Connect with us

Tips

Tips Mengatasi Whatsapp Agar Tidak Mudah di Hack Orang Lain

Published

on

(foto: digitaltrends)

Apakah seseorang bisa membajak akun Whatsapp kita? Dengan berat hati, jawabannya adalah Ya. Seseorang bisa dengan mudah membajak atau menyadap akun aplikasi yang sangat populer ini. Bahkan, oleh mereka yang tidak memiliki latar belakang programer atau komputer sekalipun.

Hal ini sangat memungkinkan karena banyaknya aplikasi pihak ketiga yang memungkinan kamu untuk memata-matai akun Whatsapp orang lain. Banyak diantaranya yang gratis dan tidak perlu menjailbreak iPhone atau merooting ponsel Android.

Tetapi, seperti halnya virus yang menyerang komputer misalnya, pasti akan ada orang yang membuat anti-virus untuk mengatasinya.

Begitu pula dalam kasus ini, ada cara mengatasi Whatsapp di hack. Jika kamu merasa seseorang sedang membajak semua percakapan dan privasi Whatsapp, kamu harus membaca ini.

Berikut ini beberapa cara mengatasi Whatsapp di hack.

1. Log out Whatsapp Web

Tips Mengatasi Whatsapp Agar Tidak Mudah di Hack Orang Lain

(foto: Whatsapp)

Fitur Whatsapp Web memudahkan kita unntuk menerima pesan dari aplikasi Whatsapp ketika sedang bekerja dengan komputer. Kamu bisa tetap memantau pesan yang masuk tanpa harus bolak-balik mengambil handphone.

Tetapi, fitur ini juga sangat rentan dengan pembajakan. Ini merupakan salah satu cara yang paling mudah bagi hacker untuk membajak akun kita.

Pertama, kamu bisa mengecek apakah ada perangkat lain yang mengakses akun Whatsapp kamu atau tidak? Caranya, tap tiga titik horisontal di kanan atas layar Whatsapp kamu, lalu tap Whatsapp Web.

Disini kamu bisa melihat apakah ada aktivitas Whatsapp di perangkat lain atau tidak. Jika ada, tap Log out dari semua perangkat.

2. Uninstall dan reinstall aplikasi Whatsapp

Tips Mengatasi Whatsapp Agar Tidak Mudah di Hack Orang Lain

(foto: blog.results.social)

Cara mengatasi Whatsapp di hack yang selanjutnya adalah dengan meng-uninstall aplikasi. Setelah berhasil, instal kembali aplikasi tersebut melalui Play Store untuk Android atau App Store untuk iOS.

Lalu, login kembali dengan menggunakan akun kamu. Ketika kamu meng-uninstall aplikasi tersebut, akun Whatsapp di perangkat hacker pun akan secara otomatis log out.

Ketika dia ingin login kembali, hacker tersebut harus memasukan password Two-step verification, selain kode OTP yang dikirim melalui sms.

3. Aktifkan two-step verification

Tips Mengatasi Whatsapp Agar Tidak Mudah di Hack Orang Lain

(foto: Whatsapp)

Setelah berhasil login ke akun Whatsapp kamu, jangan lupa untuk mengaktifkan fitur two-step verification. Fitur ini akan membuat akun kamu lebih aman.

Dengan mengaktifkan fitur ini, siapapun yang ingin mengakses akun Whatsapp kamu akan selalu dimintai password terlebih dahulu.

Disarankan untuk membuat password yang sulit ditebak, hindari menggunakan nomor rumah, tanggal ulang tahun, dan informasi yang mudah ditebak lainnya.

Untuk mengaktifkan fitur ini, kamu bisa membuka Settings Whatsapp > Account > Two-step verification.

Baca juga:

4. Jangan membuka tautan sembarangan

Tips Mengatasi Whatsapp Agar Tidak Mudah di Hack Orang Lain

(foto: iphonehacks)

Ada banyak cara seseorang membajak akun kamu. Salah satu yang paling umum adalah melalui link atau tautan yang dikirim baik melalui email, pesan Whatsapp sendiri, dan sebagainya. Hati-hati dalam membuka link yang dikirim tersebut, perhatikan domainnya apakah mencurigkan atau tidak.

Ada satu kasus, seseorang menerima email yang seakan-akan berasal dari Paypal yang mengatakan bahwa mereka terlah mengupdate sistem keamanan baru dan meminta dia untuk login menggunakan username dan password Paypal-nya melalui link yang mereka kirimkan.

Apabila tidak hati-hati dan terburu-buru, mungkin dia bisa langsung menuruti perintah email tersebut dan login. Tetapi, setelah diamati dan diperhatikan domain dari URL yang dikliknya, ternyata bukan domain resmi dari Paypal.

Jadi, berhati-hatilah dalam membuka tautan. Jika ragu, sebaiknya abaikan atau langsung delete saja emailnya.

5. Cek Aplikasi di smartphone

Tips Mengatasi Whatsapp Agar Tidak Mudah di Hack Orang Lain

(foto: zdnet)

Selain melalui email, hacker juga bisa membajak akun kamu melalui aplikasi smartphone. Coba cek di smartphone kamu, apakah ada aplikasi yang mencurigakan atau aplikasi yang kamu sendiri merasa tidak pernah menginstallnya. Segeralah uninstall aplikasi tersebut dari ponsel kamu.

6. Install Incoming Call Lock

Tips Mengatasi Whatsapp Agar Tidak Mudah di Hack Orang Lain

(foto: amazon)

Cara lain seseorang membajak messenger app atau bahkan mengontrol keseluruhan ponsel kamu adalah dengan meng-hack nya melalui panggilan Whatsapp.

Bagaimana cara mengatasi Whatsapp di hack dengan cara ini? Kamu bisa menginstall aplikasi Incoming Call Lock yang bisa kamu temukan di Play Store.

7. Install Anti Virus

(foto: digitaltrends)

Cara mengatasi Whatsapp di hack yang paling jitu adalah dengan menginstall antivirus atau Whatsapp lock di handphone.

Ada banyak aplikasi antivirus atau Whatsapp lock yang bisa kamu temukan melalui App Store atau Play Store, seperti Whatsapp Lock, AppsLock, Security Master, dan sebagainya.

Beberapa diantaranya ada yang tidak hanya bisa mengamankan aplikasi Whatsapp saja, tetapi juga aplikasi pesan lainnya dan media sosial yang ada di ponsel kamu.

Bahkan, ada aplikasi yang bisa memberikan kemananan untuk keseluruhan aktvitas smartphone kamu. Salah satu yang direkomendasikan adalah Security Master untuk Android.

Demikianlah beberapa cara mengatasi Whatsapp yang dibajak. Semoga bermanfaat dan bisa membantu mengembalikan privasi kamu.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *