Connect with us

Tips

Tips Strategi Ketika Akan Membuat Website Personal atau Bisnis

Published

on

Tips Strategi Ketika Akan Membuat Website Personal atau Bisnis
(foto: mashable)

Situs web terbaik adalah customer-centric. Mereka dirancang untuk memberikan informasi yang dicari pengunjung dan menyajikannya dengan cara yang menarik.

Mereka membiarkan pelanggan melihat anda yang sebenarnya, yang kemudian membangun kepercayaan. Di dunia yang penuh informasi saat ini, pengunjung situs web cenderung tidak sabar. Jika mereka tidak dapat menemukan apa yang mereka inginkan dengan cepat, mereka akan pergi.

A. Cara memilih nama domain sempurna

Tips Strategi Ketika Akan Membuat Website Personal atau Bisnis

(foto: seoexpertbrad)

Nama domain adalah elemen utama dari situs website. Sangat penting untuk memilih nama domain yang berfungsi untuk bisnis anda.

Nama domain adalah “kesan pertama” anda. URL Anda adalah hal pertama yang akan dilihat pengunjung. Nama domain yang baik dapat membuat kesan yang positif dan bertahan lama. Nama domain dapat membantu peringkat SEO Anda.

Nama domain Anda akan memiliki dampak yang signifikan terhadap keberhasilan dan potensi situs web anda. Pastikan untuk memikirkan dengan hati-hati!

1. Beri merek yang unik

Kreatif dan brandable selalu lebih baik. Nama domain bermerek adalah unik dan menonjol dari kompetisi, sementara nama domain umum biasanya tidak mengesankan.

Berikut ini cara menemukan nama domain yang lebih bermerek:

  • Buat kata-kata yang menarik dan baru. Itulah yang dilakukan Google, Bing, dan Yahoo.
  • Gunakan kata-kata yang ada. Anda dapat menggunakan kamus untuk menemukan kata-kata menarik
  • Gunakan generator nama domain. Alat ini dapat membantu membuat nama domain yang unik dan bermerek dari ide dan kata kunci domain awal.

2. Singkat & pendek

Secara umum, ketika menyangkut panjang domain anda, lebih pendek lebih baik.
Menurut penelitian dari Gaebler.com, sebuah majalah untuk wirausaha, situs top-5 memiliki sekitar 6 karakter dalam nama domain mereka.

3. Mudah untuk diketik

Pikirkan beberapa situs web paling populer di dunia. Apa yang terlintas dalam pikiran? Google, Facebook, Twitter, Instagram, Yahoo, CNN. Satu hal besar yang mereka miliki adalah bahwa semuanya mudah dieja. Pengunjung anda harus dapat mengetikkan nama domain Anda tanpa masalah.

4. Mudah diucapkan

Ini memudahkan pengunjung untuk berbagi nama domain anda dari mulut ke mulut.

5. Hindari tanda hubung dan nomor

Tanda hubung dan angka membuat nama domain anda lebih sulit diingat.

6. Pertimbangkan menggunakan kata kunci

Kata kunci dapat membantu meningkatkan SEO anda. Jika anda memilih untuk menggunakan kata kunci, masukkan kata kunci di awal domain. Di situlah mereka akan menjadi yang paling kuat untuk peringkat anda.

7. Pikirkan jangka panjang

Apakah anda siap untuk berkomitmen dengan domain anda? Domain anda akan menjadi salah satu elemen terbesar yang mendefinisikan bisnis dan merek anda selama bertahun-tahun.

Jika anda memutuskan untuk mengubah domain di masa depan, itu akan dikenakan biaya uang, merek, dan peringkat SEO. Singkatnya – itu sangat menyakitkan! Karena itu, ingatlah visi jangka panjang ketika memilih nama domain anda.8.

8. Periksa ketersediaan di situs media sosial dan merek dagang

Sebelum Anda bergerak maju dengan nama domain tertentu, periksa untuk melihat apakah nama itu tersedia di situs media sosial, serta apakah ada merek dagang yang sudah terdaftar untuk nama tersebut.

Hindari masalah hukum, anda harus menjauhi nama-nama yang sudah memiliki merek dagang. Jika sudah diambil, pertimbangkan untuk menyesuaikannya sehingga anda dapat membuat profil media sosial yang original.

9. Gunakan ekstensi nama domain yang tepat

Ketika Anda memilih ekstensi nama domain, Anda dapat yakin satu hal: “.com” masih yang terbaik.
Menurut penelitian dari Registrar Stats, 75% dari domain memiliki ekstensi “.com”, yang kedua adalah “.net” dan ketiga adalah “.org”.

10. Gunakan generator nama domain untuk mengumpulkan ide

Generator nama domain dapat mengubah ide anda menjadi domain yang baru dan tersedia.
Berikut adalah beberapa generator nama domain yang dapat dicoba:

  • Wordoid. Alat ini memungkinkan anda untuk memasukkan sebuah kata, itu akan muncul dengan ide-ide yang mengandung kata itu, dimulai dengan kata itu atau diakhiri dengan kata itu.
  • Lean Domain Search. Alat ini mencocokan kata kunci anda dengan kata kunci lain dan menghasilkan daftar domain yang tersedia.
  • DomainHole. Alat ini memungkinkan anda untuk mencari kata kunci, menemukan domain kedaluwarsa, menghasilkan nama baru, dan banyak lagi.

B. Pilih platform yang sesuai bebutuhan

Tips Strategi Ketika Akan Membuat Website Personal atau Bisnis

(foto: revistarai)

Membangun website kini jauh lebih mudah, apalagi ada banyak platform yang benar-benar ideal untuk pemula dengan fitur yang menyenangkan. Anda harus memilih platform yang pas dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut beberapa pilihan platform yang ideal:

1. WordPress

Pilihan paling jitu dan bisa menjadi daftar pilihan pertama adalah WordPress. WordPress merupakan open source Content Management System yang paling populer (CMS), bahkan telah digunakan oleh sekitar 75 juta situs web di seluruh dunia. Hal terbaiknya adalah, WordPress sepenuhnya gratis untuk dipasang, disebarkan, dan ditingkatkan.

2. Tumblr

Tumblr memulai debutnya pada Februari 2007 sebagai bagian dari alat blogging, alat microblogging, dan komunitas sosial. Hal hebat dari platform ini adalah kemudahan bagi pengguna umum. Selain itu, ia juga sangat ideal untuk semua pilihan platform, baik desktop maupun mobile.

Dengan hadirnya platform ini, Tumblr memungkinkan kita untuk berbagi apa saja dengan mudah. Kirim teks, foto, kutipan, tautan, musik, dan video dari browser, ponsel, desktop, email, atau di mana pun anda berada.

3. Wix

Wix hadir untuk memenuhi kebutuhan pengguna modern hari ini dalam memenuhi panggilan untuk membangun sebuah website. Mereka adalah sumber yang spektakuler untuk belajar tentang desain web DIY yang profesional, bergaya dan efektif.

Ada banyak hal yang bisa anda bangun melalui platform ini, termasuk bagi mereka yang benar-benar tidak tahu arah saat akan membangun sebuah situs. Pilihan ini bisa menjadi potensi utama platform anda, termasuk untuk kegiatan blogging maupun membuat sebuah toko online sederhana.

4. Joomla

Joomla merupakan Content Management System yang sepenuhnya terbuka dan tersedia secara gratis (CMS). Joomla dibangun di atas kerangka kerja aplikasi web model – view – controller yang dapat digunakan secara terpisah dari CMS yang memungkinkan kita bisa membangun aplikasi online yang kuat.

Contohnya, anda ingin membangun sebuah basis komunitas besar dengan cara sederhana, atau ingin belajar semua hal tersebut, maka Joomla bisa menjadi kandidat terkuat.

5. Weebly

Platform ini memungkinkan kita untuk membangun situs web dengan menggunakan banyak kemudahan, bahkan kita bisa melakukannya seperti drag and drop.

Selain itu, platform ini juga memiliki banyak pilihan tema yang siap pakai dan dapat kita sesuaikan dengan menggunakan interface web mereka. Selain itu, paket gratis Weebly memungkinkan kita untuk mencoba layanan tersebut sebelum membeli.

Baca juga: 

C. Buat tampilan website menarik dan konten yang menjual

Tips Strategi Ketika Akan Membuat Website Personal atau Bisnis

(foto: colorlib)

1. Mulai dengan navigasi yang jelas

Atur halaman anda ke dalam kategori yang jelas dan gunakan istilah standar di menu anda. Pengunjung tidak ingin menebak ke mana harus pergi.

2. Gunakan bahasa percakapan

Tulis seolah-olah anda berbicara langsung kepada pengunjung. Gunakan nada yang ramah dan bahasa yang tidak kaku. Jangan menggunakan kata atau frasa yang mungkin tidak dikenali oleh pengunjung. Gunakan istilah yang tidak asing.

3. Berikan semua informasi yang relevan

Jangan takut berbagi terlalu banyak, dan itu termasuk harga. Studi menunjukkan situs web yang kaya informasi adalah yang paling efektif dalam mengubah pengunjung menjadi prospek yang serius.

4. Jujur & transparan

Pengunjung mengharapkan kejujuran dan transparansi. Mereka mendambakan fakta sehingga mereka bisa membuat keputusan yang tepat.

5. Buat home page anda ringkas

Beranda home page anda adalah pintu masuk ke situs web, laman tersebut harus menggambarkan bagaimana pelanggan akan mendapat manfaat dari konten, produk, atau layanan anda.

6. Buat halaman arahan unik 

Pendekatan yang lebih bertarget adalah membuat halaman arahan tentang subjek tertentu. Jika seseorang mencari informasi tentang aplikasi militer produk anda, ia akan mendarat di laman anda yang didedikasikan untuk subjek tersebut.

7. Berikan gambar untuk menceritakan kisah Anda

Pengunjung ingin melihat apa yang mereka beli dan dari siapa mereka membelinya.

8. Sertakan konten membangun kepercayaan

Jelaskan mengapa perusahaan anda memiliki kualifikasi yang unik untuk menyediakan produk atau layanannya. Berikan beberapa detail tentang sejarah dan pencapaian perusahaan. Sertakan foto pendiri jika itu relevan. Pertimbangkan mendedikasikan halaman untuk testimonial atau studi kasus.

9. Selalu perbarui website Anda

Jika pengunjung melihat bahwa konten anda lawas, maka situs anda akan kehilangan kredibilitas. Perbarui terus situs anda, tambahkan informasi yang perlu dan hapus apapun yang tidak lagi relevan.

10. Gunakan layout yang sederhana

Website yang bersih, sederhana dan terorganisir adalah yang terbaik. Semakin intuitif, semakin baik, sehingga pengunjung dapat dengan mudah menemukan apa yang mereka butuhkan.

11. Permudah pengunjung untuk menghubungi Anda

Letakkan informasi kontak anda di banyak tempat sehingga mudah ditemukan. Jika situs web menyertakan formulir pada halaman Kontak, ajukan pertanyaan paling sedikit mungkin. Mereka mungkin tidak cukup memercayai anda untuk memberikan semua informasi.

12. Arahkan ke jalur penjualan atau kontak

Sangat bagus untuk menjadi sumber informasi yang berkualitas, tetapi anda juga ingin pengunjung tahu bahwa mereka dapat melakukan pembelian.

13. Buat sesempurna mungkin.

Kesalahan ejaan dan tata bahasa membuat anda terlihat seperti amatir. Pertimbangkan untuk menyewa seorang copywriter profesional untuk membuat konten anda.

D. Memilih web hosting terbaik

Tips Strategi Ketika Akan Membuat Website Personal atau Bisnis

(foto: bloggerku)

Jika Anda serius ingin membangun website yang professional, anda perlu memilih hosting yang handal terlebih dahulu.

Web hosting yang tidak hanya memiliki server yang cepat, namun juga stabil dan didukung oleh support yang baik.

Berikut adalah 10 web hosting terbaik di Indonesia berdasarkan www.whtop.com:

1. Niagahoster

2. Rumah Web

3. Hostinger ID

4. Dewaweb

5. ID webhost

6. Biznetnetworks

7. Domai Nesia

8. Jagoan Hosting

9. Master Web

10. Qwords

E. Promosi website 

Tips Strategi Ketika Akan Membuat Website Personal atau Bisnis

(foto: intouchcrm)

Setelah Anda membuat situs web, langkah selanjutnya adalah mempromosikan dan menarik pengunjung ke situs web Anda.

1. Promosikan melalui sosial media

Saat ini jika ingin melakukan promosi sebuah website, maka menyebarkan pesan melalui social media dinilai sangat tepat dan efisien mengingat tingginya interaksi masyarakat didalamnya.

a. Facebook

Salah satu cara terbaik untuk mempromosikan situs web anda di Facebook adalah dengan membuat halaman Facebook. Facebook memiliki lebih dari satu miliar pengguna yang terhubung dengan teman, berbagi tautan, foto, video, membentuk dan bergabung dengan grup dan banyak lagi.

b. Twitter

Gunakan Twitter untuk menge-tweet pembaruan yang menarik, berita atau fakta tentang bisnis atau produk anda dan berikan tautan ke situs web anda.

c. Pinterest

Cukup tambahkan tombol Pin It ke halaman web anda sehingga pengunjung dapat memasang pin atau memposting gambar dari situs web anda ke Pinterest. Selain gambar, anda dapat menambahkan tombol Pin It ke postingan dan video blog Anda.

d. Instagram

Sebuah gambar bisa lebih kuat daripada kata-kata, dan dengan mengklik tombol, jutaan orang di seluruh dunia dapat langsung melihat foto anda berkat fitur berbagi Instagram.

2. Mulai saluran video atau podcast YouTube

Tahukah anda bahwa YouTube adalah mesin pencari terbesar kedua di Internet? YouTube memiliki lebih dari satu miliar pengguna. Google mengindeks konten YouTube, memudahkan orang untuk menemukan dan membagikan video dan situs web anda.

3. Beriklan online

Anda dapat menggunakan iklan pay-per-click (PPC) untuk mendatangkan lalu lintas ke situs web anda dari mesin telusur seperti Google. Anda membayar harga tetap untuk setiap klik yang didapat pada iklan anda. Contoh program PPC adalah Google AdWords.

4. Kirim email

Pemasaran email adalah alat pemasaran hebat karena anda terhubung dengan pelanggan pada tingkat yang lebih pribadi. Beri pengunjung alasan kuat untuk berlangganan; kemudian kirim konten hebat secara teratur sehingga mereka tidak berhenti berlangganan. Gunakan newsletter email untuk mendorong pelanggan untuk kembali ke situs web anda secara teratur, apakah itu produk baru, posting blog, video, promosi spesial, dll.

Loading...

TERBARU

6 Aplikasi yang Wajib Untuk Mahasiswa 6 Aplikasi yang Wajib Untuk Mahasiswa
Aplikasi3 days ago

6 Aplikasi yang Wajib Dimiliki Mahasiswa

Untuk mencapai hidup yang lebih fleksibel, terdapat beberapa aplikasi smartphone yang wajib dimiliki mahasiswa. Tentunya, aplikasi tersebut dapat mempermudah urusan...

Begini Canggihnya Goal Line Technology Untuk Meyakinkan Keabsahan Goal Begini Canggihnya Goal Line Technology Untuk Meyakinkan Keabsahan Goal
Inovasi3 weeks ago

Begini Canggihnya Teknologi Goal Line Untuk Meyakinkan Keabsahan Gol

Keterbatasan pengamatan wasit seringkali melahirkan kontroversi keabsahaan sebuah goal. Beberapa keputusan kontroversi atas sebuah gol pada sejumlah pertandingan sepak bola...

Spesifikasi Laptop HP Spectre 13 Ultrabook yang Memiliki Desain Super Tipis Spesifikasi Laptop HP Spectre 13 Ultrabook yang Memiliki Desain Super Tipis
Gadget3 weeks ago

Spesifikasi Laptop HP Spectre 13 Ultrabook yang Memiliki Desain Super Tipis

Banyak orang yang menginginkan laptop dengan desain yang super tipis karena bobotnya yang ringan dan juga mudah untuk dibawa ke...

Ingin Sehat? Gunakan 4 Aplikasi Andorid Ini untuk Kontrol Kesehatan Kamu Ingin Sehat? Gunakan 4 Aplikasi Andorid Ini untuk Kontrol Kesehatan Kamu
Aplikasi1 month ago

Ingin Sehat? Gunakan 4 Aplikasi Andorid Ini untuk Kontrol Kesehatan Kamu

Di zaman yang serba digital ini, mengontrol kesehatan tubuh dapat dilakukan melalui aplikasi yang telah tersedia di dalam Adroid ataupun...

Ada banyak game online bertebaran di internet, namun tidak semua cocok dan sesuai untuk dimainkan anak- anak. Tidak bisa dipungkiri lagi, kehadiran gadg Ada banyak game online bertebaran di internet, namun tidak semua cocok dan sesuai untuk dimainkan anak- anak. Tidak bisa dipungkiri lagi, kehadiran gadg
games1 month ago

4 Game yang Cocok Dimainkan Anak-Anak

Ada banyak game online bertebaran di internet, namun tidak semua cocok dan sesuai untuk dimainkan anak- anak. Tidak bisa dipungkiri...

6 Tips Agar Tidak Tertipu Pesan Hoax di Whatshapp 6 Tips Agar Tidak Tertipu Pesan Hoax di Whatshapp
Tips1 month ago

6 Tips Agar Tidak Tertipu Pesan Hoax di Whatshapp

Tak jarang, informasi yang disebarkan melalui whatshapp memuat berita hoax. Hoax adalah informasi salah yang disamarkan sebgai kebenaran.Whatshapp dinilai lebih...

Spesifikasi dan Harga Laptop Acer Terbaru Versi Gaming yang Gahar Spesifikasi dan Harga Laptop Acer Terbaru Versi Gaming yang Gahar
Gadget1 month ago

Spesifikasi dan Harga Laptop Acer Terbaru Versi Gaming yang Gahar

Bermain game merupakan hobi kebanyakan orang yang memakai gadget apa pun untuk bermain kesukaannya, entah itu di PS 4, Nintendo...

Harga dan Spesifikasi Oppo F9 Pro Unggulan Harga dan Spesifikasi Oppo F9 Pro Unggulan
Gadget2 months ago

Harga dan Spesifikasi Oppo F9 Pro Unggulan

OPPO F9 Pro dirumorkan akan melengkapi daftar smartphone seri F dari produsen asal Tiongkok, Oppo. F9 Series yang satu ini...

4 Kelebihan yang Dimiliki Oleh Xiaomi Redmi Go 4 Kelebihan yang Dimiliki Oleh Xiaomi Redmi Go
Gadget3 months ago

4 Kelebihan yang Dimiliki Oleh Xiaomi Redmi Go

Setelah meluncurkan beberapa versi terbaru Xiaomi tahun 2019 yaitu Redmi Note 7, kali ini Xiaomi meluncurkan versi yang terbaru dan...

Cara Menyembunyikan Foto dan Status Profil Whatsapp dari Kontak Tertentu Cara Menyembunyikan Foto dan Status Profil Whatsapp dari Kontak Tertentu
Tips3 months ago

Cara Menyembunyikan Foto dan Status Profil Whatsapp dari Kontak Tertentu

WhatsApp adalah salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan. Beberapa bulan yang lalu, perusahaan menambahkan beberapa fitur baru seperti verifikasi...