Connect with us

Tips

Tips Tutorial Cara Membuat Video Split Screen untuk Instagram

Published

on

Tips Tutorial Cara Membuat Video Split Screen untuk Instagram

Pernah tidak sih kamu penasaran cara membuat video split screen keren dari selegram terkenal? Agar menjadi selegram yang sukses, tentunya harus membuat IG kita semenarik mungkin sehingga banyak orang yang follow.

Salah satu caranya adalah dengan mengupload foto yang menarik. Bukan hanya foto, video juga banyak dimintai para Igers.

Video yang terlalu umum dan pasaran kebanyakan akan kurang dilirik orang. Oleh karena itu, kamu harus belajar kreatif dengan membuat video yang unik.

Salah satu ide unik adalah dengan menempatkan lebih dari dua atau lebih video kedalam satu layar. Kok bisa? Bisa dong. Bagaimana caranya? Tidak sulit kok. Kamu cukup ikuti saja langkah mudah berikut.

1. Download aplikasi Photo Grid

Tips Tutorial Cara Membuat Video Split Screen untuk Instagram

(foto; itunes.apple)

Cara yang paling mudah untuk membuat video split screen adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Dalam hal ini saya menggunakan Photo Grid.

Meskipun menggunakan kata “photo” sebagai nama aplikasinya, tapi ternyata Photo Grid ini bisa juga digunakan untuk membuat video collage. Cara menggunakannnya pun sangat mudah alias user friendly.

Kamu bisa mendownload Photo Grid di App Store untuk pengguna iPhone dan Play Store untuk smartphone Android.

2. Pilih fitur Video

Tips Tutorial Cara Membuat Video Split Screen untuk Instagram

(foto: screenshot by maitri)

Aplikasi Photo Grid ini memiliki beberapa fitur keren, seperti Grid, Edit, Scrapbook, Big Head, 3D Card, dan sebagainya. Namun, kali ini kami hanya akan membahas fitur yang bisa membuat lebih dari satu video dalam satu screen.

Ada dua cara membuat video split screen melalui aplikasi ini, yaitu menggunakan fitur Grid atau Video. Jadi, kamu bisa memilih salah satu saja. Misal, kami akan menggunakan fitur Video.

3. Pilih video yang akan dikolase

Tips Tutorial Cara Membuat Video Split Screen untuk Instagram

(foto: screenshot by maitri)

Langkah selanjutnya adalah memilih video yang akan dikolase. Pilihlah dua atau lebih video dan ketuk “Next” yang terdapat pada bagian kanan atas layar.

Misalnya, dalam contoh ini kami hanya akan menggunakan dua video saja. Setelah itu, kamu akan diarahkan ke jendela berikutnya.

Baca juga:

4. Pilih layout yang kamu inginkan

Tips Tutorial Cara Membuat Video Split Screen untuk Instagram

(foto: screenshot by maitri)

Setelah mengetuk “Next”, kamu bisa melihat dua video pada satu screen. Sampai disini, sebenarnya kamu sudah berhasil membuat video split screen.

Tetapi, hasil kolase secara default ini tidak sesuai dengan harapan kamu. Dengan memilih menu “Layout” yang terdapat dibagian paling kiri bawah layar, kamu bisa mengubah layout sesuai yang kamu inginkan.

5. Mengatur bagaimana video diputar

Tips Tutorial Cara Membuat Video Split Screen untuk Instagram

(foto: screenshot by maitri)

Ada dua pilihan yang diberikan aplikasi Photo Grid dalam hal bagaimana video-video tersebut diputar. Apabila kamu ingin semua video diputar bersamaan, maka kamu kamu harus memilih “PlayAll”.

Caranya adalah dengan mengetuk menu kelima dari kiri pada bagian bawah layar. Sedangkan, jika kamu lebih menyukai video diputar satu persatu, malam pilih “InOrder”.

6. Menghilangkan watermark Photo Grid

Tips Tutorial Cara Membuat Video Split Screen untuk Instagram

(foto: screenshot by maitri)

Salah satu hal paling menarik dan saya suka dari aplikasi ini dalam membuat video split screen ini adalah kita bisa menghilangkan watermark Photo Grid.

Kebanyakan aplikasi gratis yang pernah saya coba tidak mengijinkan hal ini. Jika kita ingin menghilangkan watermark, biasanya kita harus membayar. Tetapi tidak demikian halnya dengan Photo Grid.

Kamu bisa menghilangkan watermark Photo Grid dengan menggeser menu yang terdapat pada bagian paling bawah layar ke arah kanan.

Dipaling ujung sebelah kanan, kamu akan menemukan menu “Watermark”. Ketuk menu tersebut. Lalu, ketuk tanda silang “X” merah yang terdapat tulisan “Photo Grid”.

7. Menambahkan text dan logo

Tips Tutorial Cara Membuat Video Split Screen untuk Instagram

(foto: screenshot by maitri)

Kamu juga bisa menambahkan text kedalam video kolase yangs edang kamu buat dengan cara mengetuk menu “Text”.

Sedangkan jika ingin memasukan logo, kamu ketuk menu “Image” dengan tanda “+” dan pilih gambar atau logo yang kamu inginkan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu bisa membuat video split screen dengan mudah. Namun, jika kamu masih merasa kurang dan ingin lebih menyempurnakanya lagi, kamu bisa menggunakan fitur dan menu lain yang terdapat di aplikasi ini.

Berikut adalah hasil video kolase yang telah saya buat dengan mengikuti langkah-langkah di atas.

Samsung mengolok-olok Apple dalam dua buah iklan

Loading...

TERBARU

4 Kelebihan yang Dimiliki Oleh Xiaomi Redmi Go 4 Kelebihan yang Dimiliki Oleh Xiaomi Redmi Go
Gadget2 weeks ago

4 Kelebihan yang Dimiliki Oleh Xiaomi Redmi Go

Setelah meluncurkan beberapa versi terbaru Xiaomi tahun 2019 yaitu Redmi Note 7, kali ini Xiaomi meluncurkan versi yang terbaru dan...

Cara Menyembunyikan Foto dan Status Profil Whatsapp dari Kontak Tertentu Cara Menyembunyikan Foto dan Status Profil Whatsapp dari Kontak Tertentu
Tips2 weeks ago

Cara Menyembunyikan Foto dan Status Profil Whatsapp dari Kontak Tertentu

WhatsApp adalah salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan. Beberapa bulan yang lalu, perusahaan menambahkan beberapa fitur baru seperti verifikasi...

5 Tips Menggunakan Google My Business (GMB) 5 Tips Menggunakan Google My Business (GMB)
Tips2 weeks ago

5 Tips Menggunakan Google My Business (GMB)

Untuk bisnis lokal, salah satu alat terbaik untuk memasarkan bisnis yang anda miliki adalah Google My Business. Google My Business...

Tips dan Trik Apple Watch yang Belum Kamu Ketahui Tips dan Trik Apple Watch yang Belum Kamu Ketahui
Tips2 weeks ago

Tips dan Trik Apple Watch yang Belum Kamu Ketahui

Baru saja membeli Apple Watch? Lima tips dan trik ini akan membuat jam tangan yang anda pakai lebih bermanfaat. Jika...

Instagram Dapat Memposting Ke Beberapa Akun Sekaligus Instagram Dapat Memposting Ke Beberapa Akun Sekaligus
news2 weeks ago

Instagram Dapat Memposting Ke Beberapa Akun Sekaligus

Untuk menyederhanakan kehidupan para pemilik akun multi-Instagram, perusahaan telah mulai meluncurkan fitur baru yang memungkinkan para pengguna instagram untuk mempublikasikan...

Ini Dia Daftar Emoji Terbaru yang Akan Ditambahkan di 2019 Ini Dia Daftar Emoji Terbaru yang Akan Ditambahkan di 2019
news2 weeks ago

Ini Dia Daftar Emoji Terbaru yang Akan Ditambahkan di 2019

Unicode Consortium meluncurkan daftar emoji terbaru untuk 2019, ada sekitar 230 simbol baru yang ditambahkan. Dalam pembaruan Emoji 12.0, 59...

Buat Yang Suka Liburan , 4 Smartphone ini Cocok Untuk Para Traveller Buat Yang Suka Liburan , 4 Smartphone ini Cocok Untuk Para Traveller
Gadget1 month ago

Buat Yang Suka Liburan, 4 Smartphone Ini Cocok untuk Para Traveller

Untuk para traveller yang suka berpergian pastilah membutuhkan smartphone yang tidak bisa ditinggalkan begitu saja. Karena smartphone bisa berguna untuk...

Cara Mengetahui Aplikasi Android yang Memperlambat Ponsel Cara Mengetahui Aplikasi Android yang Memperlambat Ponsel
Tips1 month ago

5 Tips Mengatasi Smartphone Lambat Karena Banyak Aplikasi

Masalah yang sering terjadi pada smartphone adalah kemampuan yang lambat saat membuka suatu aplikasi yang ada pada smartphone tersebut. Biasanya...

Teknologi Google Assistant Dapat Anda Nikmati di Cermin Kamar Mandi Teknologi Google Assistant Dapat Anda Nikmati di Cermin Kamar Mandi
Gadget1 month ago

Teknologi Google Assistant Dapat Anda Nikmati di Cermin Kamar Mandi

Tampaknya asisten suara digital diciptakan di berbagai hal sekarang ini, dan salah satunya juga dapat hadir di kamar mandi anda....

Hati-Hati dengan WhatsApp Gold, Itu Virus! Hati-Hati dengan WhatsApp Gold, Itu Virus!
Aplikasi1 month ago

Hati-Hati dengan WhatsApp Gold, Itu Virus!

WhatsApp Gold hanya untuk pengguna premium? Itu hanyalah pesan tipuan untuk mengelabui pengguna agar mengunduh virus. Seorang kolega IT telah...