Connect with us

Inovasi

Inilah Teknologi yang Membuat Animasi Film Hollywood Jadi Terlihat Nyata

Published

on

(foto: nmit)

Dewasa ini, teknologi mengalami perkembangan yang pesat. Bukan hanya di industri gadget, komputer, dan produk elektronik, tetapi juga dalam industri perfilman terutama industri perfilm hollywood, seperti Hulk, Spiderman, Avangers, Avatar dan sebagainya.

Teknologi yang dimanfaatkan dalam industri perfilman memungkinkan adanya visual effect yang nyata seolah-olah adegan dalam film benar-benar terjadi.

Teknologi seperti apa sih yang digunakan oleh para pembuat film? Berikut ini kami berikan ulasannya.

1. Computer Generated Imagery

Inilah Teknologi yang Membuat Animasi Film Hollywood Jadi Terlihat Nyata

(foto: greenlightpix)

Adalah CGI (Computer Generated Imager), sebuah teknologi grafis 3D komputer untuk menghasilkan efek khusus.

CGI umumnya digunakan dalam film, program TV, maupun dalam simulator. Sebut saja beberapa film terkenal seperti Spiderman, The Lord of the Rings, Hulk, King Kong, Iron Man, Transformers, The Dark Knight dan masih banyak lagi.

CGI dapat menghasilkan efek visual pada adegan film dengan lebih terkontrol, bahkan memungkinkan pembuatan konten adegan tanpa menggunakan aktor.

Memanfaatkan software komputer seperti 3ds Max, LightWave 3D, open source Blander, maupun Maya, film dapat menyuguhkan tontonan dengan kualitas grafis yang tinggi.

Teknologi ini pada awalnya digunakan pada film Westworld (1973) karya Michael Crichton. Film ini menggunakan teknologi CGI 2D. Kemudian pada sekuelnya Futureworld, teknologi yang digunakan semakin berkembang, yaitu CGI 3D untuk menggambarkan bagian tangan dan wajah.

Selanjutnya teknologi CGI digunakan untuk menghasilkan Death Star dari Star Wars. CGI juga digunakan untuk menghasilkan film The Works pada tahun 1978, dimana CGI digunakan hampir pada keseluruhan film.

Teknologi CGI dapat dimanfaatkan untuk membuat efek-efek pada film seperti:

Baca juga:

Digital resurrection

Inilah Teknologi yang Membuat Animasi Film Hollywood Jadi Terlihat Nyata

(foto: indiewire)

Menggunakan teknologi CGI, face scanning dan motion capture, produsen film dapat membuat tokoh versi virtual. Seperti tokoh General Moff Tarkin dari film Star Wars yang diperankan oleh Peter Cushing yang telah meninggal dunia pada tahun 1994.

Ketika film Star Wars Rogue One dibuat (2016), tokoh General Moff Tarkin dihidupkan kembali dengan memanfaatkan klip lama. Selain General Moff Tarkin, tokoh Brian O’Conner yang diperankan oleh Paul Walker pada film Fast and Furious.

Saat proses syuting masih berjalan, Paul Walker mengalami insiden kecelakaan dan meninggal dunia. Filmnya kemudian dirampungkan dengan membuat Brian O’Conner versi digital memanfaatkan perpaduan teknologi CGI, face scanning, serta motion capture.

Wajah Paul Walker dari beberapa klip lama digunakan dan ditempelkan pada adiknya untuk membuat Paul Walker digital.

Digital de-aging

Inilah Teknologi yang Membuat Animasi Film Hollywood Jadi Terlihat Nyata

(foto: usatoday)

Memunculkan karakter tokoh versi muda maupun tua dalam film biasanya dapat dilakukan dengan mengubah tatanan rambut, maupun make-up yang digunakan oleh aktor.

Namun, saat ini, aktor dengan versi tua atau muda dapat dibuat secara lebih nyata dengan CGI. Misalnya saja Jack Sparrow versi muda ataupun Tony Stark versi muda.

Digital location

Inilah Teknologi yang Membuat Animasi Film Hollywood Jadi Terlihat Nyata

(foto: oss.adm.ntu)

Selain karakter tokoh yang diberi visual effect, lokasi pada film juga diberi efek untuk menghasilkan tampilan lokasi yang lebih nyata.

Efek visual pada lokasi film dapat dibuat pada lokasi yang sudah ada seperti gedung Avengers ataupun gedung Oscorp. Ataupun dapat pula berupa lokasi fiksi yang keseluruhannya dibuat secara digital seperti Pandora dalam Avatar.

Untuk menghasilkan visual effect yang baik pada karakter tokoh, teknologi CGI dipadukan dengan teknologi yang dapat memberikan informasi pergerakan tokoh seperti facial capture maupun performance capture.

2. Facial Capture

Inilah Teknologi yang Membuat Animasi Film Hollywood Jadi Terlihat Nyata

(foto: kinetic)

Salah satu sistem yang saat ini digunakan dalam proses pembuatan facial capture adalah dengan menggunakan helm ringan yang dilengkapi beberapa kamera HD.

Aktor akan berakting menggunakan helm tersebut sehingga kamera pada helm dapat merekam pergerakan wajah aktor.

Informasi ini kemudian diteruskan pada software dan diolah untuk menghasilkan visual digital wajah yang realistis. CGI memungkinkan karakter tokoh dimunculkan melalui visual effect yang lebih nyata.

3. Performance Capture

Inilah Teknologi yang Membuat Animasi Film Hollywood Jadi Terlihat Nyata

(foto: cartoonbrew)

Selain facial capture, ada juga performance capture atau motion capture yang digunakan untuk menghasilkan visual effect karakter tokoh tertentu pada film. Misalnya saja film Final Fantasy (2001) atau The Lord of the Rings dengan tokoh Gollum.

Teknologi yang digunakan dalam performance capture mengharuskan aktor dengan pemain karakter tersebut mengenakan pakaian khusus (special mo-cap) saat berlaga.

Pakaian ini dilapisi dengan reflective dots yang dapat ditangkap oleh kamera. Lokasi reflective dots ini akan digunakan untuk membuat kembali pergerakan aktor secara digital dan diolah dengan visual effect yang sesuai dengan karakter tokoh.

Nah, sekilah informasi mengenai teknologi visual effect yang digunakan dalam film hollywood untuk membuat adegan dan karakter dalam film tampak nyata dan seolah benar-benar terjadi. Keren bukan?

Loading...

TERBARU

4 Kelebihan yang Dimiliki Oleh Xiaomi Redmi Go 4 Kelebihan yang Dimiliki Oleh Xiaomi Redmi Go
Gadget2 weeks ago

4 Kelebihan yang Dimiliki Oleh Xiaomi Redmi Go

Setelah meluncurkan beberapa versi terbaru Xiaomi tahun 2019 yaitu Redmi Note 7, kali ini Xiaomi meluncurkan versi yang terbaru dan...

Cara Menyembunyikan Foto dan Status Profil Whatsapp dari Kontak Tertentu Cara Menyembunyikan Foto dan Status Profil Whatsapp dari Kontak Tertentu
Tips2 weeks ago

Cara Menyembunyikan Foto dan Status Profil Whatsapp dari Kontak Tertentu

WhatsApp adalah salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan. Beberapa bulan yang lalu, perusahaan menambahkan beberapa fitur baru seperti verifikasi...

5 Tips Menggunakan Google My Business (GMB) 5 Tips Menggunakan Google My Business (GMB)
Tips2 weeks ago

5 Tips Menggunakan Google My Business (GMB)

Untuk bisnis lokal, salah satu alat terbaik untuk memasarkan bisnis yang anda miliki adalah Google My Business. Google My Business...

Tips dan Trik Apple Watch yang Belum Kamu Ketahui Tips dan Trik Apple Watch yang Belum Kamu Ketahui
Tips2 weeks ago

Tips dan Trik Apple Watch yang Belum Kamu Ketahui

Baru saja membeli Apple Watch? Lima tips dan trik ini akan membuat jam tangan yang anda pakai lebih bermanfaat. Jika...

Instagram Dapat Memposting Ke Beberapa Akun Sekaligus Instagram Dapat Memposting Ke Beberapa Akun Sekaligus
news2 weeks ago

Instagram Dapat Memposting Ke Beberapa Akun Sekaligus

Untuk menyederhanakan kehidupan para pemilik akun multi-Instagram, perusahaan telah mulai meluncurkan fitur baru yang memungkinkan para pengguna instagram untuk mempublikasikan...

Ini Dia Daftar Emoji Terbaru yang Akan Ditambahkan di 2019 Ini Dia Daftar Emoji Terbaru yang Akan Ditambahkan di 2019
news2 weeks ago

Ini Dia Daftar Emoji Terbaru yang Akan Ditambahkan di 2019

Unicode Consortium meluncurkan daftar emoji terbaru untuk 2019, ada sekitar 230 simbol baru yang ditambahkan. Dalam pembaruan Emoji 12.0, 59...

Buat Yang Suka Liburan , 4 Smartphone ini Cocok Untuk Para Traveller Buat Yang Suka Liburan , 4 Smartphone ini Cocok Untuk Para Traveller
Gadget1 month ago

Buat Yang Suka Liburan, 4 Smartphone Ini Cocok untuk Para Traveller

Untuk para traveller yang suka berpergian pastilah membutuhkan smartphone yang tidak bisa ditinggalkan begitu saja. Karena smartphone bisa berguna untuk...

Cara Mengetahui Aplikasi Android yang Memperlambat Ponsel Cara Mengetahui Aplikasi Android yang Memperlambat Ponsel
Tips1 month ago

5 Tips Mengatasi Smartphone Lambat Karena Banyak Aplikasi

Masalah yang sering terjadi pada smartphone adalah kemampuan yang lambat saat membuka suatu aplikasi yang ada pada smartphone tersebut. Biasanya...

Teknologi Google Assistant Dapat Anda Nikmati di Cermin Kamar Mandi Teknologi Google Assistant Dapat Anda Nikmati di Cermin Kamar Mandi
Gadget1 month ago

Teknologi Google Assistant Dapat Anda Nikmati di Cermin Kamar Mandi

Tampaknya asisten suara digital diciptakan di berbagai hal sekarang ini, dan salah satunya juga dapat hadir di kamar mandi anda....

Hati-Hati dengan WhatsApp Gold, Itu Virus! Hati-Hati dengan WhatsApp Gold, Itu Virus!
Aplikasi1 month ago

Hati-Hati dengan WhatsApp Gold, Itu Virus!

WhatsApp Gold hanya untuk pengguna premium? Itu hanyalah pesan tipuan untuk mengelabui pengguna agar mengunduh virus. Seorang kolega IT telah...