Connect with us

Tips

7 Tips Menjadi Selebgram Sukses dan Populer

Published

on

Tips Menjadi Selegram Yang Sukses Dengan 7 Langkah Mudah

Dengan jumlah pengguna aktif terbesar kedua di Indonesia, Instagram bukan lagi hanya sekedar media bersosialisasi. Banyak perusahaan yang menjadikannya sebagai media promosi untuk produk mereka. Sehingga, muncullah istilah selebgram. Istilah ini sebenarnya ditujukan untuk pengguna Instagram yang memiliki banyak sekali follower. Seorang selebgram ini tidak harus dari kalangan selebritis saja. Yang penting dia memiliki banyak pengikut dan selalu mendapatkan banyak “Like” disetiap foto yang diuploadnya.

Banyak sekali keuntungan yang didapat dengan menjadi selebritis Instagram ini. Selain menjadi terkenal dan populer, kamu juga bisa mendapatkan banyak uang dari jasa endorsement. Syarat utama menjadi selegram ini tentu harus memiliki banyak followers. Semakin banyak followers, semakin besar pula kesempatan kamu untuk mendapat permintaan endorse dari berbagai perusahaan. Mau jadi selegram dalam waktu singkat? Ikuti tips menjadi selegram yang sukses berikut ini, yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Tambahkan Bio

7 Tips Menjadi Selebgram Sukses dan PopulerMenjadi selegram berarti kamu harus memperkuat personal branding image. Karena kamu bukan artis terkenal seperti Dian Sastro yang tanpa menuliskan apapun di Bio nya, dengan mudah bisa mendapatkan jutaan follower. Bio ini berisikan hal-hal yang menunjukan passion dan kepribadian kamu. Sebagai contoh: Cats and Dogs lover, traveller, yoga lover, pecinta kopi, dan lainnya. Yang terpenting, personal brand yang ingin kamu tunjukan melalui Bio Instagram ini harus memiliki fokus yang jelas. Jangan lupa pula untuk menggunakan foto profil yang paling menarik. Kalau kamu belum tahu cara menambahkan Bio, ketuk saja “Edit Your Profile” dan cari bagian yang bertuliaskan “Bio”.

2. Perbaiki Kualitas Foto

7 Tips Menjadi Selebgram Sukses dan Populer

foto: medium

Instagram adalah sebuah media sosial yang lebih memfokuskan diri pada platform visual. Oleh karena itu, mengupload foto-foto yang berkualitas sangat penting. Jika kamu ingin serius menjadi selegram, tidak ada salahnya jika kamu berinvestasi pada kamera smartphone, tongsis, tripod, dan alat-alat pendukung fotografi ponsel lainnya. Tidak hanya itu, kamu pun harus mau belajar teknik-teknik fotografi dasar dan sering-sering melihat hasil foto orang lain. Namun, untuk mendapatkan foto dengan kualitas baik tidak cukup hanya memiliki kamera phone yang paling baru dan canggih saja. Kamu juga harus memperhatikan komposisi, mencoba mengambilnya dari berbagai angel, dan pengeditan. Sering-seringlah ber-eksperimen mengambil foto dari berbagai angel dan komposisi.

Baca juga:

3. Upload Konten Yang Menarik

7 Tips Menjadi Selebgram Sukses dan Populer

foto: nathouse

Selain foto berkualitas, sesekali upload juga foto atau video yang inspiratif dan bermanfaat bagi banyak orang. Misalnya, jika kamu memiliki passion didunia kecantikan, uploadlah mengenai tips dan trik bermake up. Jika passion kamu tentang hidup sehat, uploadlah foto atau video tentang resep atau menu sarapan sehat. Jangan lupa tuliskan sedikit penjelasan sebagai caption.

4. Upload Foto Secara Rutin

7 Tips Menjadi Selebgram Sukses dan Populer

foto: digitaltrends

Tips menjadi selegram yang sukses berikutnya adalah dengan mengupload foto atau video secara rutin dan konsisten. Hal ini menunjukan bahwa akun IG kamu memang aktif. Usahakan foto yang diupload sesuai mencerminkan karakter dan passion yang kamu tulis di Bio. Jika ingin memposting lebih dari satu foto dalam sehari, gunakan jeda waktu yang cukup, misal satu pada pagi hari dan lainnya sore hari. Kamu juga bisa melakukan sedikit percobaan untuk mencari tahu pada jam berapa saja para pengguna Instagram aktif mengakses Instagram mereka. Dengan demikian, peluang kamu untuk mendapatkan follower baru dan “Like” akan semakin besar.

Menurut analisa Matt Smith, founder dari Latergramme yang dikutip dari digitaltrends, jam 2 pagi dan 5 sore adalah waktu yang tepat untuk memposting foto di Instagram. Menurut Smith, jam 5 sore, kebanyakan orang baru saja selesai bekerja dan beristirat sejenak dengan membuka-buka IG. Analisa lain menunjukan, Rabu adalah hari yang paling tepat diantara hari lainnya bagi kamu untuk mengupload foto terbaikmu di IG.

5. Gunakan Hashtag

7 Tips Menjadi Selebgram Sukses dan PopulerHashtag adalah cara yang cukup efektif untuk mendapatkan follower baru. Pastikan kamu selalu menyertakan hashtag yang sesuai pada foto yang akan kamu upload. Namun, disarankan untuk tidak memberikan hashtag secara berlebihan dan hindari hashtag yang tidak sesuai. Selain akan terlihat tidak profesional, penggunaan hashtag yang sembarangan ini bisa membuat akun IG kamu disuspend karena dianggap melakukan spam.

6. Berikan Caption Yang Menarik

7 Tips Menjadi Selebgram Sukses dan Populer

foto: instagram.com/saltnomads

Meskipun Instagram adalah platform visual, namun penggunaan caption akan lebih menarik perhatian pengguna. Berikan caption yang relevan dengan foto yang kamu upload. Akan lebih baik jika caption tersebut dibuat senatural mungkin dan berasal dari hati. Bisa juga menggunakan quote terkenal, tetapi tentu saja harus sesuai dengan foto yang diupload.

7. Jangan Abaikan Komentar Follower

7 Tips Menjadi Selebgram Sukses dan Populer

foto: instagram.com/borobudurpark

Ketika akun IG kamu sudah mulai banyak pengikutnya, selain mendapatkan “Like”, kemungkinan mereka juga akan meninggalkan komentar. Sebagai selegram yang baik dna tidak sombong, sebaiknya anda tidak mengabaikan komentar tersebut, kecuali memang jumlahnya ratusan hingga ribuan komen. Usahakan untuk membalas setiap komentar mereka, walaupun hanya dengan ucapan “terima kasih”. Jangan sampai mereka meng-unfollow akun IG kamu karena mengganggap kamu sombong.

Itulah tips menjadi selebgram yang sukses. Hanya dengan 7 langkah saja, jumlah follower Instagram kamu bisa bertambah.

Loading...
1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Bingung Memilih Smartphone Dengan Kamera Yang Bagus Untuk Selfie? Tips Berikut Bisa Diikuti - Jagoteknologi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *