Ingin Tahu Cara Memilih Kombinasi Password Agar Tidak Mudah Diretas? Simak Tips Berikut Ini

, , Leave a comment

Di era digital seperti sekarang, tingkat kejahatan cyber terus meningkat dan kemampuan hacker untuk meretas juga semakin canggih. Orang-orang yang menyimpan data dan informasi digital merasa khawatir dengan keamanannya. Keamanan password (kata sandi) pun menjadi sesuatu yang penting. Jika kamu mengesampingkan tingkat keamanan password, maka akun media sosial, email, atau bahkan rekening bankmu akan sangat mudah untuk diretas. Kamu pasti tidak mau hal itu terjadi kan.
Salah satu hal yang membuat pelaku kejahatan cyber dapat dengan mudah memperoleh akses ke akun email dan media sosial kita adalah karena lemahnya kombinasi password. Kita tentu masih ingat kasus penyerangan situs kencan Ashley Madison pada tahu 2015 yang menunjukan menunjukkan kombinasi password para member yang sangat mudah seperti ‘halo’, ‘DEFAULT’, ‘123456’, ‘asdfg’, ‘superman’ dan ‘iloveyou’. Bagi seorang hacker sangat mudah meretas akun dengan password seperti ini.

Nah, untuk kamu yang ingin tau seperti apa cara membuat kombinasi password yang baik, berikut ini kami bagikan beberapa tips membuat kombinasi password dan beberapa hal yang harus dihindari ketika membuat password yang dikutip dari dailymail.

Ingin Tahu Cara Memilih Kombinasi Password Agar Tidak Mudah Diretas? Simak Tips Berikut Ini
Langkah-langkah untuk membuat kombinasi password yang sulit diretas.
  • Dalam membuat password pastikan untuk menggunakan kombinasi angka, simbol, huruf besar dan huruf kecil.
  • Pastikan jumlah karakter passwordmu minimal 8 karakter.
  • Kamu dapat menggunakan sebuah frase yang disingkat untuk kata sandi dan tetap dikombinasi dengan angka, simbol, huruf besar dan huruf kecil.
  • Ubah passwordmu secara teratur.
  • Jangan pula log out dari akunmu setelah selesai menggunakannya.
Hal-hal yang harus dihindari ketika membuat password.
  • Jangan menggunakan password yang umum digunakan seperti ‘123456’, ‘password’, ‘qwerty’ atau ‘111111’.
  • Jangan hanya menggunakan sebuah kata sebagai kombinasi password. Hacker dapat menggunakan sistem berbasis kamus untuk memecahkan kata sandimu.
  • Jangan gunakan turunan dari nama kamu, nama anggota keluarga, nama hewan peliharaan, nomor telepon, alamat atau ulang tahun.
  • Ingat untuk tidak menulis dan membagikan password kamu ke orang lain.
  • Dan yang terakhir jangan menyimpan kata sandi di browser komputer ya.
Cara-cara diatas hanyalah solusi untuk meningkatkan keamanan password, bukan untuk membuat password terjamin tak tertembus karena tidak ada password yang 100 persen aman. Untuk kamu yang ingin menguji tingkat keamanan password dapat mengunjungi situs howsecureismypassword.net.
 

Leave a Reply