Connect with us

Tips

Cara Mengetahui Aplikasi Android yang Memperlambat Ponsel

Published

on

Cara Mengetahui Aplikasi Android yang Memperlambat Ponsel

Dengan semakin banyak aplikasi dan game android dengan performa grafis yang tinggi diluncurkan, kapasitas memori dari smarthphone menjadi tidak cukup dan terbatas. Jadi, banyak merek smartphone meluncurkan handset dengan RAM 6GB atau 8GB.

Saat membeli smartphone dengan lebih banyak RAM jelas akan dapat menggunakan gadgetnya dengan lebih lancar, ada banyak pengguna Android yang tidak mampu melakukannya.

Juga, ada cara untuk mengidentifikasi aplikasi yang intensif memori. Kamu dapat menghapus aplikasi tersebut untuk mempercepat ponsel Android kamu. Hal ini juga dapat menghemat daya baterai yang berharga.

Baca juga: 

Sebelum menuduh game atau aplikasi berat lainnya sebagai hal yang menguras baterai dan memperlambat ponsel, perlu diketahui bahwa pada sebagian besar kasus, aplikasi Facebook atau Instagram adalah aplikasi yang cenderung menggunakan baterai dan RAM paling banyak di ponsel Android apa pun.

Cara Mengetahui Aplikasi Android yang Memperlambat Ponsel

(foto: manyloade)

Berikut ini cara mengetahui aplikasi mana yang mengkonsumsi lebih banyak RAM dan memperlambat ponsel Anda.

  • Buka menu Settings.
  • Pilih dan klik Storage / Memory.
  • Daftar penyimpanan/Storage akan menunjukkan konten apa yang memakan ruang penyimpanan maksimum di telepon anda.
  • Klik ‘Memory’ pada memori yang digunakan oleh aplikasi.
  • Daftar ini akan menunjukkan ‘Penggunaan Aplikasi’ RAM dalam empat interval 3 jam, 6 jam, 12 jam, dan 1 hari. Persentase RAM yang digunakan dapat diketahui disini.

Berdasarkan informasi ini, anda dapat memutuskan aplikasi mana yang ingin anda hapus.

Jika penyimpanan internal hampir penuh, maka hal itu akan menyebabkan ponsel melambat. Pastikan kamu mempunyai ruang kosong pada penyimpanan internal untuk membantu mempercepat ponsel anda dan yang terakhir, jangan lupa untuk me-restart ulang ponsel anda setiap hari.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *