Connect with us

Tips

Tips Memilih Laptop untuk Bermain Game

Published

on

Tips Memilih Laptop untuk Bermain Game
laptop game Aero. (foto: engadget)

Tips Memilih Laptop untuk Bermain Game – Ada banyak merek dan model laptop dengan berbagai spesifikasi yang bisa kamu temukan di pasaran. Kamu bisa memilih sesuai dengan budget dan kebutuhan. Tetapi, ketika berbicara mengenai laptop untuk game, ada beberapa hal utama yang wajib kamu pertimbangkan. Game yang sedang kita bicarakan disini bukan game-game ringan seperti Candy Crush atau World of Warcraft, tetapi game dengan level cukup berat. Sebelum memutuskan untuk membeli laptop untuk bermain game, sebaiknya ikuti tips memilih laptop gaming berikut ini. Tips ini dilansir dari beberapa sumber terpercaya, seperti Laptopmag dan techraptor.

1. Ukuran layar

Tips Memilih Laptop untuk Bermain Game

laptop game Origin EVO15-S (foto: ign)

Mari kita mulai dengan membahas bagian luar terlebih dahulu, yaitu mengenai ukuran layar. Pemilihan ukuran layar ini tergantung salah satunya kepada kebiasaan kamu sehari-hari. Jika kamu tipe orang yang “mobile” atau sering bepergian, sebaiknya memilih ukuran layar yang sedang, sekitar 14 – 15 inch. Laptop gaming ukuran tersebut dirasa paling pas, karena tidak terlalu besar dan berat untuk dibawa kemanapun. Ukuran 13 inch memang lebih nyaman untuk dibawa, tetapi pengalaman bermain game akan kurang kamu dapatkan. Sedangkan, laptop gaming 17 – 18 inch memang bisa memberikan pengalaman bermain yang maksimal, tetapi lebih cocok untuk digunakan di dalam rumah saja. Misal, jika kamu bosan bermain di kamar, kamu bisa memindahkan laptop tersebut ke ruang tamu.

Baca juga: Rekomendasi 5 Laptop untuk Bermain Game

2. Grafik

Tips Memilih Laptop untuk Bermain Game

Nvidia GeForce GTX 1060 (foto: trustedreviews)

Grafik atau GPU adalah kunci utama dalam memilih laptop gaming. Dalam hal ini, GPU adalah salah satu investasi terbesar karena dialah yang mengendalikan seberapa baik performa game di dalam laptop. Game-game berat mungkin tidak akan bisa dimainkan dilaptop biasa, atau jika dipaksaka bisa merusak laptop tersebut. Itu karena GPU yang terdapat pada laptop biasa tidak kuat memikul tugas yang diberikan game berat tersebut. Oleh karena itu, diperlukan GPU khusus yang lebih kuat untuk keperluan bermain game berat. Kebanyakan laptop gaming menggunakan GPU Nvidia.

Untuk game-game dengan level menengah seperti Mass Effect: Andromeda dan Witcher 3, Nvidia GeForce GTX 1060 dan Nvidia GeForce GTX 1050/1050 Ti pilihan yang tepat. Sedangkan untuk game yang lebih berat, kamu bisa memilih laptop dengan Nvidia GeFore GTX 1070. GPU ini juga sudah mendukung VR game. Laptop dengan Nvidia GeForce GTX 1080 sangat baik untuk memainkan high-end game seperti Raise Of Tomb Raider. GPU ini akan menghasilkan grafik yang mulus pada monitor dan sangat mendukung game VR tentunya.

3. CPU dan RAM

Tips Memilih Laptop untuk Bermain Game

Intel Core i7 6700 3.4 GHz Quad Core. (foto: youtube)

GPU memang kunci utama dalam tips memilih laptop gaming, tetapi CPU dan RAM juga tidak kalah pentingnya. CPU dan RAM ini diibaratkan sebagai otak dari laptop, sedangkan GPU adalah tubuh fisik yang mengerjakan tugas-tugas berat yang telah dikalkulasi oleh CPU (otak). Kamu bisa mempertimbangkan hal-hal berikut ketika memilih CPU dan RAM pada laptop.

  • Pilih laptop yang memiliki setidaknya Intel CPU generasi ke 6 (6th-gen). Kamu bisa mengenali dari angka pertama yang tertera pada kode chip ID. Misal, Core i5-6200U). Akan lebih baik jika kamu memilih generasi terbaru dari Intel CPU.
  • Intel Core i5 adalah CPU yang paling rendah yang bisa kamu pertimbangkan ketika memilih laptop gaming. Akan lebih baik jika kamu memilih Core i7.
  • Jika kamu memutuskan untuk memilih Core i7, pilihlah quad-core chip daripada dual-core.
  • Perhatikan Clock Speed nya. Semakin tinggi angka yang diberikan, semakin besar pula kecepatannya. Misal, 3,5 GHz-Core i5 lebih cepat daripada 2,6 GHz-Core i5.
  • Pilihlah laptop yang memiliki RAM paling sedikit 8 GB, jangan kurang dari itu.

Baca juga: 7 Aplikasi Edit Foto Terbaik 

4. Display

Tips Memilih Laptop untuk Bermain Game

Dell Inspiron 15 7000 Gaming Laptop 15.6 4K UHD 3840 x 2160 Display. (foto: pinterest)

Apalah artinya laptop dengan kualitas grafik yang sangat bagus jika tidak didukung oleh kualitas display. Resolusi minimal yang bisa kamu pertimbangkan adalah 1920 x 1080. Jika ingin mendapatkan pengalaman bermain game yang lebih baik lagi, kamu bisa pilih laptop dengan kualitas layar QHD (2560 x 1440) dan 4K (3840 x 2160).

Baca juga: Dygma Raise, Keyboard Khusus Game Dapat Dipisah 2 Bagian

5. Hal-hal lain yang perlu dipertimbangkan

Tips Memilih Laptop untuk Bermain Game

Keyboard Dygma Raise khusus buat bermain game. (foto: as)

Selain poin-poin di atas, hal-hal lain yang juga cukup pendting dalam tips memilih laptop gaming diantaranya: kualitas audio, keyboard, dan baterai. Kamu bisa cek kualitas speaker laptop yang kamu incar, sebelum memutuskan unutk membeli. Pastikan suaranya jernih dan volumenya cukup baik. Cek juga keyboard dan touch padnya. Pastikan keduanya nyaman untuk bermain game. Satu hal lagi yang perlu kamu pertimbangkan, yaitu budget. Kamu mungkin tidak akan mendapatkan laptop gaming terbaik, terutama jika budget kamu terbatas. Tetapi, setidaknya kamu mendapatkan yang terbaik di kelasnya.

Semoga dengan tips memilih laptop gaming di atas, bisa membantu kamu mendapatkan laptop yang paling tepat. Share ke teman-temanmu tips jika jika bermanfaat ya.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *