Connect with us

Gadget

Fitur dan Desain yang Lagi Populer Ada di Smartphone

Published

on

Fitur yang Lagi Tren dan Wajib Ada di Smartphone

Tren perkembangan teknologi terus mengalami perubahan mengikuti kebutuhan dan gaya hidup penggunanya. Beberapa peningkatan teknologi di smarphone antara lain dari sisi kamera untuk fotografi hingga teknologi biometrik untuk sistem pengamanan.

Di tahun 2018 ini beberapa produsen smartphone brand global maupun lokal ramai tak mau ketinggalan berlomba-lomba menghadirkan smartphone dengan berbagai fitur kekinian ke pasaran.

Supaya kamu tidak ketinggalan mengenai tren perkembangan smartphone sekaligus menjadi referensi waktu kamu mau memutuskan untuk membeli smartphone baru. Yuk simak artikel berikut ini.

1. Desain unibody

Fitur dan Desain yang Lagi Populer Ada di Smartphone

(foto: yugatech)

Desain unibody menjadi pilihan desain yang sekarang menjadi pilihan para produsen smartphone dalam meluncurkan produk terbaru mereka. Desain unibody ini sudah pertama kali diperkenalkan oleh produk iPhone dari Apple yang sukses di pasaran.

Produk desain unibody merupakan desain smartphone yang menyatu antara body smartphone dengan baterainya, yang artinya kamu tidak dapat membuka casing belakang smartphone untuk mencopot baterai atau memasang slot SIM atau Memory Eksternal.

Biasanya smarphone dengan desain unibody menyertakan alat bernama SIM Injector untuk mengeluarkan Slot SIM dan memory eksternal supaya kamu bisa memasangnya.

Tentunya dengan menggunakan desain unibody pada smartphone tak lepas dari kelebihan dan kekurangannya. Kelebihan mengunakan desain unibody ini adalah body dan komponen hardware smartphone menjadi lebih compact atau padat sehingga tidak ada celah yang memungkinkan masuknya debu atau kotoran. Selain itu komponen hardware yang kompak membuat tampilan smartphone menjadi lebih slim atau tipis.

Kekurangan dari desain unibody yang menggunakan “baterai tanam” ini adalah kamu akan kesulitan saat membuka baterai untuk melakukan penggantian karena baterai bermasalah. Kamu harus menggunakan obeng khusus atau paling aman kamu harus menggantinya di service center-nya. Selain itu kamu yang terbiasa mencopot baterai saat smartphone mengalami hang, tidak akan bisa melakukannya lagi.

Desain unibody ini sepertinya sudah menjadi konsep wajib bagi produk smartphone terbaru keluaran tahun 2018 seperti Xiaomi Mi A1, Xiaomi Redmi 5A, Honor 7A, Huawei Nova 3i, Asusu Zenfone Max Plus, dan Nokia 8.

2. Baterai kapasitas jumbo

Vivo V9, Smartphone Flagship Terbaru dengan Sederet Fitur Unggulan

foto: gsmarena

Sebuah smartphone sekarang sudah menjadi alat yang menjadi teman beraktivitas kamu seharian mulai dari pagi sampai malam menjelang tidur. Istilahnya adalah smartphone menjadi daily driver. Tentunya untuk menjawab kebutuhan tersebut diperlukan smartphone yang memiliki daya tahan baterai yang awet digunakan seharian. Tak lucu dong, smartphonenya sudah keren dengan fitur yang mumpuni tapi cepat nge-drop.

Syukurnya, para produsen menjawab kebutuhan kita dengan meluncurkan smartphone yang telah dipersenjatai dengan baterai berkapasitas jumbo. Deretan smartphone yang dibenamkan baterai berkapasitas jumbo antara lain Asus Zenfone Max Pro, Xiaomi Redmi Note 5, Vivo V9, dan Asus Zenfone 5.

3. Kamera ganda

Spesifikasi dan Harga ZTE Axon 9 Pro Resmi Diumumkan

(foto: androidauthority)

Bagi penggemar selfie maupun fotografi melalui smartphone, maka fitur ini wajib kamu miliki di smartphonemu. Yah! fitur kamera ganda atau biasa disebut dengan Dual Camera ini mampu menghasilkan hasil foto dengan Efek Bokeh yang sangat digandrungi oleh pecinta foto.

Dengan hadirnya Efek Bokeh di smartphonemu akan dapat membuat hasil jepretan foto memiliki efek blur pada background di belakang foto utama layaknya hasil jepretan kamera profesional.

Bahkan menariknya ada smartphone yang tidak hanya menggunakan dual camera pada kamera belakangnya saja. Namun kamera depannya juga dilengkapi dengan dual camera untuk menghasilkan efek bokeh pada foto selfie kamu.

Jadi satu smartphonemu memiliki total 4 kamera, masing-masing dua kamera baik kamera belakang maupun kamera depan. Beberapa produk yang sudah mempersenjatai fotografi mereka dengan kamera ganda antara lain Sharp R1S, Nokia 8, Asus Zenfone Max Plus (M1), Xiaomi Mi A1, dan Samsung Galaxy J7.

Baca juga:

4. Layar Bezel-less 

Fitur dan Desain yang Lagi Populer Ada di Smartphone

(foto: pocket-lint)

Ukuran layar yang luas pada smartphone di tahun 2018 ini semakin banyak diadopsi oleh produsen-produsen smartphone. Hal ini tentunya dapat menjawab keinginan pengguna dimana kamu dapat menikmati full entertainment dari konten yang ada di smartphone. Kamu bisa menonton video maupun streaming dengan layar yang luas, melakukan mulltitasking dengan fitur split screen dengan mudah (streaming youtube sambil chatting whatsapp secara bersamaan).

Selain itu dengan layar luas dan memiliki desain bezel-less atau bingkai yang tipis membuat tampilan smartphone menjadi lebih elegan. Layar akan tampil memenuhi tampilan depan smartphone kamu. Beberapa produk smartphone yang sudah mengusung layar Bezel-less dengan rasio layar 18:9 antara lain Honor 7A, Honor 7s, Huawei Nova 3i, Honor 10, Asus Zenfone Live L1, dan Advan i6

5. Fingerprint Scanner

Fitur dan Desain yang Lagi Populer Ada di Smartphone

(foto: inspiradata)

Sistem pengamanan tak luput juga untuk dikembangkan oleh para produsen smartphone. Teknologi biometrik menjadi fitur unggulan dalam pengembangan sistem pengamanan smartphone. Fitur sistem pengamanan tersebut menggunakan sensor yang mampu mengenali sidik jari untuk dijadikan sistem unlock/membuka kunci konvensional yang biasanya mengunakan usap layar, pola/pattern, dan PIN (Personal Identification Number).

Rata-rata smartphone keluaran terbaru di tahun 2018 sudah mengadopsi sistem pengamanan finger print scanner ini seperti Honor 7A, Huawei Nova 3i, Nokia 8, Asus Zenfone Live L1, dan Xiaomi Mi A1.

6. Face Unlock

Fitur dan Desain yang Lagi Populer Ada di Smartphone

(foto: webpronews)

Tak hanya menggunakan sensor pengenal sidik jari, para produsen smartphone juga menyematkan teknologi biometrik lainnya di dalam sistem pengamanan produk mereka. Teknologi biometrik tersebut adalah Face Unlock yang memungkinkan kamu menggunakan bentuk dan kontur wajah sebagai lockscreen kunci untuk membuka smartphone.

Tampaknya inovasi yang dibawa Apple melalui produk iPhone X ini menarik minat para produsen smartphone lainnya untuk menghadirkan fitur serupa kedalam produk mereka dengan harga yang relatif terjangkau.

Selain iPhone X, beberapa smartphone juga telah menyematkan fitur face unlock di produk mereka antara lain OPPO A83, Evercoss M50, Asus Zenfone Max Plus, Vivo V7, LG Q6, OnePlus 5T, Asus Zenfone Live L1 dan OPPO F5.

7. Layar berponi atau notch

Download Wallpaper Keren dan Launcher Xiaomi Pocophone F1 Disini

Xiaomi Pocophone F1 (foto: androidauthority)

Lagi-lagi inovasi yang dikembangkan oleh Apple melalui iPhone X menjadi trendsetter perkembangan desain smartphone secara global. Salah satunya adalah layar berponi atau yang biasa disebut notch. Tuntutan untuk membuat layar smartphone dengan desain tipis atau bezel-less menjadikan Apple berinovasi dengan merombak bagian atas layar menjadi notch.

Apakah kamu mengetauhi apa fungsi notch ini? Tentunya notch ini dibuat tanpa alasan melainkan sebagai tempat meletakkan kamera depan, infrared serta beragam sensor seperti proximity. Selain iPhone X, produsen smartphone lain yang sudah mengadopsi Layar Berponi atau Notch ini antara lain Vivo V9, Asus Zenfone 5, Huawei P20, OPPO R15, LG G7, OnePlus 6, dan Huawei Nova 3i.

Demikianlah beberapa fitur dan teknologi smartphone yang kekinian di tahun 2018. Fitur tersebut akan terus berkembang menyesuaikan kebutuhan dari penggunanya. Fitur dan desain lain yang mungkin  menjadi tren kedepan adalah sistem kamera triple dan kamera geser.

Semoga bermanfaat dan bisa dijadikan panduan referensi kamu sebelum memutuskan mengganti smartphone lama-mu untuk diupgrade dengan smartphone terbaru dengan update fitur terbaru kekinian di tahun 2018 ini.

TERBARU

17 Aksesori yang Membuat Smartphone Semakin Canggih dan Keren 17 Aksesori yang Membuat Smartphone Semakin Canggih dan Keren
Gadget13 hours ago

17 Aksesori yang Membuat Smartphone Semakin Canggih dan Keren

Dewasa ini, penggunaan smartphone tak lagi terbatas pada telepon dan sms saja. Dukungan fitur dan aplikasi canggih memungkinkan smartphone digunakan...

LG G7 One Menjadi Smartphone Pertama LG yang Mendapat Android Pie LG G7 One Menjadi Smartphone Pertama LG yang Mendapat Android Pie
Gadget1 day ago

LG G7 One Menjadi Smartphone Pertama LG yang Mendapat Android Pie

LG dikenal kurang dalam hal memperbarui ponselnya. Bandingkan dengan prodesen lainnya yang telah mengumumkan jadwal pembaruan Android Pie dan bahkan...

Samsung Investasi $22 Miliar Untuk Fokus Kembangkan 5G dan AI Samsung Investasi $22 Miliar Untuk Fokus Kembangkan 5G dan AI
news2 days ago

Samsung Investasi $22 Milyar Untuk Fokus Kembangkan 5G dan AI

Samsung Electronics telah berkomitmen untuk menginvestasikan $ 22 Milyar untuk teknologi masa depan. Perusahaan berharap bahwa pada tahun 2020, investasi...

Realme U Akan Menjadi Smartphone Pertama yang Memakai Helio P70 Realme U Akan Menjadi Smartphone Pertama yang Memakai Helio P70
news2 days ago

Realme U Akan Menjadi Smartphone Pertama yang Memakai Helio P70

Sebuah laporan yang diterbitkan awal pekan ini mengklaim bahwa Realme akan segera meluncurkan ponsel seri U terbaru yang didukung oleh...

Aplikasi3 days ago

Update Fitur Belanja di Instagram Kini dapat Menyimpan Produk

Instagram sepertinya ingin menjadikan platformnya sebagai sarana berbelaja seperti halnya e-commerce. Perusahaan milik Facebook telah meluncurkan fitur terbaru untuk tool...

5 Fitur Unggulan Nokia X7 (7.1 Plus) yang Perlu Kamu Ketahui 5 Fitur Unggulan Nokia X7 (7.1 Plus) yang Perlu Kamu Ketahui
news3 days ago

Hasil AnTuTu Benchmarks Snapdragon 8150 Kalahkan Kirin 980 dan A12 Bionic

Pabrikan Huawei dan Apple telah meluncurkan prosesor 7nm (Kirin 980 dan A12 Bionic) terbaru mereka beberapa bulan yang lalu, namun...

Samsung Akhirnya Meluncurkan Prosesor Terbaru Exynos 9820 Samsung Akhirnya Meluncurkan Prosesor Terbaru Exynos 9820
Gadget3 days ago

7 Kehebatan Exynos 9820 dibandingkan dengan Exynos 9810

Samsung resmi memperkenalkan chipset terbarunya Exynos 9820 yang akan disematkan di Galaxy S10 / S10+. Terjadi beberapa perubahan dan peningkatan...

Sharp Aquos R2 Compact Resmi Dikenalkan, Ini Spesifikasi dan Harganya Sharp Aquos R2 Compact Resmi Dikenalkan, Ini Spesifikasi dan Harganya
Gadget3 days ago

Sharp Aquos R2 Compact Resmi Dikenalkan, Ini Spesifikasi dan Harganya

Sharp telah mengumumkan Sharp Aquos R2 Compact dengan beberapa peningkatan dibandingkan versi sebleumnya. Bagian atas terdapat notch untuk tempat kamera...

Vivo Z1 Lite Resmi Diluncurkan, Ini Harga dan Spesifikasinya Vivo Z1 Lite Resmi Diluncurkan, Ini Harga dan Spesifikasinya
Gadget5 days ago

Vivo Z1 Lite Resmi Diluncurkan, Ini Harga dan Spesifikasinya

Vivo telah mulai proses pre-order Vivo Z1 Lite pada 1 November lalu di China. Namun kini smartphone sudah tersedia untuk...

Samsung Akhirnya Meluncurkan Prosesor Terbaru Exynos 9820 Samsung Akhirnya Meluncurkan Prosesor Terbaru Exynos 9820
news5 days ago

Samsung Akhirnya Meluncurkan Prosesor Terbaru Exynos 9820

Samsung telah secara resmi mengumumkan prosesor andalan terbarunya Exynos 9820. Prosesor ini menggantikan pendahulunya Exynos 9810 yang dirilis tahun lalu. Dibuat...