Connect with us

games

Fortnite vs PUBG, Perbandingan Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Published

on

Fortnite vs PUBG, Perbandingan Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Beberapa waktu belakangan ini games battle royale menjadi salah satu genre mobile games yang memiliki banyak peminat. PlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG) dan Fortnite: Battle Royale adalah dua games battle royale yang fenomenal dan mendunia.

PUBG telah dimainkan oleh lebih dari 400 juta orang di dunia, sedangkan Fornite telah didownload oleh lebih dari 125 juta orang pengguna.

Apa saja fitur yang dimiliki oleh kedua games ini dan apa kelebihan dan kekurangan masing-masing? Simak ulasan berikut ini.

1. Grafis

Fortnite vs PUBG, Perbandingan Serta Kelebihan dan Kekurangannya

(foto: idntimes)

PUBG dan Fortnite memiliki grafis yang berbeda. PUBG menyajikan gamesnya melalui tampilan visual realistis layaknya games PC. Mulai dari karakter, senjata, background, hingga tekstur ditampilkan secara lebih nyata.

Sedangkan, Fortnite mengusung grafis yang lebih kasual dan komikal yang lebih berwarna, seperti Overwatch. Keduanya tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Grafis realistis yang terlihat lebih nyata tentunya membuat pemain maupun musuh sama-sama tersamarkan dan lebih sulit untuk ditemukan. Sedangkan dengan grafis kasual, dan warna yang lebih terang membuat musuh lebih mudah ditemukan.

2. Maps

Fortnite vs PUBG, Perbandingan Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Maps PUBG (kiri) dan Fortnite (kanan) (foto: idntimes)

Memiliki sistem pertarungan yang serupa, PUBG dan Fortnite justru memiliki peta yang berbeda. Fortnite memiliki satu Maps sedangkan PUBG memiliki beberapa pilihan Maps yang bisa dijelajahi.

PUBG memiliki ukuran peta yang lebih besar daripada Fortnite yakni mencapai 8 x 8 km, namun ada juga peta baru PUBG (Sanhok) yang ukurannya lebih kecil daripada Fortnite.

Maps yang lebih besar membuat pemain harus bergerak dengan menggunakan kendaraan. Permainan tentunya akan berjalan lebih lama.

Selain waktu, pemain juga harus mempertimbangkan strategi yang digunakan, jangan sampai masuk ke zona yang salah karena akan sulit untuk melarikan diri sambil tetap bersembunyi dari musuh.

Sedangkan pada Fortnite, karena Maps-nya tidak seluas PUBG, maka pemain harus berpikir lebih cepat dan mencari strategi untuk mengalahkan musuh.

Strategi yang digunakan juga berbeda dengan strategi Fortnite. Dibandingkan dengan PUBG, permainan Fortnite akan berjalan lebih cepat.

Baca juga:

3. Gameplay dan fitur

Fortnite vs PUBG, Perbandingan Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Gameplay Fortnite (kiri) dan PUBG (kanan) (foto: vg247)

Permainan PUBG cenderung berjalan lebih lama daripada Fortnite. Selain karena area Mapsnya lebih luas, pemain pemain harus mengumpulkan senjata dan bergerak ke area aman sembari berlindung dari musuh dan menghindari zona radiasi.

Pada games Fornite, pemain juga melakukan hal yang sama namun dengan tambahan fitur konstruksi. Fitur unik yang tidak terdapat di PUBG ini memungkinkan pemain membangun tembok/benteng, jebakan maupun tangga dari pohon ataupun rumah yang dihancurkan.

Namun karena grafisnya yang berwarna cerah, persembunyian pemain jadi lebih mudah terlihat oleh musuh dan sebaliknya.

4. Senjata dan item

Fortnite vs PUBG, Perbandingan Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Senjata fortnite (foto: vg247)

Senjata maupun item merupakan faktor penting dalam battle games. PUBG memiliki senjata dan item yang lebih kompleks dan bervariasi dibandingkan dengan Fortnite.

PUBG menghadirkan beragam pilihan kategori senjata, mulai dari senjata biasa, canggih hingga senjata yang khusus (langka). Senjatanya juga dilengkapi dengan berbagai item dengan karakter yang berbeda-beda.

Item dan senjata di PUBG memungkinkan games ini cocok untuk pemain yang menyukai games simulasi militer dengan sistem persenjataan yang lengkap dan kompleks, tetapi bisa jadi kurang disukai oleh pemain yang kurang begitu paham mengenai senjata api.

Sementara games Fornite, meskipun tak sekompleks PUBG, Fortnite selalu menghadirkan senjata maupun item terbaru.

5. Ketersediaan dan update

Fortnite vs PUBG, Perbandingan Serta Kelebihan dan Kekurangannya

(foto: techworm)

Dibandingkan PUBG, Fortnite memiliki update / pembaruan yang lebih sering dengan tambahan item maupun fitur tambahan baru.

Memang menyenangkan bermain games dengan fitur-fitur yang lebih baru, namun pembaruan biasanya memiliki ukuran yang besar dan mungkin bisa menyebabkan kuota internet menjadi cepat habis.

Nah, itulah beberapa perbandingan antara PUBG dan Fortnite. Games mana yang lebih baik dan sesuai? Hal ini tentunya kembali ke pendapat masing-masing pemain.

Kesimpulan

Untuk penggemar games battle royal yang lebih kompleks dan realistis, maka PUBG dapat menjadi pilihan yang tepat. Namun, jika tidak suka games battle royal yang terlalu serius, realistis, dan waktu permainan yang lambat, maka pilihlah Fortnite yang lebih kasual dan tak kalah serunya.

Loading...

TERBARU

Cara Mengetahui Aplikasi Android yang Memperlambat Ponsel Cara Mengetahui Aplikasi Android yang Memperlambat Ponsel
Tips5 days ago

5 Tips Mengatasi Smartphone Lambat Karena Banyak Aplikasi

Masalah yang sering terjadi pada smartphone adalah kemampuan yang lambat saat membuka suatu aplikasi yang ada pada smartphone tersebut. Biasanya...

Teknologi Google Assistant Dapat Anda Nikmati di Cermin Kamar Mandi Teknologi Google Assistant Dapat Anda Nikmati di Cermin Kamar Mandi
Gadget1 week ago

Teknologi Google Assistant Dapat Anda Nikmati di Cermin Kamar Mandi

Tampaknya asisten suara digital diciptakan di berbagai hal sekarang ini, dan salah satunya juga dapat hadir di kamar mandi anda....

Hati-Hati dengan WhatsApp Gold, Itu Virus! Hati-Hati dengan WhatsApp Gold, Itu Virus!
Aplikasi2 weeks ago

Hati-Hati dengan WhatsApp Gold, Itu Virus!

WhatsApp Gold hanya untuk pengguna premium? Itu hanyalah pesan tipuan untuk mengelabui pengguna agar mengunduh virus. Seorang kolega IT telah...

Inilah Harga dan Spesifikasi Redmi Note 7, Ponsel Anyar Brand Redmi Inilah Harga dan Spesifikasi Redmi Note 7, Ponsel Anyar Brand Redmi
Gadget2 weeks ago

Inilah Harga dan Spesifikasi Redmi Note 7, Ponsel Anyar Brand Redmi

Redmi telah resmi menjadi sub-merk Xiaomi. Produk-produk populer seperti Redmi Note 5 dan Redmi Note 6 Pro sekarang akan beroperasi...

4 Cara Mudah Dapat Uang dari Internet! 4 Cara Mudah Dapat Uang dari Internet!
Tips2 weeks ago

4 Cara Mudah Dapat Uang dari Internet!

Sekarang sudah banyak sekali pilihan yang bisa kamu pakai untuk dapat uang dari internet. Nah, pada artikel kali ini, kita...

Amankah Menyimpan Data di Cloud? Ini Penjelasannya Amankah Menyimpan Data di Cloud? Ini Penjelasannya
Internet2 weeks ago

Amankah Menyimpan Data di Cloud? Ini Penjelasannya

Penyimpanan di cloud menjadi hal yang umum, karena itu keamanan data menjadi perhatian yang semakin meningkat. Perusahaan-perusahaan dan sekolah-sekolah menggunakan...

Honor 8A Resmi Dirilis, Ini Spesifikasi dan Harga yang Ditawarkan Honor 8A Resmi Dirilis, Ini Spesifikasi dan Harga yang Ditawarkan
Gadget2 weeks ago

Honor 8A Resmi Dirilis, Ini Spesifikasi dan Harga yang Ditawarkan

Sebelumnya Honor telah mengkonfirmasi akan meluncurkan Honor 8A pada 8 Januari di Cina. Kini smartphone itupun resmi diluncurkan dengan desain...

Deretan Smartphone Terbaik & Populer 2018 hingga Awal 2019 Deretan Smartphone Terbaik & Populer 2018 hingga Awal 2019
Gadget3 weeks ago

Deretan Smartphone Terbaik & Populer 2018 hingga Awal 2019

Samsung Galaxy Note 9 masih berada di bagian atas selama beberapa bulan terakhir sebgai smartphone populer. Namun, ada beberapa ponsel...

Deretan Smartphone 5G yang Akan Dirilis Tahun 2019 Deretan Smartphone 5G yang Akan Dirilis Tahun 2019
Gadget3 weeks ago

Deretan Smartphone 5G yang Akan Dirilis Tahun 2019

Smartphone 5G akan mengambil alih di tahun 2019, dengan banyak nama perusahaan besar telah mengkonfirmasi siap meluncurkan smartphone 5G seperti...

Huawei Y7 Pro (2019) Meluncur, Ini Spesifikasi dan Harganya Huawei Y7 Pro (2019) Meluncur, Ini Spesifikasi dan Harganya
Gadget3 weeks ago

Huawei Y7 Pro (2019) Meluncur, Ini Spesifikasi dan Harganya

Hanya beberapa hari setelah peluncuran Huawei P Smart (2019) di pasar Eropa, saudara kandungnya bernama Huawei Y7 Pro (2019) muncul...