Connect with us

Gadget

Smartwatch Apple Watch Series 4: Spesifikasi, Fitur dan Harga

Published

on

Smartwatch Apple Watch Series 4: Spesifikasi, Fitur dan Harga
(foto: phonearena)

Tanggal 12 September 2018 lalu menjadi tanggal penting bagi para pecinta Apple. Yup, pada tanggal 12 September Apple mengadakan event lauching untuk memperkenalkan produk iPhone XR, iPhone XS, serta iPhone XS Max.

Selain ketiga seri iPhone tersebut, Apple juga memperkenalkan produk smartwatchnya yaitu Apple watch series 4. Apple watch series 4 merupakan pembaruan versi sebelumnya dari segi ukuran, baterai serta fitur. Simak ulasan spesifikasi, fitur dan harga Apple Watch Series 4 ini.

1. Spesifikasi

Smartwatch Apple Watch Series 4: Spesifikasi, Fitur dan Harga

Apple Watch Series 4 warna gold (foto: mashable)

Hadir dengan bahan frame stainless steel atau alunium serta keramik / sapphire crystal yang elegan. Apalagi dengan pilihan warna space black, silver, serta gold yang keren. Desain yang keren ini juga semakin lengkap dengan pilihan strap bervariasi mulai dari sport band/loop, Nike sport band/loop, maupun hermes leather strap.

Smartwatch dengan tombol pada sisi kiri ini, memiliki dua pilihan ukuran panjang yaitu 40 mm dan 44 mm. Smartwatch berukuran panjang 40 mm memiliki dimensi 40 x 3 x 10.7 mm, dengan ukuran layar 1,57 inci dan resolusi 394 x 324 piksel (~326 ppi).

Sedangkan series 4 yang berukuran 44 mm memiliki dimensi 44 x 38 x 10.7 mm, dengan ukuran layar 1,78 inci dan resolusi 448 x 368 piksel (~326 ppi). Dengan resolusi yang digunakan, series 4 tentunya akan menampilkan gambar yang jernih.

Baca juga:

Layar sentuh pada kedua series 4 ini menggunakan LTPO AMOLED yang 30% lebih besar daripada sebelumnya dengan bezel yang lebih tipis. Smartwatch yang memiliki fitur multitouch ini juga dilengkapi dengan proteksi sapphire crystal glass yang akan melindungi dari keretakan.

Apple membekali smartwatch keluaran terbarunya dengan prosesor Apple S4 dual-core dan GPU Power VR yang diklaim mampu bekerja 2 kali lebih cepat daripada generasi sebelumnya. Kinerja prosesor yang cepat dilengkapi dengan sistem operasi watchOS 5.0 yang memungkinkan hadirnya interface terbaru. Apple smartwatch series 4 juga dibekali dengan penyimpanan internal 16 GB terbilang cukup besar.

Apple smartwatch series 4 dibekali dengan baterai Li-ion yang tidak dapat dilepas. Saat digunakan, series 4 ini diklaim mampu bertahan hingga 18 jam yang tentunya cukup untuk menemani aktivitas seharian. Untuk konektivitas dan bisa tersambung dengan perangkat lainnya, series 4 dilengkapi dengan teknologi wi-fi serta bluetooth.

2. Fitur-fitur 

Smartwatch Apple Watch Series 4: Spesifikasi, Fitur dan Harga

Apple Watch Series 4 warna silver (foto: firstpost)

Selain dapat digunakan untuk melihat foto, mendengarkan lagu, dan menerima notifikasi SMS serta email, series 4 juga dapat mengukur detak jantung pengguna berkat sensor heart rate yang dimilikinya.

Adapun sensor-sensor lain yang melengkapinya adalah accelerometer, gyroscope, serta barometer, SOS, serta GPS yang dapat menunjukan arah saat pengguna berada dalam perjalanan.

Pengguna juga tak peru takut jika series 4 terkena air, pasalnya smartwatch yang satu ini dibekali dengan fitur water resistance hingga kedalaman 50 m. Adapula fitur siri pada mode bicara.

Selain itu melalui pergerakan lengan, series 4 dapat mendeteksi kegiatan pengguna termasuk ketika pengguna terjatuh. Saat pengguna terjatuh dan tidak ada perubahan gerak selama beberapa waktu, maka series 4 akan menyimpulkan mungkin telah terjadi sesuatu. Series 4 secara otomatis akan menghubungi layanan kesehatan atau rumah sakit serta mengirimkan lokasi dengan fitur SOS.

3. Harga 

Smartwatch Apple Watch Series 4: Spesifikasi, Fitur dan Harga

Apple Watch Series 4 warna space black (foto: techcrunch)

Setelah membahas beberapa fitur dan spesifikasi yang dimiliki oleh Apple watch series 4, lantas kapan mulai dipasarkan? Kabarnya Apple Watch Series 4 akan mulai dipasarkan tanggal 21 September. Smartwatch ini dibandrol dengan harga $399 atau sekitar Rp 5,9 juta. Tertarik untuk membelinya?

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *