Connect with us

Aplikasi

Rekomendasi Aplikasi Buat Kamu yang Hobi Baca Buku

Published

on

Rekomendasi Aplikasi Buat Kamu yang Hobi Baca Buku

Kata pepatah membaca adalah Jendela Dunia memang tak diragukan lagi. Dengan membaca kamu bisa secara tidak langsung merasakan pengalaman/pemikiran penulis melalui tulisan.

Nah, di era teknologi sekarang membaca menjadi tidak monoton/kuno seperti dahulu dimana harus membawa buku tebal yang beratnya minta ampun dan bau lapuk buku.

Beberapa terobosan yang mengubah buku fisik menjadi buku digital sekarang dapat kamu baca dan simpan hanya di smartphone. Kamu bisa membaca kapanpun dan dimanapun.

Nah, buat kamu yang mempunyai hobi membaca buku, tujuh aplikasi android ini wajib kamu instal di smartphone kamu. Yuk, silahkan disimak!

1. iPusnas

Rekomendasi Aplikasi Buat Kamu yang Hobi Baca Buku

(foto: itunes.apple)

Aplikasi android pertama yang kami rekomendasikan bagi kamu yang hobi membaca buku adalah Ipusnas. Ipusnas adalah aplikasi perpustakaan yang dirilis resmi oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia bekerja sama dengan Aksaramaya selaku pengembang aplikasi.

Di aplikasi ini kamu bisa meminjam buku persis seperti pada perpustakaan dimana kamu dapat meminjam ratusan ribu koleksi buku secara gratis.

Setiap hari kamu dapat meminjam buku maksimal sebanyak tiga buku dengan masa peminjaman buku selama 3 hari dengan cara mendownloadnya kemudian bisa kamu baca secara offline.

Uniknya setelah 3 hari masa peminjaman maka buku secara otomatis tidak dapat dibaca lagi (seperti buku dikembalikan) dan jika kamu ingin membacanya lagi kamu bisa meminjamnya lagi.

Fitur lain yang dapat menambah keseruan kamu dalam membaca buku di Ipusnas adalah fitur Feed dan Comment. Fitur Feed dapat menampilkan timeline aktivitas peminjaman buku teman-teman kamu di Ipusnas.

Sedangkan fitur Comment memungkinkan kamu untuk mengomentari atau mengulas buku yang sudah kamu baca. Jadi kamu tidak sekedar membaca buku. Namun, bisa juga bersosialisasi dengan para pembaca buku lainnya di Ipusnas. Gimana seru bukan?

Download untuk Android atau iOS

2. Wattpad

Rekomendasi Aplikasi Buat Kamu yang Hobi Baca Buku

(foto: itunes.apple)

Aplikasi android kedua adalah Wattpad. Aplikasi berlogo huruf “W” dengan warna kuning yang mendominasi tampilannya ini wajib kamu download. Wattpad menjadi wadah tempat bertemunya jutaan penulis berbakat dengan para penghobi baca.

Beragam fitur memperkaya pengalaman membaca kamu dengan aplikasi ini. Fitur pertama adalah kamu bisa membaca buku/cerita sesuai genre yang kamu inginkan seperti romance, science-fiction, history, poetry, dan masih banyak lagi.

Fitur kedua yaitu kamu dapat bersosialisasi langsung dengan Penulisnya langsung. Kamu bisa mengomentari ceritanya, menanyakan kapan update cerita terbarunya, jadi kamu bisa secara “Live” mengikuti proses sebuah cerita mulai dari awal chapter, hingga akhir chapter.

Fitur ketiga yang pastinya sangat kamu butuhkan adalah dapat membacanya secara offline (tanpa koneksi internet). Namun kamu harus mendownloadnya terlebih dahulu ceritanya saat kamu online

Fitur keempat adalah kamu bisa menjadi penulis. Iya, kamu tidak salah baca. Selain hanya menjadi pembaca, di Wattpad kamu bisa menulis layaknya penulis. Dengan fitur ini kamu bisa belajar mengembangkan bakat menjadi penulis mulai dari basic.

Dan perlu kamu tahu, banyak karya penulis di Wattpad sudah sukses diterbitkan menjadi Novel bahkan beberapa karyanya berhasil difilmkan, sebut saja seperti “Dear Nathan”.

Semakin banyak yang menyukai karya tulisanmu di Wattpad namamu bisa jadi akan dikenal dan memperbesar kemungkinan tulisanmu untuk diterbitkan oleh penerbit.

Download untuk Android atau iOS

3. Goodreads

Rekomendasi Aplikasi Buat Kamu yang Hobi Baca Buku

(foto: itunes.apple)

Bagi kamu yang mengaku hobi membaca buku, tak lengkap rasanya jika belum menginstal aplikasi Goodreads. Aplikasi ini memudahkan kamu untuk mencari referensi buku-buku yang kamu cari.

Beberapa fitur dalam Goodreads salah satunya adalah kamu bisa membagikan buku apa yang sedang kamu baca kepada temanmu.

Fitur lain yang tidak kalah menariknya adalah kamu dapat mempersonalisasikan genre buku kesukaan kamu sehingga Goodreads akan memberikan rekomendasi judul buku sesuai dengan genre kesukaan kamu.

Dengan jumlah anggota terdaftar di aplikasi Goodreads yang kurang lebih 75 juta dari seluruh dunia tentunya akan memberikan wawasan berupa ulasan-ulasan mengenai buku-buku baik terbitan di Indonesia maupun luar negeri.

Selain itu kamu juga bisa memberikan ulasan dan penilaian berupa rating dari buku yang telah kamu baca agar bisa membantu orang lain yang tertarik membaca buku tersebut.

Jadi Goodreads wajib kamu instal untuk menjadi referensi sebelum kamu memutuskan membeli sebuah buku.

Download untuk Android atau iOS

Baca juga:

4. Ijakarta

Rekomendasi Aplikasi Buat Kamu yang Hobi Baca Buku

(foto: itunes.apple)

Aplikasi keempat adalah Ijakarta yang juga besutan developer Aksaramaya yang bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta dengan semangat bersama untuk meningkatkan tingkat literasi/minat membaca masyarakat Indonesia.

Aplikasi Ijakarta dari sisi fitur sebenarnya hampir sama dengan Ipusnas namun koleksi bukunya yang berbeda bisa menjadi pelengkap apabila buku yang kamu cari di Ipusnas tidak tersedia.

Menariknya lagi ada fitur yang tidak tersedia di Aplikasi Ipusnas yaitu fitur “Donasi” dimana memungkinkan kamu bisa mendonasikan beberapa buku digital untuk dijadikan koleksi di aplikasi Ijakarta.

Jadi selain hanya kegiatan membaca untuk dirimu sendiri, kamu juga bisa turut berkontribusi meningkatkan literasi dan minat baca masyarakat Indonesia.

Download untuk Android atau iOS

5. Itani

Rekomendasi Aplikasi Buat Kamu yang Hobi Baca Buku

(foto: play.google)

Bagi kamu yang sedang belajar agriculuture/ilmu pertanian atau memerlukan update informasi pertanian, Itani menjadi aplikasi recommended buat kamu instal dan membacanya.

Aplikasi hasil kolaborasi antara Kementerian Pertanian Republik Indonesia dengan developer Aksaramaya ini menyajikan buku-buku berkualitas khususnya bertemakan dunia pertanian secara pinjam gratis untuk kamu baca. Untuk fitur lainnya hampir sama dengan Ipusnas dan Ijakarta.

Download untuk Android atau iOS

6. Ridmi

Rekomendasi Aplikasi Buat Kamu yang Hobi Baca Buku

(foto: play.google)

Aplikasi yang wajib kamu download keenam adalah Ridmi. Aplikasi yang masih saudara dengan Ipusnas dan Ijakarta ini hasil kontribusi antara TICMI (The Indonesian Capital Market Institute) dengan Aksaramaya.

Aplikasi ini menyajikan buku-buku bertemakan dunia Pasar Modal Indonesia dan Bisnis yang dapat kamu baca secara gratis melalui smartphonemu.

Bagi kamu yang sedang mendalami ilmu Ekonomi atau sedang belajar dunia Pasar Modal sudah barang tentu aplikasi ini sudah harus terinstal di smartphone-mu.

Download untuk Android atau iOS

7. iSantri

Rekomendasi Aplikasi Buat Kamu yang Hobi Baca Buku

(foto: play.google)

Bagi kamu yang sedang mencari buku-buku bertemakan Islam, maka aplikasi iSantri wajib kamu instal. Aplikasi ini juga karya Aksaramaya yang berkolaborasi dengan Kementerian Agama Republik Indonesia.

Ribuan judul buku digital tersedia untuk semakin memperkaya keilmuan kamu tentang agama. Fitur yang tersedia dalam aplikasi iSantri hampir sama dengan aplikasi produksi Aksaramaya lainnya seperti rak virtual, feed, dan fitur komentar.

Download untuk Android atau iOS

8. Gramedia Digital

Rekomendasi Aplikasi Buat Kamu yang Hobi Baca Buku

(foto: itunes.apple)

Aplikasi rekomendasi kedelapan untuk diinstal bagi kamu penghobi baca buku adalah Gramedia Digital. Aplikasi pamungkas ini menjadi aplikasi yang bisa dibilang komplit memenuhi kebutuhan seorang penghobi baca buku karena jenis bacaan yang tersedia sangat beragam dan lengkap.

Aplikasi besutan perusahaan pemerbitan terkemukan di Indonesia ini menyediakan produk bacaan yang bisa kamu baca antara lain majalah digital (SWA, Sinyal, BOLA, Autocar), koran digital (Kontan, Harian Jawa Pos, Harian Bisnis Indonesia) dan buku-buku populer (Novel dan Karya non-Fiksi) terbitan Gramedia langsung dalam genggaman kamu.

Berbeda dengan aplikasi sebelumnya, Gramedia Aplikasi menyediakan dua versi yaitu Free/gratis dan Premium/berbayar.

Fitur free kamu masih bisa membaca koleksi buku-buku tertentu saja yang telah ditentukan. Sedangkan fitur Premium kamu bisa menikmati hampir seluruh koleksi bacaan digital yang tersedia dalam aplikasi.

Sampai tulisan ini dibuat, berdasarkan informasi dari aplikasi Gramedia Digital kamu bisa berlangganan dengan harga Rp. 89.000/bulan untuk menikmati versi Premium.

Download untuk Android atau iOS

Gimana aplikasi-aplikasi rekomemdasi diatas? Pasti akan dapat memenuhi hasratmu dalam membaca bukan? Pastikan download aplikasi diatas dan share kepada teman-teman kamu yang juga hobi membaca buku! Semoga bermanfaat.

TERBARU

17 Aksesori yang Membuat Smartphone Semakin Canggih dan Keren 17 Aksesori yang Membuat Smartphone Semakin Canggih dan Keren
Gadget13 hours ago

17 Aksesori yang Membuat Smartphone Semakin Canggih dan Keren

Dewasa ini, penggunaan smartphone tak lagi terbatas pada telepon dan sms saja. Dukungan fitur dan aplikasi canggih memungkinkan smartphone digunakan...

LG G7 One Menjadi Smartphone Pertama LG yang Mendapat Android Pie LG G7 One Menjadi Smartphone Pertama LG yang Mendapat Android Pie
Gadget1 day ago

LG G7 One Menjadi Smartphone Pertama LG yang Mendapat Android Pie

LG dikenal kurang dalam hal memperbarui ponselnya. Bandingkan dengan prodesen lainnya yang telah mengumumkan jadwal pembaruan Android Pie dan bahkan...

Samsung Investasi $22 Miliar Untuk Fokus Kembangkan 5G dan AI Samsung Investasi $22 Miliar Untuk Fokus Kembangkan 5G dan AI
news2 days ago

Samsung Investasi $22 Milyar Untuk Fokus Kembangkan 5G dan AI

Samsung Electronics telah berkomitmen untuk menginvestasikan $ 22 Milyar untuk teknologi masa depan. Perusahaan berharap bahwa pada tahun 2020, investasi...

Realme U Akan Menjadi Smartphone Pertama yang Memakai Helio P70 Realme U Akan Menjadi Smartphone Pertama yang Memakai Helio P70
news2 days ago

Realme U Akan Menjadi Smartphone Pertama yang Memakai Helio P70

Sebuah laporan yang diterbitkan awal pekan ini mengklaim bahwa Realme akan segera meluncurkan ponsel seri U terbaru yang didukung oleh...

Aplikasi3 days ago

Update Fitur Belanja di Instagram Kini dapat Menyimpan Produk

Instagram sepertinya ingin menjadikan platformnya sebagai sarana berbelaja seperti halnya e-commerce. Perusahaan milik Facebook telah meluncurkan fitur terbaru untuk tool...

5 Fitur Unggulan Nokia X7 (7.1 Plus) yang Perlu Kamu Ketahui 5 Fitur Unggulan Nokia X7 (7.1 Plus) yang Perlu Kamu Ketahui
news3 days ago

Hasil AnTuTu Benchmarks Snapdragon 8150 Kalahkan Kirin 980 dan A12 Bionic

Pabrikan Huawei dan Apple telah meluncurkan prosesor 7nm (Kirin 980 dan A12 Bionic) terbaru mereka beberapa bulan yang lalu, namun...

Samsung Akhirnya Meluncurkan Prosesor Terbaru Exynos 9820 Samsung Akhirnya Meluncurkan Prosesor Terbaru Exynos 9820
Gadget3 days ago

7 Kehebatan Exynos 9820 dibandingkan dengan Exynos 9810

Samsung resmi memperkenalkan chipset terbarunya Exynos 9820 yang akan disematkan di Galaxy S10 / S10+. Terjadi beberapa perubahan dan peningkatan...

Sharp Aquos R2 Compact Resmi Dikenalkan, Ini Spesifikasi dan Harganya Sharp Aquos R2 Compact Resmi Dikenalkan, Ini Spesifikasi dan Harganya
Gadget3 days ago

Sharp Aquos R2 Compact Resmi Dikenalkan, Ini Spesifikasi dan Harganya

Sharp telah mengumumkan Sharp Aquos R2 Compact dengan beberapa peningkatan dibandingkan versi sebleumnya. Bagian atas terdapat notch untuk tempat kamera...

Vivo Z1 Lite Resmi Diluncurkan, Ini Harga dan Spesifikasinya Vivo Z1 Lite Resmi Diluncurkan, Ini Harga dan Spesifikasinya
Gadget5 days ago

Vivo Z1 Lite Resmi Diluncurkan, Ini Harga dan Spesifikasinya

Vivo telah mulai proses pre-order Vivo Z1 Lite pada 1 November lalu di China. Namun kini smartphone sudah tersedia untuk...

Samsung Akhirnya Meluncurkan Prosesor Terbaru Exynos 9820 Samsung Akhirnya Meluncurkan Prosesor Terbaru Exynos 9820
news5 days ago

Samsung Akhirnya Meluncurkan Prosesor Terbaru Exynos 9820

Samsung telah secara resmi mengumumkan prosesor andalan terbarunya Exynos 9820. Prosesor ini menggantikan pendahulunya Exynos 9810 yang dirilis tahun lalu. Dibuat...