Connect with us

games

Fortnite vs PUBG, Perbandingan Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Published

on

Fortnite vs PUBG, Perbandingan Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Beberapa waktu belakangan ini games battle royale menjadi salah satu genre mobile games yang memiliki banyak peminat. PlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG) dan Fortnite: Battle Royale adalah dua games battle royale yang fenomenal dan mendunia.

PUBG telah dimainkan oleh lebih dari 400 juta orang di dunia, sedangkan Fornite telah didownload oleh lebih dari 125 juta orang pengguna.

Apa saja fitur yang dimiliki oleh kedua games ini dan apa kelebihan dan kekurangan masing-masing? Simak ulasan berikut ini.

1. Grafis

Fortnite vs PUBG, Perbandingan Serta Kelebihan dan Kekurangannya

(foto: idntimes)

PUBG dan Fortnite memiliki grafis yang berbeda. PUBG menyajikan gamesnya melalui tampilan visual realistis layaknya games PC. Mulai dari karakter, senjata, background, hingga tekstur ditampilkan secara lebih nyata.

Sedangkan, Fortnite mengusung grafis yang lebih kasual dan komikal yang lebih berwarna, seperti Overwatch. Keduanya tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Grafis realistis yang terlihat lebih nyata tentunya membuat pemain maupun musuh sama-sama tersamarkan dan lebih sulit untuk ditemukan. Sedangkan dengan grafis kasual, dan warna yang lebih terang membuat musuh lebih mudah ditemukan.

2. Maps

Fortnite vs PUBG, Perbandingan Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Maps PUBG (kiri) dan Fortnite (kanan) (foto: idntimes)

Memiliki sistem pertarungan yang serupa, PUBG dan Fortnite justru memiliki peta yang berbeda. Fortnite memiliki satu Maps sedangkan PUBG memiliki beberapa pilihan Maps yang bisa dijelajahi.

PUBG memiliki ukuran peta yang lebih besar daripada Fortnite yakni mencapai 8 x 8 km, namun ada juga peta baru PUBG (Sanhok) yang ukurannya lebih kecil daripada Fortnite.

Maps yang lebih besar membuat pemain harus bergerak dengan menggunakan kendaraan. Permainan tentunya akan berjalan lebih lama.

Selain waktu, pemain juga harus mempertimbangkan strategi yang digunakan, jangan sampai masuk ke zona yang salah karena akan sulit untuk melarikan diri sambil tetap bersembunyi dari musuh.

Sedangkan pada Fortnite, karena Maps-nya tidak seluas PUBG, maka pemain harus berpikir lebih cepat dan mencari strategi untuk mengalahkan musuh.

Strategi yang digunakan juga berbeda dengan strategi Fortnite. Dibandingkan dengan PUBG, permainan Fortnite akan berjalan lebih cepat.

Baca juga:

3. Gameplay dan fitur

Fortnite vs PUBG, Perbandingan Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Gameplay Fortnite (kiri) dan PUBG (kanan) (foto: vg247)

Permainan PUBG cenderung berjalan lebih lama daripada Fortnite. Selain karena area Mapsnya lebih luas, pemain pemain harus mengumpulkan senjata dan bergerak ke area aman sembari berlindung dari musuh dan menghindari zona radiasi.

Pada games Fornite, pemain juga melakukan hal yang sama namun dengan tambahan fitur konstruksi. Fitur unik yang tidak terdapat di PUBG ini memungkinkan pemain membangun tembok/benteng, jebakan maupun tangga dari pohon ataupun rumah yang dihancurkan.

Namun karena grafisnya yang berwarna cerah, persembunyian pemain jadi lebih mudah terlihat oleh musuh dan sebaliknya.

4. Senjata dan item

Fortnite vs PUBG, Perbandingan Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Senjata fortnite (foto: vg247)

Senjata maupun item merupakan faktor penting dalam battle games. PUBG memiliki senjata dan item yang lebih kompleks dan bervariasi dibandingkan dengan Fortnite.

PUBG menghadirkan beragam pilihan kategori senjata, mulai dari senjata biasa, canggih hingga senjata yang khusus (langka). Senjatanya juga dilengkapi dengan berbagai item dengan karakter yang berbeda-beda.

Item dan senjata di PUBG memungkinkan games ini cocok untuk pemain yang menyukai games simulasi militer dengan sistem persenjataan yang lengkap dan kompleks, tetapi bisa jadi kurang disukai oleh pemain yang kurang begitu paham mengenai senjata api.

Sementara games Fornite, meskipun tak sekompleks PUBG, Fortnite selalu menghadirkan senjata maupun item terbaru.

5. Ketersediaan dan update

Fortnite vs PUBG, Perbandingan Serta Kelebihan dan Kekurangannya

(foto: techworm)

Dibandingkan PUBG, Fortnite memiliki update / pembaruan yang lebih sering dengan tambahan item maupun fitur tambahan baru.

Memang menyenangkan bermain games dengan fitur-fitur yang lebih baru, namun pembaruan biasanya memiliki ukuran yang besar dan mungkin bisa menyebabkan kuota internet menjadi cepat habis.

Nah, itulah beberapa perbandingan antara PUBG dan Fortnite. Games mana yang lebih baik dan sesuai? Hal ini tentunya kembali ke pendapat masing-masing pemain.

Kesimpulan

Untuk penggemar games battle royal yang lebih kompleks dan realistis, maka PUBG dapat menjadi pilihan yang tepat. Namun, jika tidak suka games battle royal yang terlalu serius, realistis, dan waktu permainan yang lambat, maka pilihlah Fortnite yang lebih kasual dan tak kalah serunya.

Loading...

TERBARU

Harga dan Spesifikasi Oppo F9 Pro Unggulan Harga dan Spesifikasi Oppo F9 Pro Unggulan
Gadget1 week ago

Harga dan Spesifikasi Oppo F9 Pro Unggulan

OPPO F9 Pro dirumorkan akan melengkapi daftar smartphone seri F dari produsen asal Tiongkok, Oppo. F9 Series yang satu ini...

4 Kelebihan yang Dimiliki Oleh Xiaomi Redmi Go 4 Kelebihan yang Dimiliki Oleh Xiaomi Redmi Go
Gadget1 month ago

4 Kelebihan yang Dimiliki Oleh Xiaomi Redmi Go

Setelah meluncurkan beberapa versi terbaru Xiaomi tahun 2019 yaitu Redmi Note 7, kali ini Xiaomi meluncurkan versi yang terbaru dan...

Cara Menyembunyikan Foto dan Status Profil Whatsapp dari Kontak Tertentu Cara Menyembunyikan Foto dan Status Profil Whatsapp dari Kontak Tertentu
Tips1 month ago

Cara Menyembunyikan Foto dan Status Profil Whatsapp dari Kontak Tertentu

WhatsApp adalah salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan. Beberapa bulan yang lalu, perusahaan menambahkan beberapa fitur baru seperti verifikasi...

5 Tips Menggunakan Google My Business (GMB) 5 Tips Menggunakan Google My Business (GMB)
Tips1 month ago

5 Tips Menggunakan Google My Business (GMB)

Untuk bisnis lokal, salah satu alat terbaik untuk memasarkan bisnis yang anda miliki adalah Google My Business. Google My Business...

Tips dan Trik Apple Watch yang Belum Kamu Ketahui Tips dan Trik Apple Watch yang Belum Kamu Ketahui
Tips1 month ago

Tips dan Trik Apple Watch yang Belum Kamu Ketahui

Baru saja membeli Apple Watch? Lima tips dan trik ini akan membuat jam tangan yang anda pakai lebih bermanfaat. Jika...

Instagram Dapat Memposting Ke Beberapa Akun Sekaligus Instagram Dapat Memposting Ke Beberapa Akun Sekaligus
news1 month ago

Instagram Dapat Memposting Ke Beberapa Akun Sekaligus

Untuk menyederhanakan kehidupan para pemilik akun multi-Instagram, perusahaan telah mulai meluncurkan fitur baru yang memungkinkan para pengguna instagram untuk mempublikasikan...

Ini Dia Daftar Emoji Terbaru yang Akan Ditambahkan di 2019 Ini Dia Daftar Emoji Terbaru yang Akan Ditambahkan di 2019
news1 month ago

Ini Dia Daftar Emoji Terbaru yang Akan Ditambahkan di 2019

Unicode Consortium meluncurkan daftar emoji terbaru untuk 2019, ada sekitar 230 simbol baru yang ditambahkan. Dalam pembaruan Emoji 12.0, 59...

Buat Yang Suka Liburan , 4 Smartphone ini Cocok Untuk Para Traveller Buat Yang Suka Liburan , 4 Smartphone ini Cocok Untuk Para Traveller
Gadget2 months ago

Buat Yang Suka Liburan, 4 Smartphone Ini Cocok untuk Para Traveller

Untuk para traveller yang suka berpergian pastilah membutuhkan smartphone yang tidak bisa ditinggalkan begitu saja. Karena smartphone bisa berguna untuk...

Cara Mengetahui Aplikasi Android yang Memperlambat Ponsel Cara Mengetahui Aplikasi Android yang Memperlambat Ponsel
Tips2 months ago

5 Tips Mengatasi Smartphone Lambat Karena Banyak Aplikasi

Masalah yang sering terjadi pada smartphone adalah kemampuan yang lambat saat membuka suatu aplikasi yang ada pada smartphone tersebut. Biasanya...

Teknologi Google Assistant Dapat Anda Nikmati di Cermin Kamar Mandi Teknologi Google Assistant Dapat Anda Nikmati di Cermin Kamar Mandi
Gadget2 months ago

Teknologi Google Assistant Dapat Anda Nikmati di Cermin Kamar Mandi

Tampaknya asisten suara digital diciptakan di berbagai hal sekarang ini, dan salah satunya juga dapat hadir di kamar mandi anda....