Connect with us

Gadget

Rekomendasi Teknologi yang Akan Memudahkan Proses Ibadah Haji

Published

on

Rekomendasi Teknologi yang Akan Memudahkan Proses Ibadah Haji

Ibadah Haji dan Umroh merupakan salah satu ritual ibadah umat islam yang dilakukan dengan mengunjungi Ka’bah di kota suci Mekkah, Arab Saudi.

Tidak hanya umat islam yang berasal dari Indonesia saja, melainkan juga dengan jutaan umat islam lain dari seluruh dunia baik dari Benua Asia, Australia, Afrika, Eropa, hingga Amerika.

Dengan tumpah ruahnya jutaan orang di tempat yang sama dalam waktu bersamaan sedikitnya pernah mengalami bebeberapa peristiwa kasus kecelakaan seperti berdesak-desakan hingga menyebabkan kematian, hingga tersesat dan terpisah dari rombongan jamaah lainnya.

Munculnya permasalahan saat pelaksanaan ibadah haji membuat beberapa perusahaan swasta hingga otoritas pemerintah Arab Saudi meluncurkan berbagai inovasi produk teknologi berupa gadget yang diharapkan mampu menjadi solusi untuk mengatasi hal tersebut. Beberapa produk

1. Gelang Elektronik (e-Bracelet)

Rekomendasi Teknologi yang Akan Memudahkan Proses Ibadah Haji

(foto: islamhashtag)

Semenjak peristiwa desak-desakan jamaah haji di Mina yang terjadi pada tahun 2015 dan menyebabkan tewasnya ratusan jamaah haji membuat pemerintah setempat Arab Saudi berinisiatif mengembangkan gadget teknologi terbaru berupa gelang elektronik (e-bracelet) demi meningkatkan kualitas layanan kepada jamaah haji.

Gelang elektronik besutan pemerintah Arab Saudi tersebut sudah dibenamkan sebuah chip yang menyimpan segala informasi jamaah haji mulai dari identitas jamaah yang memakainya, nomor visa, nomor paspo, alamat, hingga informasi status kesehatan yang diharapkan dapat mempermudah proses identifikasi dan pemberian layanan medis yang cepat dan tepat.

Selain menyimpan infrormasi medis para jamaah, gelang elektronik ini juga memiliki fitur berupa pengingat waktu shalat. Gadget ini juga bisa digunakan sebagai helpdesk untuk memandu jamaah haji yang tidak bisa Bahasa Arab dan juga fitur GPS.

Kabar baiknya juga adalah gelang elektronik ini juga sudah menggunakan teknologi water resisitant atau tahan terhadap air sehingga gadget ini masih akan berfungsi dengan baik meskipun dibawa dalam kondisi hujan atau berwudhu.

2. Smartphone dengan aplikasi panduan haji yang sudah terinstal

Rekomendasi Teknologi yang Akan Memudahkan Proses Ibadah Haji

(foto: play.google)

Smartphone sudah sepatutnya menjadi gadget yang harus dibawa oleh jamaah haji. Selain berfungsi sebagai alat komunikasi dengan keluarga di tanah air, smartphone juga bisa digunakan para jamaah haji sebagai pemandu selama ibadah haji. Dengan menginstal aplikasi Panduan Digital Haji dan Umroh para jamaahakan terbantu dengan beragam fitur yang dimilikinya.

Fitur-fitur pada Aplikasi Panduan Digital Haji dan Umroh antara lain Playlist Doa yang berisikan kumpulan doa-doa selama Ibada Haji seperti niat ibadah haji dan umroh, doa ketika ihram, doa masuk kota mekkah, doa saat melihat ka’bah, doa memasuki Masjidil Haram, hingga doa saat ibadah Tawaf.

Fitur jadwal rangkaian ibadah Haji dan Umroh sebagai pemandu sekaligus pengingat mengenai jadwal jamaah haji mulai dari sebelum berangkat yaitu di Indonesia, selama ibadah di Mekkah, hingga kepulangan kembali ke tanah air.

Dilengkapi pula fitur akomodasi yang menginformasikan secara detail mengenai lokasi hotel, jadwal penerbangan, hingga urusan konsumsi selama ibadah Haji.

Terdapat pula fitur seperti penerjemah Bahasa Arab kedalam Bahasa Indonesia yang tentunya akan sangat berguna sebagai alat bantu komunikasi dengan masyarakat sekitar ataupun membaca petunjuk jalan selama di Arab Saudi.

Fitur yang tak kalah penting fungsinya adalah GPS Tracke yang sangat berguna untuk melacak keberadaan sesama rombongan jamaah sehingga mencegah kamu sebagai jamaah tersesat selama berada di sana. Selain itu terdapat pula fitur Konversi Nilai Tukar Rupiah-Riyal, Informasi Cuaca, hingga berbagai artikel menarik dan ringan seputar ibadah haji dan umroh.

Aplikasi-aplikasi Panduan Haji dan Umroh Digital yang dapat kamu instal di smartphone antara lain Aplikasi Labbaik, Aplikasi Haji Pintar, Go-Hajj, hingga iMabrur.

Baca juga:

3. Kafya, payung pintar serbaguna bertenaga Surya – Smart “Kafya” Umbrella

Rekomendasi Teknologi yang Akan Memudahkan Proses Ibadah Haji

(foto: launchgood)

Seperti deketauhi bahwa cuaca di Arab Saudi terkenal ekstrim, saat siang suhunya sangat panas hingga mencapai 48-50 derajat Celsius.

Tentunya hal tersebut dapat menimbulkan gangguan kesehatan kepada para jamaah haji. Selain dianjurkan untuk memperbanyak minum air putih, para jamaah haji juga dianjurkan untuk membawa payung saat bepergian.

Untungnya sebuah perusahaan yang berasal dari Arab Saudi dan Palestina telah membuat gadget berupa Payung Pintar Serbaguna yang menggunakan tenaga surya sebagai sumber dayanya yang diberi nama Kafya.

Payung Pintar ini telah dilengkapi dengan kipas, lampu senter, hingga sistem navigasi untuk membantu jamaah selama melakukan ibadah haji.

Kafya mengubah energi dari sinar matahari menjadi listrik dengan menggunakan panel sel surya yang terpasang di bagian permukaan atas payung pintar ini. Energi listrik inilah yang menjadi sumber daya untuk mengaktifkan beberapa fitur di dalamnya.

Terdapat tiga buah port USB yang dapat digunakan untuk mengisi daya gadget kamu seperti smartphone, laptop atau gadget elektronik lainnya.

Fitur GPS yang tersemat dalam Kafya ini akan sangat membantu para jamaah haji tetap dalam satu pengawasan dan berada dalam rombongan sehingga mencegah terjadinya tersesat saat ibadah haji.

4. Jam pintar dengan GPS tracker – Hajj GPS Watch PT80

Rekomendasi Teknologi yang Akan Memudahkan Proses Ibadah Haji

(foto: pinterest)

Produk jam tangan pintar besutan perusahaan teknologi asal negeri tirai bambu, China, brand ThinkRace, menjadi salah satu gadget yang kami rekomendasikan kepada kamu saat akan berangkat ibadah Haji dan Umroh.

Sesuai dengan nama seri produknya, Hajj GPS Watch PT80, Jam pintar ini memang didesain khusus untuk memenuhi kebutuhan para jamaah selama melakukan ibadah haji selama di tanah suci Mekkah.

Fitur-fitur yang dimiliki jam pintar ini antara lain fungsi komunikasi yang menggunakan kartu SIM sehingga bisa digunakan layaknya smartphone seperti menelpon dengan handsfree, hingga menyimpan nomor kontak yang sebelumnya sudah dintegrasi.

Fitur Remote Monitor berfungsi untuk digunakan untuk menghubungkan antara jamaah dengan pemandu haji di sana. Begitu juga ada fitur Emergence SOS yang sangat vital dan dapat digunakan apabila jamaah pengguna jam pintar ini mengalami keadaan darurat.

Uniknya jam pintar ini juga dilengkapi dengan fitur Step Motion Meter yang mampu menghitung berapa jarak tempuh berjalan yang dilakukan pemakainya.

Fitur Calories Calculation juga dapat menghitung asupan kalori yang masuk dan keluar oleh penggunanya. Jadi aspek kesehatan dari pengguna jam pitar ini dapat dipantau dengan baik dengan menggunakan jam pintar ini.

Fitur GPS tentunya menjadi fitur yang tidak terlupakan untuk juga dibenamkan dalam gadget ini. Dengan adanya fitur GPS ini, kamu sebagai penggunanya dapat memantau lokasi sekitar kamu berada.

Selain itu dapat juga digunakan untuk melacak lokasi teman lainnya sehingga mencegah terpisah dari rombongan jamaah haji dan umroh lainnya.

Jam pintar ini dipersenjatai dengan baterai berkekuatan 400 mAh yang memiliki waktu stand by hingga 100 jam sehingga mampu menemani semua kegiatan kamu selama ibadah haji.

5. Tasbih Digital

Rekomendasi Teknologi yang Akan Memudahkan Proses Ibadah Haji

(foto: elevenia)

Dalam ritual ibadah Haji dan Umroh sudah semestinya kegiatan berdzikir dilakukan setiap saat. Untuk memudahkan dalam menghitung lafadz dzikir para jamaah haji menggunakan alat tasbih.

Di era dengan perkembangan teknologi yang semakin maju saat ini, tasbih sudah banyak berevolusi menjadi tasbih digital. Alat ini dilengkapi dengan penghitung digital yang akan menghitung setiap lafaz dzikir yang kita ucapkan saat alat tersebut ditekan tombolnya.

Bentuknya yang kecil dan sangat pas digenggam menjadikan alat ini kami rekomendasikan sebagai gadget yang cocok dibawa saat ibadah Haji maupun Umroh.

6. Al-Qur’an digital dengan talking pen

Rekomendasi Teknologi yang Akan Memudahkan Proses Ibadah Haji

(foto: al-qolam)

Membaca Al Qur’an sudah seharusnya menjadi rutinitas yang dilakukan para jamaah Haji dan Umroh baik waktu senggang maupun saat pelaksanaan ibadah itu sendiri. Nah bagi yang masih kesulitan membaca Al-Qur’an, maka kami rekomendasikan gadget berupa Al-Qur’an Digital dengan Talking Pen.

Dengan gadget ini anda bisa membaca Al-Qur’an sambil mendengarkan bacaan Al-Qur’an dari berbagai qori baik nasional maupun internasional.

Dengan demikian pelaksanaan ibadah Haji maupun Umroh menjadi lebih khusu’, dan mengharap banyak limpahan kebaikan Allah melalui kegiatan membaca Al-Qur’an pada saat pelaksanaan ibadah Haji dan Umroh.

Penggunaan gadget memang diperuntukkan untuk memudahkan dan memperlancar segala aktivitas ibadah haji dan umroh. Namun penggunaanya juga perlu diperhatikan dengan bijak sehingga tidak meninggalkan esensi Haji dan Umroh yang sebenarnya yaitu untuk kegiatan beribadah. Semoga artikel ini bermanfaat.

Loading...

TERBARU

6 Aplikasi yang Wajib Untuk Mahasiswa 6 Aplikasi yang Wajib Untuk Mahasiswa
Aplikasi3 days ago

6 Aplikasi yang Wajib Dimiliki Mahasiswa

Untuk mencapai hidup yang lebih fleksibel, terdapat beberapa aplikasi smartphone yang wajib dimiliki mahasiswa. Tentunya, aplikasi tersebut dapat mempermudah urusan...

Begini Canggihnya Goal Line Technology Untuk Meyakinkan Keabsahan Goal Begini Canggihnya Goal Line Technology Untuk Meyakinkan Keabsahan Goal
Inovasi3 weeks ago

Begini Canggihnya Teknologi Goal Line Untuk Meyakinkan Keabsahan Gol

Keterbatasan pengamatan wasit seringkali melahirkan kontroversi keabsahaan sebuah goal. Beberapa keputusan kontroversi atas sebuah gol pada sejumlah pertandingan sepak bola...

Spesifikasi Laptop HP Spectre 13 Ultrabook yang Memiliki Desain Super Tipis Spesifikasi Laptop HP Spectre 13 Ultrabook yang Memiliki Desain Super Tipis
Gadget3 weeks ago

Spesifikasi Laptop HP Spectre 13 Ultrabook yang Memiliki Desain Super Tipis

Banyak orang yang menginginkan laptop dengan desain yang super tipis karena bobotnya yang ringan dan juga mudah untuk dibawa ke...

Ingin Sehat? Gunakan 4 Aplikasi Andorid Ini untuk Kontrol Kesehatan Kamu Ingin Sehat? Gunakan 4 Aplikasi Andorid Ini untuk Kontrol Kesehatan Kamu
Aplikasi1 month ago

Ingin Sehat? Gunakan 4 Aplikasi Andorid Ini untuk Kontrol Kesehatan Kamu

Di zaman yang serba digital ini, mengontrol kesehatan tubuh dapat dilakukan melalui aplikasi yang telah tersedia di dalam Adroid ataupun...

Ada banyak game online bertebaran di internet, namun tidak semua cocok dan sesuai untuk dimainkan anak- anak. Tidak bisa dipungkiri lagi, kehadiran gadg Ada banyak game online bertebaran di internet, namun tidak semua cocok dan sesuai untuk dimainkan anak- anak. Tidak bisa dipungkiri lagi, kehadiran gadg
games1 month ago

4 Game yang Cocok Dimainkan Anak-Anak

Ada banyak game online bertebaran di internet, namun tidak semua cocok dan sesuai untuk dimainkan anak- anak. Tidak bisa dipungkiri...

6 Tips Agar Tidak Tertipu Pesan Hoax di Whatshapp 6 Tips Agar Tidak Tertipu Pesan Hoax di Whatshapp
Tips1 month ago

6 Tips Agar Tidak Tertipu Pesan Hoax di Whatshapp

Tak jarang, informasi yang disebarkan melalui whatshapp memuat berita hoax. Hoax adalah informasi salah yang disamarkan sebgai kebenaran.Whatshapp dinilai lebih...

Spesifikasi dan Harga Laptop Acer Terbaru Versi Gaming yang Gahar Spesifikasi dan Harga Laptop Acer Terbaru Versi Gaming yang Gahar
Gadget1 month ago

Spesifikasi dan Harga Laptop Acer Terbaru Versi Gaming yang Gahar

Bermain game merupakan hobi kebanyakan orang yang memakai gadget apa pun untuk bermain kesukaannya, entah itu di PS 4, Nintendo...

Harga dan Spesifikasi Oppo F9 Pro Unggulan Harga dan Spesifikasi Oppo F9 Pro Unggulan
Gadget2 months ago

Harga dan Spesifikasi Oppo F9 Pro Unggulan

OPPO F9 Pro dirumorkan akan melengkapi daftar smartphone seri F dari produsen asal Tiongkok, Oppo. F9 Series yang satu ini...

4 Kelebihan yang Dimiliki Oleh Xiaomi Redmi Go 4 Kelebihan yang Dimiliki Oleh Xiaomi Redmi Go
Gadget3 months ago

4 Kelebihan yang Dimiliki Oleh Xiaomi Redmi Go

Setelah meluncurkan beberapa versi terbaru Xiaomi tahun 2019 yaitu Redmi Note 7, kali ini Xiaomi meluncurkan versi yang terbaru dan...

Cara Menyembunyikan Foto dan Status Profil Whatsapp dari Kontak Tertentu Cara Menyembunyikan Foto dan Status Profil Whatsapp dari Kontak Tertentu
Tips3 months ago

Cara Menyembunyikan Foto dan Status Profil Whatsapp dari Kontak Tertentu

WhatsApp adalah salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan. Beberapa bulan yang lalu, perusahaan menambahkan beberapa fitur baru seperti verifikasi...