Connect with us

Tips

Ingin Sukses Berjualan Online? Kamu Bisa Ikuti Tips Berikut

Published

on

Ingin Sukses Berjualan Online? Kamu Bisa Ikuti Tips Berikut

Siapapun, tidak mengenal usia, jenis kelamin, dan latar berlakang bisa berjualan online. Semenjak smartphone dan Internet bukan lagi barang mewah, semua orang memiliki peluang untuk berbisnis online. Semakin hari bisnis online shop ini semakin menjamur. Bahkan, tidak sedikit pula orang yang awalnya berstatus sebagai pembeli kemudian mencoba-coba untuk menjadi reseller. Sehingga, jumlah penjual online semakin hari semakin bertambah jumlahnya. Namun, seperti halnya bisnis lainnya, seleksi alam berlaku juga disini. Hanya yang memiliki strategi marketing yang baik yang akan bertahan. Ingin tahu tips sukses berjualan online agar bisa memenangkan persaingan? Berikut ini strategi berjualan online agar sukses dan memenangkang pasar.

1. Tentukan Produk Yang Akan Dijual

Ingin Sukses Berjualan Online? Kamu Bisa Ikuti Tips Berikut

Kamu harus menentukan produk yang akan dijual (foto: problab)

Hampir semua produk yang biasa dijual secara offline, bisa dijual online. Bahkan, tidak hanya produk yang bisa kamu jual. Dengan mudahnya akses dan semakin majunya perkembangan teknologi membuat orang bisa menjual jasa, disamping produk. Diantara sekian banyak pilihan tersebut, sebaiknya kamu memilih satu jenis saja. Selain lebih terlihat profesional, kamu juga bisa lebih maksimal lagi dalam mempelajari produk yang kamu jual. Seorang penjual yang baik seharusnya tahu banyak hal tentang produk yang akan dia jual, termasuk kekurangan barang tersebut.

Mungkin kamu pernah melihat di marketplace, ada toko yang menjual lebih dari satu jenis produk yang sama sekali tidak berkaitan. Misal, mereka menjual sepatu wanita, tetapi juga menjual gadget dan berbagai produk dekorasi rumah. Dari sudut pandang pembeli, apa yang kamu pikirkan tentang toko tersebut?

Ada dua hal yang bisa kamu pilih dalam menentukan produk yang akan dijual. Pertama, memilih produk yang banyak dicari orang dengan resiko jumlah kompetitor yang lebih banyak. Misalnya, produk tas wanita atau produk kecantikan. Kedua, pilih produk yang dengan tingkat pencarian yang lebih sedikit dengan pesaing yang juga lebih sedikit. Contohnya, perlengkapan dekorasi rumah.

Baca juga:

2. Cari Supplier Yang Tepat

Ingin Sukses Berjualan Online? Kamu Bisa Ikuti Tips Berikut

Mencari suplier yang tepat (foto: globaltrademag)

Sebenarnya, ada tiga cara untuk memulai berjualan online, yaitu: memproduksi barang sendiri, membeli stok barang dari supplier atau produsen, dan menjadi droppshier. Ketiganya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Pilihan pertama memiliki modal dan resiko yang sangat besar, tapi sebanding pula dengan keuntungan yang akan didapatnya.

Sebagai pemula, ada baiknya kamu mulai dengan menjadi dropshipper atau reseller biasa. Keduanya memerlukan dukungan supplier yang tepat. Ada beberapa hal yang bisa kamu pertimbangkan dalam mencari supplier yang tepat, yaitu:

  • Perhatikan kualitas produk.
  • Carilah supplier tangan pertama atau produsen langsung yang menawarkan harga termurah.
  • Pastikan mereka memiliki pelayanan yang baik terhadap pelanggannya.

3. Membuat Toko Online

Ingin Sukses Berjualan Online? Kamu Bisa Ikuti Tips Berikut

Membuat toko online (foto: blog.1worldsyn)

Tips sukses berjualan online berikutnya adalah membuat toko online. Ya, tentu saja. Dimana kamu bisa menjual produk-produk tersebut secara online jika tidak memiliki toko. Kamu bisa membuka toko online dengan membuat akun diberbagai marketplace terkenal, media sosial, atau melalui messenger app.

Pertama, tentukan nama toko online yang menarik, tidak terlalu panjang, dan mudah diingat. Pastikan belum ada orang yang memakai nama tersebut sebelumnya. Selanjutnya, nama ini yang akan menjadi branding toko kamu. Kamu akan menggunakan nama ini ketika membuka akun toko online dimana pun. Dengan demikian, branding image toko kamu akan semakin kuat. Branding image ini sangat penting dalam dunia bisnis dan penjualan.

4. Pasang Harga Bersaing

Ingin Sukses Berjualan Online? Kamu Bisa Ikuti Tips Berikut

Harga bersaing (foto: shoper)

Meskipun produk yang kamu pilih bukan termasuk niche yang terlalu populer seperti produk fashion dan kecantikan, tapi kamu tidak pernah sendirian. Ada banyak toko yang menjual produk yang sama di pasaran, walaupun tidak sebanyak produk yang populer. Salah satu agar bisa unggul dan bertahan didunia online shop adalah dengan memasang harga yang bersaing. Jika memungkinkan pasang harga di bawah harga pasar rata-rata atau setidaknya sama.

5. Pentingnya SEO

Ingin Sukses Berjualan Online? Kamu Bisa Ikuti Tips Berikut

SEO sangat menentukan (foto: boom22)

Bagaimana customer menemukan toko online kamu? Ada banyak cara untuk itu, tapi kebanyakan mereka akan menuliskan kata kunci yang berhubungan produk yang mereka cari melalui mesin pencari seperti Google. Itulah mengapa peran SEO ini sangat penting. Kamu bisa meningkatkan SEO melalui konten. Ketika kamu menuliskan deskripsi produk di marketplace, jangan membuatnya terlalu singkat dengan hanya menuliskan warna, harga, ukuran, dan sebagainya. Cobalah untuk menambahkan konten yang sedikit panjang tetapi menarik dan selipkan kata kunci (keyword). Misal, dengan menambahkan cara merawat produk yang bersangkutan, kelebihan dari bahan yang digunakan, dan sebagainya.

6. Iklan dan Promosi

Ingin Sukses Berjualan Online? Kamu Bisa Ikuti Tips Berikut

Kamu bisa membuat iklan untuk memperkenalkan produkmu (foto: webentangled)

Meningkatkan SEO memang merupakan salah satu cara yang jitu. Namun, kekurangannya adalah memerlukan waktu cukup lama untuk bisa tampil di halaman satu mesin pencari seperti Google. Bisa berbulan-bulan, tergantung seberapa baik strategi SEO tersebut. Tapi, begitu berada di halaman satu, hal ini bisa menghemat biaya iklan.

Bila kamu baru memulai bisnis online shop, memasang iklan berbayar bisa menjadi strategi yang tepat sekali. Dengan begitu toko kamu akan banyak meraih customer dalam waktu singkat. Sebelum kamu memasang iklan, ada baiknya kamu memperbaiki tampilan toko online terlebih dahulu. Selain itu, memberikan promo berupa potongan harga atau bonus bisa lebih menarik customer untuk berkunjung dan berbelanja di toko online kamu.

Loading...
1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Honor 9 Lite: Flagship Unggulan dengan Sederet Fitur Terdepan - Jagoteknologi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *