Connect with us

Aplikasi

Rekomendasi 8 Aplikasi yang Harus Dimiliki Para Youtuber

Published

on

Rekomendasi 8 Aplikasi yang Harus Dimiliki Para Youtuber
(foto: gadgets.ndtv)

Platform Youtube selama satu dekade ini berkembang sangat pesat di Indonesia. Platfor video streaming milik Google ini banyak dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan mulai dari video tutorial, video review, cover lagu, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Semakin banyaknya pengguna Youtube juga memunculkan kreator-kreator konten yang sukses di Youtube sebut saja yang melegenda seperti PewDiePie.

Nah untuk memulai sebagai Yotuber tentunya kamu diharuskan membuat konten berupa video untuk bisa diupload di platform Youtube.

Kabar baiknya kamu juga dapat membuat video dengan kualitas bagus hanya menggunakan smartphone. Lantas apa saja aplikasi yang wajib kamu install sebagai Youtuber. Simak ulasan berikut ini.

1. Cinema FV-5

Rekomendasi 8 Aplikasi yang Harus Dimiliki Para Youtuber

(foto: play.google)

Aplikasi pertama yang wajib kamu instal untuk menjadi Youtuber adalah Camera FV-5. Dengan menggunakan aplikasi ini, kualitas hasil rekaman video dari smartphone kamu akan menjadi lebih bagus laaknya menggunakan kamera profesional DSLR.

Fitur didalamnya seperti Autofocus, Macrofocus, ISO, White Balance, Color Temperature, Long Exposure Support, Manual Shutter Speed, dan masih banyak lagi lainnya dan semakin memperkaya fitur yang ada secara default pada aplikasi kamera smartphone kamu.

Sayangnya untuk menikmati fitur lengkap dari aplikasi ini ternyata tidak gratis. Kamu harus membelinya sekitar Rp. 49.560.

Download Play Store dan App Store

2. Kinemaster

Rekomendasi 8 Aplikasi yang Harus Dimiliki Para Youtuber

(foto: play.google)

Setelah mendapatkan hasil rekaman video yang berkualitas bagus selanjutnya kamu perlu mengeditnya terlebih dahulu sesuai dengan yang kamu inginkan. Aplikasi besutan NexStreaming corp ini menyajikan beragam fitur yang sangat kaya untuk keperluan mengedit videomu gratis secara profesional meskipun kamu masih level amatir.

Fitur dalam aplikasi Kinemaster meliputi multiple layer yang dapat kamu isi dengan beragam konten seperti video, gambar, efek, overlays, stiker, teks, hingga handwriting. Kamu bisa memotong video/musik yang tidak kamu inginkan dengan fasilitas Trim.

Untuk semakin mempercantik hasil video kamu, tersedia pula beragam efek seperti blur, mozaik, dan masih banyak lagi. Selain itu terdapat pula fitur transisi antar dua video atau gambar dalam video kamu seperti 3D, Wipe, Fade, dan lainnya yang bisa juga kamu download apabila dirasa masih kurang.

Kamu juga bisa mengatur waktu putar videomu menjadi lebih cepat maupun lambat (slow motion) pada fitur Speed Control. Format yang didukung cukup banyak untuk audio meliputi (.mp3, .m4A., AAC, dan WAV), gambar meliputi (.JPEG, .PNG, .WebP, .BMP dan GIF), dan untuk Format Export Video (.MP4 with H.264 + AAC LC).

Setelah kamu rasa videomu sudah oke, terdapat fitur share dimana kamu dapat langsung mengupload karya video hasil editing kamu di Youtube, Facebook, Google+ maupun Dropbox.

Download Play Store dan App Store

3. Az Screen Recorder

Rekomendasi 8 Aplikasi yang Harus Dimiliki Para Youtuber

(foto: thegorbalsla)

Bagi kamu youtuber yang ingin membuat konten gameplay di android (seperti Mobile Legend), video tutorial tentang menggunakan aplikasi di android, ataupun konten video yang membutuhkan gambar yang merekam segala aktivitas di layar smartphone maka kamu wajib menginstal aplikasi AZ Screen Recorder ini.

Untuk menggunakan aplikasi ini versi Android kamu minimal harus versi Lollipop. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis, tanpa limit waktu rekaman, dan juga tanpa watermark.

AZ Screen Recorder juga mengklaim sebagai aplikasi satu-satunya di Playstore yang memilik fitur Pause saat merekam layar smartphonemu. Kamu juga bisa dapat merekam suara/audio dengan mic dan langsung secara otomatis di-mix dalam aplikasi ini.

Terdapat pula fitur unik yaitu Draw on Screen yang dapat kamu gunakan dalam membuat video tutorial. Kamu bisa membuat simbol, tanda atau yang lainnya dengan beragam pilihan warna langsung pada layar smartphonemu.

Fitur Live Stream juga dapat kamu nikmati sehingga dapat merekam dan menyiarkan aktivitas kamu di smartphone secara live streaming. Ini sangat cocok digunakan untuk membuat konten video gameplay seperti Mobile Legends di Youtube.

Download Play Store dan App Store

Baca:

4. Picsart

Rekomendasi 8 Aplikasi yang Harus Dimiliki Para Youtuber

(foto; itunes.apple)

Sebuah video yang diupload di platfom Youtube tak lepas yang namanya Thumbnail. Sebuah gambar yang menjadi cover untuk mewakili isi video kamu. Tentunya sebuah Thumbnail yang menarik akan membuat netizen di Youtube menonton video kamu.

Selain itu kamu juga perlu membuat sebuah banner untuk semakin mempercantik tampilan channel Youtubemu. Nah, oleh karena itu kamu perlu sebuah aplikasi untuk mengedit gambar untuk menghasilkan sebuah gambar Thumbnail dan Banner Channel yang menarik. Aplikasi pengedit gambar tersebut adalah Picsart.

Aplikasi Picsart sudah tak perlu diragukan lagi untuk keperluan mengedit gambar. Dengan jumlah unduhan lebih dari 7,5 juta kali di Android (Agustus 2018), Picsart menawarkan kaya fitur. Fitur-fitur tersebut antara lain crop, cutouts, stretch, clone, add text, memberi bingkai, hingga background.

Kamu juga bisa membuat gambar kolase dan grid untuk thumbnail video Youtube yang tersedia sekitar 100 template secara gratis. Selain itu efek yang bisa kamu gunakan dan kombinasikan sangat beragam sehingga kamu bisa mengeksplorasi sisi kreatifmu dalam membuat gambar thumbnail Youtube yang menarik.

Bagi yang masih kesulitan menggunakannya, kamu bisa melihat tutorial menggunakan Picsart untuk membuat Thumbnail dan banner di channel Youtube.

Download Play Store dan App Store

5. Photo & Picture Resizer

Rekomendasi 8 Aplikasi yang Harus Dimiliki Para Youtuber

(foto: apkpure)

Aplikasi selanjutnya adalah PhotoResizer untuk mengatur ukuran gambar. Untuk membuat thumbnail dan banner channel di Youtube terdapat aturan untuk ukuran yang disarankan agar terlihat bagus saat diupload.

Aplikasi ini bisa kamu gunakan bersama dengan Picsart. Jadi setelah mendapatkan gambar thumbnail yang cocok kamu tinggal menyesuaikan ukuran gambar agar sesuai dengan ketentuan di Youtube menggunakan PhotoResizer.

Download Play Store dan App Store

6. Thumbnail Maker & Banner Maker

Rekomendasi 8 Aplikasi yang Harus Dimiliki Para Youtuber

(foto; itunes.apple)

Aplikasi selanjutnya yang kami rekomendasikan adalah Thumbnail Maker & Banner Maker. Bagi kamu yang pengen instan dan tidak mau repot harus me-resize dengan aplikasi PhotoResizer untuk membuat gambar thumbnail dan banner Youtube maka wajib instal aplikasi ini.

Aplikasi ini akan secara otomatis memotong gambar kamu menyesuaikan ketentuan gambar thumbnail Youtube yaitu 1280 x 720 piksel. Tersedia pula beragam template background hingga 100 untuk membuat banner Youtube kamu agar lebih terlihat artisitik dan menarik.

Kamu bisa juga menambahkan tulisan dengan beragam pilihan font yang menarik untuk semakin menarik keinginan dan perhatian netizen menonton video hasil karyamu di Youtube.

Download Play Store dan App Store

7. Youtube Studio

Rekomendasi 8 Aplikasi yang Harus Dimiliki Para Youtuber

(foto; itunes.apple)

Setelah semuanya siap mulai dari gambar banner channel video yang menarik, video yang telah diedit, dan gambar thumbnail yang memikat maka selanjutnya adalah menguploadnya di Youtube. Nah apabila kamu memutuskan untuk mengupload video di Youtube maka wajib menginstal aplikasi Youtube Studio.

Nah, seiring dengan rutinnya kamu mengupload video di Youtube kamu bisa memantau trafik pengunjung channel Youtube. Kamu bisa melihat berapa banyak yang menonton video, yang subscribe channel, dan semuanya tersaji dalam bentuk laporan grafik. Jadi kamu bisa mengelola sekaligus memantau perkembangan channel video kamu di Youtube.

Selain itu dengan menginstal aplikasi Youtube Studio kamu dapat dengan mudah mendapatkan notifikasi setiap ada komen masuk dan kamu bisa langsung membalasanya. Dengan begitu interaksi kamu sebagai kreator Youtube dengan para Viewer Channelmu menjadi lebih dekat.

Download Play Store dan App Store

8. Google Adsense

Rekomendasi 8 Aplikasi yang Harus Dimiliki Para Youtuber

(foto: blog.ezoic)

Seiring dengan bertambahnya jumlah subscriber dan view di channel Youtubemu, kamu dapat memonetisasi (menghasilkan uang dengan memasang iklan) video oleh pihak Youtube sesuai dengan ketentuan yang diberlakukan.

Setelah berhasil dimonetisasi kamu akan mulai dapat menghasilkan uang dari karya video kamu. Untuk itu kamu perlu membuat akun di Google Adsense sekaligus memasangnya di smartphone kamu.

Laporan keuangan dari penghasilan kamu selama menjadi Youtube dapat kamu pantau dengan mudah menggunakan aplikasi Google Adsense ini per bulan atau per minggu.

Download Play Store dan App Store

Bagaimana? Kamu sudah mencoba salah satu aplikasi di atas?

Loading...

TERBARU

Cara Mengetahui Aplikasi Android yang Memperlambat Ponsel Cara Mengetahui Aplikasi Android yang Memperlambat Ponsel
Tips5 days ago

5 Tips Mengatasi Smartphone Lambat Karena Banyak Aplikasi

Masalah yang sering terjadi pada smartphone adalah kemampuan yang lambat saat membuka suatu aplikasi yang ada pada smartphone tersebut. Biasanya...

Teknologi Google Assistant Dapat Anda Nikmati di Cermin Kamar Mandi Teknologi Google Assistant Dapat Anda Nikmati di Cermin Kamar Mandi
Gadget1 week ago

Teknologi Google Assistant Dapat Anda Nikmati di Cermin Kamar Mandi

Tampaknya asisten suara digital diciptakan di berbagai hal sekarang ini, dan salah satunya juga dapat hadir di kamar mandi anda....

Hati-Hati dengan WhatsApp Gold, Itu Virus! Hati-Hati dengan WhatsApp Gold, Itu Virus!
Aplikasi2 weeks ago

Hati-Hati dengan WhatsApp Gold, Itu Virus!

WhatsApp Gold hanya untuk pengguna premium? Itu hanyalah pesan tipuan untuk mengelabui pengguna agar mengunduh virus. Seorang kolega IT telah...

Inilah Harga dan Spesifikasi Redmi Note 7, Ponsel Anyar Brand Redmi Inilah Harga dan Spesifikasi Redmi Note 7, Ponsel Anyar Brand Redmi
Gadget2 weeks ago

Inilah Harga dan Spesifikasi Redmi Note 7, Ponsel Anyar Brand Redmi

Redmi telah resmi menjadi sub-merk Xiaomi. Produk-produk populer seperti Redmi Note 5 dan Redmi Note 6 Pro sekarang akan beroperasi...

4 Cara Mudah Dapat Uang dari Internet! 4 Cara Mudah Dapat Uang dari Internet!
Tips2 weeks ago

4 Cara Mudah Dapat Uang dari Internet!

Sekarang sudah banyak sekali pilihan yang bisa kamu pakai untuk dapat uang dari internet. Nah, pada artikel kali ini, kita...

Amankah Menyimpan Data di Cloud? Ini Penjelasannya Amankah Menyimpan Data di Cloud? Ini Penjelasannya
Internet2 weeks ago

Amankah Menyimpan Data di Cloud? Ini Penjelasannya

Penyimpanan di cloud menjadi hal yang umum, karena itu keamanan data menjadi perhatian yang semakin meningkat. Perusahaan-perusahaan dan sekolah-sekolah menggunakan...

Honor 8A Resmi Dirilis, Ini Spesifikasi dan Harga yang Ditawarkan Honor 8A Resmi Dirilis, Ini Spesifikasi dan Harga yang Ditawarkan
Gadget2 weeks ago

Honor 8A Resmi Dirilis, Ini Spesifikasi dan Harga yang Ditawarkan

Sebelumnya Honor telah mengkonfirmasi akan meluncurkan Honor 8A pada 8 Januari di Cina. Kini smartphone itupun resmi diluncurkan dengan desain...

Deretan Smartphone Terbaik & Populer 2018 hingga Awal 2019 Deretan Smartphone Terbaik & Populer 2018 hingga Awal 2019
Gadget3 weeks ago

Deretan Smartphone Terbaik & Populer 2018 hingga Awal 2019

Samsung Galaxy Note 9 masih berada di bagian atas selama beberapa bulan terakhir sebgai smartphone populer. Namun, ada beberapa ponsel...

Deretan Smartphone 5G yang Akan Dirilis Tahun 2019 Deretan Smartphone 5G yang Akan Dirilis Tahun 2019
Gadget3 weeks ago

Deretan Smartphone 5G yang Akan Dirilis Tahun 2019

Smartphone 5G akan mengambil alih di tahun 2019, dengan banyak nama perusahaan besar telah mengkonfirmasi siap meluncurkan smartphone 5G seperti...

Huawei Y7 Pro (2019) Meluncur, Ini Spesifikasi dan Harganya Huawei Y7 Pro (2019) Meluncur, Ini Spesifikasi dan Harganya
Gadget3 weeks ago

Huawei Y7 Pro (2019) Meluncur, Ini Spesifikasi dan Harganya

Hanya beberapa hari setelah peluncuran Huawei P Smart (2019) di pasar Eropa, saudara kandungnya bernama Huawei Y7 Pro (2019) muncul...