Connect with us

games

3 Negara Timur Tengah Ini Larang Permainan PUBG

Published

on

Benarkah Negara Timur Tengah Larang Permainan PUBG? Ini penjelasannya

Salah satu Negara di wiliyah Timur Tengah, Pakistan telah melarang Permainan PUBG dinikmati oleh masyarakatnya. Perdana Menteri Pakistan Imran Khan menyampaikan beberapa keprihatinannya atas permainan PUBG yang cenderung mengajarkan tindakan kekerasan. Pakistan telah melarang adanya PUBG sejak awal April. Kemudian Iran, Tiongkok dan India juga resmi melarang permainan PUBG pada 12 April.

Pada umunya, ke empat Negara berdalih bahwa game yang diluncurkan sejak tahun 2016 ini memberikan dampak negative berupa peperangan yang dapat diterapkan didunia nyata oleh anak. Namun, secara spesifik tentunya setiap Negara memiliki alasan yang berbeda. Berikut ulasannya!

1. Bagi Irak PUBG Berbahaya untuk Keamanan, Kesehatan dan Budaya

3 Negara Timur Tengah Ini Larang Permainan PUBG

(foto: Forbes)

Pada Awal April, Irak secara resmi melarang PUBG. Parlemen Irak menjelaskan, permainan elektronik PUBG akan memberikan dampak negative pada kesehatan, budaya dan keamanan masyarakat Irak, termasuk ancaman social dan moral pada anak- anak dan pemuda.

Irak menilai game yang dibuat oleh perusahaan Korea Selatan ini merepresentasikan sebuah konflik yang telah terjadi selama beberapa decade ini. Yang terbaru adalah pertempuran tiga tahun melawan kelompok Jihadis Negara Islam. Parlemen Iraq dengan tegas menyebut bahwa video permaianan PUBG berisikan hasutan kekerasan.

Beberapa media Irak mengklaim bahwa kecanduan bermain PUBG telah menyebabkan perselisihan perkawinan dan bahkan perceraiaan. Game yang diciptakan oleh perusahaan Korea Selatan Bluehole Inc ini telah diunduh lebih dari 360 Juta kali diseluruh dunia sejak rilis pada akhir 2017.

Menurut Bank Dunia, pengguna game ini terdiri dari 17 persen pria muda dan 27 persen wanita muda menganggur. Sekitar 60 persen dari hamper 40 juta penduduk Irak berusia dibawah 25 tahun.

Baca juga:

2. PUBG di India menyebabkan kesakitan Psikologi Bagi Anak- Anak

Benarkah Negara Timur Tengah Larang Permainan PUBG? Ini penjelasannya

(foto: fprbes)

India telah resmi melarang adanya PUBG sejak awal Januari. Pelarangan ini masih berlaku pada empat kota di India, diantaranya Rajkot, Bhavnagar, Gir Somnath dan Surat. Pelarangan ini disebabkan karena PUBG membuat candu pada pemainnya, sehingga lalai dengan sekitarnya. Parahnya, candu permainan PUBG di India mengakibatkan beberapa remaja tewas.

Ada yang tewas lantaran sakit leher yang disebabakan bermain PUBG non stop selama 45 hari, ada yang tewas karena tertabrak kereta api saat asyik- asyiknya bermain game PUBG. Tak hanya itu, beberapa remaja nekat menjelaskan permain PUBG pada lembar jawaban saat ujian masuk universitas. Hasilnya, ia terdepak dari universitas yang dipinangya.

Di India, larangan bermain PUBG telah dimaksukan pada tindakan melanggar hokum KUHP. Adanya kebijakan ini bukan lantas pemain PUBG akan langsung ditangkap, melainkan mereka akan ditangkap jika mereka menunjukan perilaku kekerasan atau melalaikan sesuatu sebagai akibat dari permainan PUBG.

3. Nepal Melarang PUBG Untuk Batasi Anak Agar Tidak Kecanduan

Benarkah Negara Timur Tengah Larang Permainan PUBG? Ini penjelasannya

(foto: forbes)

Dipertengahan April, Nepal juga ikut melarang PUBG. Alasan pelarangannya tak jauh berbeda dengan Negara- Negara sebelumnya, yakni sebagai bentuk ke khawatiran Negara pada perkembangan psikologi anak. Untuk menghindari kecanduan yang berlebih pada PUBG.

Banyak wali murid dan pihak guru yang mengadukan dampak negative kecanduan ini pada kepolisian Nepal. Mereka mengeluh jika PUBG mempengaruhi studi anak- anak dan membuat anak- anak semakin bersikap agresif.

Dalam pelaranganya, pemerintah Nepal melibatkan sejumlah psikiater untuk bisa mengontrol dan melayani konsultasi perkembangan psikologi anak- anak yang dilarang bermain PUBG. Beberapa psikiater juga menegaskan bahwa kekerasan dalam permainan dapat menyebabkan seseorang lebih bersifat agresif di dunia nyata.

Pada umumnya, ketiga Negara tersebut memiliki alasan yang nyaris sama dalam pelarangan adanya PUBG. Negara- Negara tersebut khawatir dengan dampak psikologi yang ditimbulkan pada anak, apalagi dengan beberapa kejadiaan naas yang telah terjadi. Ingat, sesungguhnya tidak ada larangan apapun dalam bermain game, selagi kamu tidak berlebihan.

Loading...