suara dan kenyamanan earphones yang ingin dibeli. Kalau kamu ingin membeli earphone untuk smartphone, kamu juga bisa mengecek kompatibiltasnya.

4. Baca review online

Tips Memilih Earphone yang Bagus Agar Tidak Salah Beli

(foto: axisrooms)

Baik kamu akan membeli earphone secara online atau offline, membaca review online dari pengguna juga akan sangat membantu. Diantara para pengguna tersebut biasanya ada yang memberikan review pada saat baru beberapa kali pemakaian dan ada pula yang mereview setelah berminggu-minggu digunakan.

Hasil review memang rata-rata bersifat subjektif, oleh karenanya hasilnya bervariasi. Ada yang memberikan rating bagus sekali, ada juga merating sangat rendah. Kamu bisa melihat dari hasil rating total dari keseluruhan pengguna.

5. Cek garansi

Tips Memilih Earphone yang Bagus Agar Tidak Salah Beli

(foto: scienceabc)

Tanyakan kepada penjual apakah earphones yang akan kamu beli ada garansi atau tidak? Kalau ada, tanyakan berapa lama garansinya, apa saja ketentuannya, kemana dan bagaimana mengklaimnya? Earphone dengan merk populer dan harga yang cukup mahal biasanya memberikan garansi untuk 1 -2 tahun.

Demikianlah tips memilih earphones yang bagus dan tepat untuk kamu. Semoga bisa membantu kamu menemukan earpphone yang sesuai kebutuhan.

Loading...

TERBARU

Ingin Sehat? Gunakan 4 Aplikasi Andorid Ini untuk Kontrol Kesehatan Kamu Ingin Sehat? Gunakan 4 Aplikasi Andorid Ini untuk Kontrol Kesehatan Kamu
Aplikasi3 days ago

Ingin Sehat? Gunakan 4 Aplikasi Andorid Ini untuk Kontrol Kesehatan Kamu

Di zaman yang serba digital ini, mengontrol kesehatan tubuh dapat dilakukan melalui aplikasi yang telah tersedia di dalam Adroid ataupun...

Ada banyak game online bertebaran di internet, namun tidak semua cocok dan sesuai untuk dimainkan anak- anak. Tidak bisa dipungkiri lagi, kehadiran gadg Ada banyak game online bertebaran di internet, namun tidak semua cocok dan sesuai untuk dimainkan anak- anak. Tidak bisa dipungkiri lagi, kehadiran gadg
games1 week ago

4 Game yang Cocok Dimainkan Anak-Anak

Ada banyak game online bertebaran di internet, namun tidak semua cocok dan sesuai untuk dimainkan anak- anak. Tidak bisa dipungkiri...

6 Tips Agar Tidak Tertipu Pesan Hoax di Whatshapp 6 Tips Agar Tidak Tertipu Pesan Hoax di Whatshapp
Tips1 week ago

6 Tips Agar Tidak Tertipu Pesan Hoax di Whatshapp

Tak jarang, informasi yang disebarkan melalui whatshapp memuat berita hoax. Hoax adalah informasi salah yang disamarkan sebgai kebenaran.Whatshapp dinilai lebih...

Spesifikasi dan Harga Laptop Acer Terbaru Versi Gaming yang Gahar Spesifikasi dan Harga Laptop Acer Terbaru Versi Gaming yang Gahar
Gadget2 weeks ago

Spesifikasi dan Harga Laptop Acer Terbaru Versi Gaming yang Gahar

Bermain game merupakan hobi kebanyakan orang yang memakai gadget apa pun untuk bermain kesukaannya, entah itu di PS 4, Nintendo...

Harga dan Spesifikasi Oppo F9 Pro Unggulan Harga dan Spesifikasi Oppo F9 Pro Unggulan
Gadget1 month ago

Harga dan Spesifikasi Oppo F9 Pro Unggulan

OPPO F9 Pro dirumorkan akan melengkapi daftar smartphone seri F dari produsen asal Tiongkok, Oppo. F9 Series yang satu ini...

4 Kelebihan yang Dimiliki Oleh Xiaomi Redmi Go 4 Kelebihan yang Dimiliki Oleh Xiaomi Redmi Go
Gadget2 months ago

4 Kelebihan yang Dimiliki Oleh Xiaomi Redmi Go

Setelah meluncurkan beberapa versi terbaru Xiaomi tahun 2019 yaitu Redmi Note 7, kali ini Xiaomi meluncurkan versi yang terbaru dan...

Cara Menyembunyikan Foto dan Status Profil Whatsapp dari Kontak Tertentu Cara Menyembunyikan Foto dan Status Profil Whatsapp dari Kontak Tertentu
Tips2 months ago

Cara Menyembunyikan Foto dan Status Profil Whatsapp dari Kontak Tertentu

WhatsApp adalah salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan. Beberapa bulan yang lalu, perusahaan menambahkan beberapa fitur baru seperti verifikasi...

5 Tips Menggunakan Google My Business (GMB) 5 Tips Menggunakan Google My Business (GMB)
Tips2 months ago

5 Tips Menggunakan Google My Business (GMB)

Untuk bisnis lokal, salah satu alat terbaik untuk memasarkan bisnis yang anda miliki adalah Google My Business. Google My Business...

Tips dan Trik Apple Watch yang Belum Kamu Ketahui Tips dan Trik Apple Watch yang Belum Kamu Ketahui
Tips2 months ago

Tips dan Trik Apple Watch yang Belum Kamu Ketahui

Baru saja membeli Apple Watch? Lima tips dan trik ini akan membuat jam tangan yang anda pakai lebih bermanfaat. Jika...

Instagram Dapat Memposting Ke Beberapa Akun Sekaligus Instagram Dapat Memposting Ke Beberapa Akun Sekaligus
news2 months ago

Instagram Dapat Memposting Ke Beberapa Akun Sekaligus

Untuk menyederhanakan kehidupan para pemilik akun multi-Instagram, perusahaan telah mulai meluncurkan fitur baru yang memungkinkan para pengguna instagram untuk mempublikasikan...