Connect with us

news

Perseteruan Apple dan Qualcomm, Apple Berencana Membuat Modem Sendiri

Published

on

Perseteruan Apple dan Qualcomm, Apple Berencana Membuat Modem Sendiri

Laporan mengenai Apple berencana untuk mengembangkan modem adalah berita yang tidak benar-benar baru.

Di masa lalu, Apple telah mencoba memburu karyawan dari Qualcomm di San Diego. Dan sekarang, laporan baru menunjukkan bahwa perusahaan sedang meluncurkan rencananya lebih agresif dari sebelumnya.

Menurut sebuah laporan dari The Information, raksasa teknologi Cupertino di California sedang mencari pengembang modem seluler homegrown dan mempekerjakan insinyur yang akan membantu perusahaan mencapai tujuannya.

Daftar pekerjaan secara eksplisit bertujuan untuk menyewa arsitek sistem modem seluler di San Diego.

Laporan tersebut telah dikonfirmasi oleh seseorang yang telah diberitahu tentang rencana internal perusahaan.

Perusahaan ini sedang bekerja untuk membangun chip modem selulernya sendiri yang akan menghubungkan iPhone ke jaringan seluler dan modem tersebut dapat memakan waktu selama tiga tahun untuk dikembangkan.

Perseteruan Apple dan Qualcomm, Apple Berencana Membuat Modem Sendiri

(foto: engadget)

Perusahaan berencana untuk merekrut orang-orang untuk berbagai peran perancang chip termasuk insinyur yang akan bekerja pada pengembangan chip pemprosesan AI dan chip nirkabel.

Laporan itu juga mengatakan bahwa perusahaan berencana untuk merekrut insinyur yang dapat bekerja pada teknologi yang lebih spesifik seperti Bluetooth dan LTE.

Baca juga: 

Menariknya, berita tentang Apple yang sedang gencar berencana mengembangkan modemnya sendiri ini terjadi di tengah perang paten yang sedang berlangsung dengan Qualcomm, yang mengarah ke beberapa model iPhone teratas perusahaan termasuk iPhone X, iPhone 8, iPhone 8 Plus, Telepon 6S, iPhone 6S Plus, iPhone 7 dan iPhone 7 Plus-yang dilarang di China untuk sementara.

Apple telah menggunakan campuran chip Intel dan Qualcomm di perangkatnya. Tetapi perang patennya yang meningkat telah memaksa pihaknya untuk berpihak pada Intel.

Perusahaan ini dilaporkan bekerja dengan Intel untuk meluncurkan ponsel berkemampuan 5G pada tahun 2020.

Namun sekarang, laporan terbaru menunjukkan bahwa Snapdragon 845 Qualcomm secara dramatis mengungguli modem Intel XMM 7480.

Apple telah lama mengembangkan prosesor A-series untuk iPhone dan iPad. Di tengah-tengah keadaan saat ini, mengembangkan modem sendiri tampaknya tidak terlalu mengada-ada. Hal itu akan memberi perusahaan kendali lebih besar atas perangkat kerasnya.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *