Mobil Otonom Untuk Mengirim Barang Buatan Mantan Insinyur Google

, , 2 Comments

Perkembangan kendaraan otonom sudah sangat pesat. Tujuan pengembangan kendaraan tanpa pengemudi ini adalah untuk memudahkan manusia. Kendaraan seperti mobil yang memiliki mode otonom sangat membantu pengemudi yang kelelahan ketika berkendara. Dengan mengalihkan mobil ke mode otonom, pengemudi yang kelelahan dapat beristirahat dan mobil tetap dapat melaju di jalan raya yang padat sekalipun tanpa khawatir kecelakaan.

Di Amerika, sepasang mantan teknisi Google ini memilih untuk berhenti bekerja di Google dan memilih membuat perusahaan untuk mengembangkan mobil otonom. Mobil otonom buatan mereka berdua diberi nama Nuro. Mobil otonom buatan mereka digunakan  untuk mengantar barang bukan untuk  mengantarkan penumpang. Nuro diperkiran akan secara resmi digunakan di jalan raya pada tahun 2022

Berikut ini beberapa penampakan dan kelebihan mobil otonom Nuro.

1. Didirikan oleh mantan insunyur Google.

Mantan Insinyur Google Membuat Mobil Otonom Untuk Mengirim Barang
Dave Ferguson (kiri) dan Jiajun Zhu (kanan)

 

Nuvo adalah kendaraan otonom khusus yang didirikan oleh Dave Ferguson dan Jiajun Zhu. Mereka berdua adalah mantan insinyur Google pada bidang robotika dan sistem machine learning. Pada tahun 2016, mereka berdua memutuskan untuk berhenti bekerja dan saling bekerja sama membuat mobil otonom dengan keahlian robotika dan AL (kecerdasan buatan) yang mereka miliki.

2. Nuro dirancang untuk mengantar barang.


Sepasang mantan insinyur Google membuat  perusahaan startup bernama Nuro.ai. Perusahaan yang berlokasi di Los Angeles ini fokus membuat mobil otonom yang dirancang bukan untuk mengantar manusia ke tujuan mereka, tapi untuk mengangkut dan mengantarkan barang-barang belanjaan atau mengirim paket ke rumah-rumah.

3. Memiliki desain yang unik.


Nuro memiliki desain kotak yang unik, memiliki tinggi seperti mobil sedan dan lebarnya lebih kecil setengan kali mobil sedan. Kecepatan mobil diatur agar lebih lambat dari mobil biasanya.

Memiliki dua buah bagasi yang terletak di sisi sebelah kanan. Bentuk bagian dalam bagasi dapat diatur sedemikian rupa agar sesuai dengan barang yang dibawa. Untuk membuka bagasi, para pengguna harus menginstal aplikasi khusus yang akan memberika kode untuk membuka bagasi kendaraan sehingga dapat mengambil barang mereka.

Baca juga:

4. Memilki sensor yang sangat peka.


Mobil ini sama sekali tidak memerlukan instruksi dari manusia. Dalam kebanyakan situasi, pergerakan Nuro bergantung pada hasil pemetaan yang dilakukan oleh sensor otonom diatas mobil yang terdiri dari kamera dan radar yang dapat berputar.

Sensor yang dimiliki bekerja sangat baik. Tidak hanya bereaksi terhadap kendaaran disekitarnya dan pejalan kaki, namun juga dapat memahami lampu lalu lintas dan tanda berhenti di jalan raya.

5. Kendaraan sepenuhnya menggunakan tenaga listrik, sehingga tetap ramah lingkungan. 

Para pembuatnya sangat tahu bahwa dimasa depan semua kendaraan harus ramah lingkungan, sehingga asupan energi pada mobil sepenuhnya menggunakan tenaga listrik.


 

2 Responses

Leave a Reply