Connect with us

Tips

Tips Memilih Earphone yang Bagus Agar Tidak Salah Beli

Published

on

Tips Memilih Earphone yang Bagus Agar Tidak Salah Beli

Ada banyak earphone (headset) yang bisa kamu temukan baik di toko online maupun offline. Jumlahnya mungkin ratusan model dan merk, atau bahkan ribuan. Hal ini membuat kita bingung memilih yang paling tepat sesuai kebutuhan dan juga tahan lama. Melalui ulasan ini, kamu bisa membaca tips memilih earphone yang bagus dan tepat.

1. Kenali kebutuhan kamu

Tips Memilih Earphone yang Bagus Agar Tidak Salah Beli

(foto: themasterswitchz)

Tips memilih earphon yang bagus, dimulai dari mengenali kebutuhan kamu akan earphone tersebut. Earphone jenis apa yang lebih cocok untuk kamu, tergantung dari beberapa faktor, seperti tingkat mobilitas dan kebiasan sehari-hari.

Kalau kamu ingin membeli earphone hanya untuk bermain game di rumah dengan khusyuk, sepertinya over-ear headphone dengan fitur noise-cancelation yang cocok kamu gunakan. Jika kamu menginginkan earphone yang bisa dipakai sambil berolahraga, earbuds wireless adalah pilihan yang bijaksana.

2. Cek fitur-fitur earphone

Tips Memilih Earphone yang Bagus Agar Tidak Salah Beli

(foto: thebroadcastbridge)

Beberapa fitur yang perlu kamu perhatikan ketika akan membeli sebuah earphone adalah teknologi wireless, accoustic system, dan noise-cancelation.

Teknologi wireless

Teknologi wireless yang dimiliki earphone ada bermacam-macam, diantaranya Bluetooth, Near-Field Communication (NFC), dan Radio Frequency (RF). Teknologi wireless yang paling populer adalah Bluetooth.

Teknologi ini bisa menghubungkan perangkat yang memiliki fitur Bluetooth yang satu dengan lainnya dalam radius hingga 10 meter. Namun, kualitas suara yang dihasilkanya tidak terlalu bagus.

Teknologi Bluetooth terbaru, yaitu Bluetooth 5.0 seperti yang terdapat pada iPhone X dan 8, memiliki jangkauan yang lebih luas dan lebih cepat dalam hal konektifitas.

Ketika membaca spesifikasi sebuah perangkat earphone, kamu mungkin akan melihat istilah “support NFC”. Dengan teknologi NFC ini, kamu bisa menghubungkan dua perangkat dengan mudah.

Kamu cukup mendekatkan earphone ke perangkat yang suport NFC, seperti iPhone 6 dan 7. Lalu, tap sekali saja, dan kedua perangkat tersebut akan terhubung dengan cepat.

Teknologi wireless yang selanjutnya adalah Radio Frequency (RF) yang bisa menghubungan dua perangkat dengan jangkauan radius yang lebih besar dari Bluetooth.

Begitu pula dengan kualitas suara yang dihasilkanya, lebih baik dari Bluetooth. Tapi transmisinya bisa juga terganggu oleh transmisi perangkat RF lain yang mempunyai frekuensi yang sama.

Baca juga:

Accoustic system

Spesifikasi ini berhubungan dengan desain dari earphone, lebih banyak terdapat pada jenis on-ear earphone. Ketika berbicara mengenai accoustic system, ada dua istilah yang berkaitan, yaitu: open back dan closed back headphones.

Pada jenis closed back, kebocoran suara bisa diminimalisir karena suara yang keluar tidak diteruskan keluar. Sehingga orang disekitar kamu bisa juga mendengarkan musik yang sedang kamu dengarkan melalui headphone tersebut.

Kebalikannya, desain pada jenis open back, memiliki sistem akustik yang terbuka dibagian belakang headphone tersebut. Sehingga, suara yang keluar dari headphone akan diteruskan keluar.

Noise-cancelation

Fitur noise-cancelation berbeda dengan accoustic system, walaupun keduanya berhubungan dengan “kebocoran suara” dari earphone. Fitur ini terdapat pada bagian dalam earphone.

Teknologi noise-cancelation ini menangkap suara yang bocor dari luar, kemudian memantulkannya kembali sehingga suara tersebut tidak jadi (cancel) masuk ke telinga kita. Headphone jenis ini bisa sangat efektif untuk suara dengan frekuensi rendah.

Sedangkan untuk frekuensi menengah hingga tinggi, hasilnya kurang efektif. Headphone dengan fitur noise-cancelation yang baik cocok digunakan oleh musisi agar fokus mendengarkan nada pad musik.

Atau, bagi pelajar yang ingin fokus belajar dari media audio. Namun, penggunaannya tidak disarankan bagi kamu yang sedang mengendarai kendaraan.

3. Test langsung

Tips Memilih Earphone yang Bagus Agar Tidak Salah Beli

(foto: visitperthcity)

Apabila memungkinkan, membeli langsung di toko offline lebih baik. Apalagi jika kamu bisa mencobanya langsung. Kamu bisa menilai kualitas suara dan kenyamanan earphones yang ingin dibeli. Kalau kamu ingin membeli earphone untuk smartphone, kamu juga bisa mengecek kompatibiltasnya.

4. Baca review online

Tips Memilih Earphone yang Bagus Agar Tidak Salah Beli

(foto: axisrooms)

Baik kamu akan membeli earphone secara online atau offline, membaca review online dari pengguna juga akan sangat membantu. Diantara para pengguna tersebut biasanya ada yang memberikan review pada saat baru beberapa kali pemakaian dan ada pula yang mereview setelah berminggu-minggu digunakan.

Hasil review memang rata-rata bersifat subjektif, oleh karenanya hasilnya bervariasi. Ada yang memberikan rating bagus sekali, ada juga merating sangat rendah. Kamu bisa melihat dari hasil rating total dari keseluruhan pengguna.

5. Cek garansi

Tips Memilih Earphone yang Bagus Agar Tidak Salah Beli

(foto: scienceabc)

Tanyakan kepada penjual apakah earphones yang akan kamu beli ada garansi atau tidak? Kalau ada, tanyakan berapa lama garansinya, apa saja ketentuannya, kemana dan bagaimana mengklaimnya? Earphone dengan merk populer dan harga yang cukup mahal biasanya memberikan garansi untuk 1 -2 tahun.

Demikianlah tips memilih earphones yang bagus dan tepat untuk kamu. Semoga bisa membantu kamu menemukan earpphone yang sesuai kebutuhan.

TERBARU

Inilah Deretan 5 Tim Terbaik Game Fortnite Season Ini Inilah Deretan 5 Tim Terbaik Game Fortnite Season Ini
games10 hours ago

Inilah Deretan 5 Tim Terbaik Game Fortnite Season Ini

Fortnite saat ini menjadi salah satu game bergenre battle royale yang banyak diminati oleh banyak pecinta games di seluruh dunia...

Spesifikasi dan Harga Meizu C9, Meizu M6T, Meizu 16th Spesifikasi dan Harga Meizu C9, Meizu M6T, Meizu 16th
Gadget10 hours ago

Spesifikasi dan Harga Meizu C9, Meizu M6T, Meizu 16th

Meizu merupakan salah satu produsen asal China yang mengusung smartphone untuk berbagai kalangan, tak hanya di China tetapi juga di...

Tips1 day ago

Cara Mudah Download Video Youtube di HP

Suka menonton video di youtube? Saat ini, youtube menjadi media menonton video yang sangat populer. Namun, menonton di youtube membutuhkan...

8 Tips Meningkatkan Performa dan Kecepatan Smartphone yang Lemot 8 Tips Meningkatkan Performa dan Kecepatan Smartphone yang Lemot
Tips1 day ago

8 Tips Meningkatkan Performa dan Kecepatan Smartphone yang Lemot

Kinerja smartphone kamu melambat? Ataupun sering mengalami freeze saat ingin digunakan? Hal ini tentunya menjadi tidak nyaman saat menggunakan smartphone,...

Gadget1 day ago

Rilis ASUS ZenFone Lite L1 dan ZenFone Max M1, Ini Harga dan Spesifikasinya

ASUS telah mengumumkan dua smartphone terbarunya untuk pasar India, Zenfone Lite L1 (bukan Live L1) dan Zenfone Max M1. Kedua...

Panasonic Resmi Rilis Eluga Ray 530, Ponsel Murah 1 Jutaan Panasonic Resmi Rilis Eluga Ray 530, Ponsel Murah 1 Jutaan
Gadget2 days ago

Panasonic Resmi Rilis Eluga Ray 530, Ponsel Murah 1 Jutaan

Setelah meluncurkan Eluga X1 dan Eluga X1 Pro di India awal bulan ini, Panasonic hari ini meluncurkan smartphone terbarunya dalam...

Huawei Enjoy 9 Plus dan Enjoy Max Resmi Diluncurkan, Ini Harga dan Spesifikasinya Huawei Enjoy 9 Plus dan Enjoy Max Resmi Diluncurkan, Ini Harga dan Spesifikasinya
Gadget2 days ago

Huawei Enjoy 9 Plus dan Enjoy Max Resmi Diluncurkan, Ini Harga dan Spesifikasinya

Pada bulan sebelumnya, sub-brand Huawei (Honor) telah memperkenalkan smartphone Honor 8X dan Honor 8X Max. Kedua ponsel tersebut telah berganti...

Vivo Z3 Diluncurkan di China, Ini Spesifikasi dan Harganya Vivo Z3 Diluncurkan di China, Ini Spesifikasi dan Harganya
Gadget3 days ago

Vivo Z3 Diluncurkan di China, Ini Spesifikasi dan Harganya

Sebelumnya, Vivo telah meluncurkan smartphone Vivo V11 sebagai smartphone Vivo Z3i di China. Saat ini pabrikan China telah mengumumkan smartphone...

5 Fitur Unggulan Nokia X7 (7.1 Plus) yang Perlu Kamu Ketahui 5 Fitur Unggulan Nokia X7 (7.1 Plus) yang Perlu Kamu Ketahui
Gadget3 days ago

5 Fitur Unggulan Nokia X7 (7.1 Plus) yang Perlu Kamu Ketahui

Nokia X7 baru saja diluncurkan, Nokia X7 atau disebut Nokia 7.1 Plus akan menawarkan solusi smartphone yang ideal kepada banyak...

Daftar Smartphone OPPO yang Mendapat Update Teknologi Hyper Boost Daftar Smartphone OPPO yang Mendapat Update Teknologi Hyper Boost
news3 days ago

Daftar Smartphone OPPO yang Mendapat Update Teknologi Hyper Boost

Bertahun-tahun setelah mengandalkan gimmick software untuk menarik konsumen, perusahaan smartphone Android akhirnya mulai fokus pada optimalisasi kinerja. Setelah GPU Turbo milik...