Connect with us

opini

Eks Menteri Keuangan AS: Tidak Masalah Membeli Bitcoin sebagai Pengganti Emas

Published

on

Mnuchin: “Tidak Apa-apa Membeli Bitcoin sebagai Pengganti Emas”

Bagi mantan Presiden AS Donald Trump, bitcoin mungkin merupakan “penipuan” untuknya. Namun, Steven Mnuchin, mantan Menteri Keuangan AS tampaknya telah memutarbalikkan anggapan mengenai mata uang kripto yang paling terkenal itu.

Pemerintahan Trump memang dikenal sering meremehkan bitcoin di depan umum, bahkan mereka yang mengharapkan dukungannya untuk bitcoin dari Trump akhirnya merasa kecewa.

Mnuchin sendiri cenderung tidak menawarkan dukungan selama masa jabatannya di Departemen Keuangan, tetapi komentar terbarunya baru-baru ini mengungkapkan sikapnya yang melunak terhadap bitcoin.

“Saya pikir pandangan saya telah berkembang sedikit namun cukup konsisten. Pertama saya fikir teknologi yang mendasari blockchain benar-benar luar biasa dan memiliki banyak hal yang berbeda, terutama di fintech dan keuangan,” ucap Mnuchin dilansir dari Cointelegraph.

“Saya fikir terkait dengan bitcoin atau jika orang ingin membeli bitcoin sebagai pengganti, tidak ada bedanya dengan membeli emas atau aset lain, jadi tidak apa-apa,” tambahnya.

Mnuchin menambahkan bahwa dia memang “tidak ingin memiliki” bitcoin dalam portofolionya, tetapi dia menekankan bahwa dirinya tidak menentang orang lain yang berinvestasi di bitcoin.

Ia pun menyatakan keinginannya agar bitcoin memiliki “BSA lengkap dan patuh terhadap peraturan.”

“Faktanya, tahun lalu kami menyetujui bahwa bank bisa menjaganya dibawah OCC. Alasan kami melakukan itu adalah karena kami ingin memastikan bahwa ini terjadi di dunia yang sudah diatur.” Lanjut Mnuchin.

Perkataan Mnuchin mendapat pujian dari kalangan bitcoin. Saifedean Ammous, penulis “The Bitcoin Standard” menyebut perubahan itu “menyenangkan untuk dilihat.”

Perspektif Mnuchin saat ini terdengar semakin bertentangan dengan Trump yang bulan lalu dengan tegas menyebut bitcoin sebagai “penipuan” yang pada akhirnya gagal memengaruhi sentimen pasar.

Sementara itu, Presiden Joe Biden belum memberi gambaran terkait bitcoin dan ia belum menawarkan banyak hal kepada para pendukung koin digital tersebut.

Menteri Keuangan AS saat ini, Janet Yellen telah menyuarakan keprihatinan tentang cryptocurrency secara lebih luas hingga politisi senior berselisih tentang bagaimana mengatasi masalah tersebut.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *